3 DAM Terbesar di Dunia

zackysetya

New member
Keberadaan DAM atau bendungan yang terdapat di negara-negara termasuk di Indonesia tentunya mempunyai banyak fungsi. Tahukah Anda bendungan terbesar yang ada di dunia ini? Berikut ini adalah dam terbesar di dunia versi Puncak Dunia.

1. Three Gorges Dam – China
three-gorges-dam-china.jpg

Biasa juga dikenal dengan bendungan Tiga Ngarai. Three Gorges Dam di China merupakan bendungan terbesar di dunia. Bendungan Three Gorges merupakan bendungan raksasa yang telah meluncurkan generator terakhirnya bertepatan dengan puncak banjir tahunan. Operasi penuh dari generator membuat Bendungan Tiga Ngarai menghasilkan proyek listrik tenaga air terbesar di dunia dan basis terbesar dari energi bersih, “kata Zhang Cheng, general manager dari China Yangtze Power, operator dari generator. Bendungan yang pertama mulai beroperasi pada tahun 2003 dengan biaya $ 22,5 miliar ini memiliki kapasitas pembangkitan gabungan 22,5 juta kilowatt (22.500 megawatt), setara dengan lima belas reaktor nuklir.

Pembangunan bendungan ini memiliki dampak besar pada kehidupan di Sandouping, sehingga tidak hanya menyebabkan relokasi puluhan desa tetapi juga relokasi monumen-monumen dan pemandangan. Karena ketinggian Bendungan Three Gorges ini, gunung yang biasanya terlihat tinggi menjulang sekarang terlihat sedikit lebih rendah dari biasanya. Bendungan-bendungan ini tidak hanya yang terbesar, tetapi juga dianggap yang paling fungsional, indah, dan estetis di dunia. Jangan ragu untuk mengunjungi salah satunya jika Anda sedang berada di negara tersebut.

2. Syncrude Tailings – Canada
syncrude-mildred-lake-plant-canada.jpg

Bendungan ini terletak di dekat Fort McMurray di Alberta, Kanada. Syncrude Tailing Dam memiliki kapasitas sekitar 540.000.000 meter kubik air. Semula merupakan waduk bekas tambang minyak bumi yang kemudian dibuat bendungan. Bendungan Syncrude Tailings saat ini dikelola oleh sebuah perusahaan yang dikenal sebagai Syncrude Kanada Ltd – perusahaan yang bertanggung jawab untuk ekstraksi minyak di Athabasca Oil Sands. Bendungan ini berfungsi untuk menyimpan tailing (sisa ekstraksi minyak atau residu) yang muncul sebagai produk sampingan dari operasi ekstraksi minyak.

Di sekitar bendungan ini juga dibangun banyak bendungan lainnya, seperti Southwest Pasir Storage yang memiliki kapasitas penyimpanan terbesar di Kanada. Bendungan Syncrude saat ini sedang diusahakan oleh pemerintah agar bisa maju ke tahap berikutnya, yaitu ekspansi yang akan memungkinkan proyek untuk mencapai produksi penuh hingga 500.000 barel per hari.

3. Aswan Dam – Egypt
aswan-dam-egypt.jpg

Bendungan Aswan sebenarnya merupakan sepasang bendungan, yaitu di Bendungan Aswan Tinggi dan Bendungan Aswan Rendah. Bedungan Aswan terletak di daerah sungai Nil, Mesir. Bendungan ini dibangun sekitar tahun 1960 sampai 1970-an, yaitu pada masa pemerintahan Presiden Gamal Abdel Nasser. Bendungan ini sangat bermanfaat bagi Negara Mesir. Adapun manfaat yang diperoleh oleh rakyat Mesir dari pembangunan bendungan Aswan sangat banyak. Diantaranya, melindungi wilyah aliran sungai Nil dari bahaya banjir tahunan, akibat debit air yang melimpah pada musim panas yang datang dari alur sungai Nil di Afrika. Bendungan ini, juga membuka ketersediaan areal pertanian hijau yang lebih luas, sehingga membantu dalam peningkatan produksi pertanian Mesir. Rakyat Mesir, juga menikmati suplai energi listrik murah dan besar, dihasilkan dari turbin raksasa di bendungan tersebut. Bahkan, mereka dapat mengekspornya ke beberapa negara tetangga sehingga memberikan manfaat ekonomi bagi negara., Dengan begitu, bendungan ini mampu membuat perekonomian Mesir berkembang sangat pesat dan signifikan.

Fungsi utama bendungan Aswan adalah menghambat laju air dari danau Nasser menuju ke sungai Nil. Sehingga dengan demikian, di tepi danau Nasser banyak terdapat resort-resort wisata kelas dunia. Begitu juga kapal pesiar yang sekaligus berfungsi sebagai hotel berbintang, siap membawa wisatawan untuk mengarungi danau tersebut sambil singgah di beberapa titik tertentu, guna melihat secara langsung peninggalan-peninggalan sejarah Fir’aun yang banyak terdapat di lokasi itu. Di samping bermanfaat bagi negara, bendungan ini menjadi destinasi wisata yang menarik.
http://www.puncakdunia.com/3-dam-terbesar-di-dunia.html


References:
http://www.ratestogo.com/blog/largest-dams-in-the-world/
http://en.wikipedia.org/wiki/Syncrude_Tailings_Dam
http://www.syncrude.ca/users/folder.asp?FolderID=5913
http://www.infoplease.com/ipa/A0001334.html
http://www.livescience.com/32738-whats-the-biggest-dam-in-the-world.html
http://www.dailymail.co.uk/news/art...ater-generates-power-15-nuclear-reactors.html
http://spotonlists.com/misc/facts/top-10-worlds-largest-water-dams/
http://www.mining-technology.com/projects/syncrude/
http://en.inforapid.org/index.php?search=Syncrude Tailings Dam
http://www.weather.com/travel/worlds-most-amazing-dams-20130110
http://www.industrytap.com/largest-power-generating-hydroelectric-dams-in-the-world/4856
 
Back
Top