Mana Yang Dipilih Gore.com atau Bush.com?

indonesiaindonesia

Administrator
Tanggal: 03 Nov 2000
Sumber: NamaDomain.com


NamaDomain.com, Al Gore dikenal dikalangan masyarakat Amerika Serikat sebagai Bapak Internet, namun sayangnya kebanyakan situs internet menggunakan nama George W Bush dibandingkan Al Gore sendiri.
Berdasarkan hasil hitungan, antara 2,666-1,834 website kebanyakan diantaranya diregistrasikan dengan nama Bush dibandingkan dengan Gore. Perhitungan ini merupakan hasil perhitungan dari Mark Online, sebuah situs pelacak kepemilikan situs.
Kebanyakan dari nama domain yang diregistrasikan ini adalah situs tak bertuan, alias kosong. Sedangkan situs yang diisi, sebagian besar tidak memiliki hubungan dengan pemilik nama besar ini. Nama-nama ini umumnya diregistrasikan oleh para cybersquatter atau investor yang mengharapkan keuntungan dari penjualan nama-nama domain.
Ini merupakan salah satu indikasi bahwa kegiatan politik Amerika Serikat saat ini yang dilakukan para pendukung dan oposisi mempengaruhi internet.
Hanya sebagian dari situs yang diregistrasikan yang tidak memiliki hubungan dengan kampanye para kandidat presiden ini, lihat saja Gore.com dimana situs ini dimiliki oleh Gore Tex Clothing Company atau Bush.com, dimana semenjak tahun 1995, nama domain ini telah diregistrasikan atas nama Bill Bush, seorang teknisi komputer di California.
Untuk beberapa tahun ini, Bill Bush terpaksa mematikan untuk sementara situs yang dimilikinya karena banyak orang berusah mengakses Bush.com untuk mendapatkan informasi lebih jauh salah satu kandidat presiden Amerika Serikat Goerge W Bush.
"Ini memang gila,"katanya "Salah satu lawan politiknya bermain kotor dengan memakai nama George W Bush untuk memesan salah satu majalah porno intenet yang dikhususkan untuk kalangan homo,"katanya lagi. "Namun dikarenakan pendaftar menggunakan Bush.com sebagai alamat emailnya, maka banyak email yang masuk ke saya dalam hal ini."
Untuk melihat seberapa jauh minat para pengguna internet menggunakan nama kedua calon kandidat ini, coba saja untuk cek sebuah perusahaan jasa broker nama domain, GreatDomains.com. Disana anda dapat menjumpai bahwa sebanyak 605 nama domain diregistrasikan atas nama George W Bush dan 431 nama domain diregistrasikan atas nama Al Gore. Beberapa nama domain yang diregistrasikan atas nama George W Bush adalah Bushness.com ($10,000), BushVote.com ($50,000), BushDidDrugs.com ($2,500). Untuk Al Gore sendiri, WhatGoreBelieves.com ($20,000), GoreLieBerman.com($3,900) dan RobotGore.com ($3,900).
Untuk mengamankan jalannnya kampanye presiden, ketua kampanye George W Bush meregistrasikan nama domain georgebushsucks.com, georgebushsucks.net dan georgebushsucks.org. Hal ini dilakukan untuk melindungi kandidat dari para oposisi. Meskipun demikian Kepala Kampanye George W Bush lupa untuk meregistrasikan nama domain bushandcheneysuck.com. Dalam situs tersebut anda akan menjumpai kritikan tajam dari pemilik nama domain ini atas kepemimpinan George W Bush dan kompetitornya.
Melakukan perlindungan nama domain dari orang-orang yang tak berkepentingan amatlah penting untuk melindungi para kandidat dalam memperebutkan kursi kepresidenan. Namun tidak semua nama domain dapat diblokir, karena dalam hal registrasi nama domain orang yang pertama registrasi nama domain, dialah yang berhak untuk menggunakannya.
 
Back
Top