25,000 .Info Telah Teregistrasikan Sebelum Peluncuran Resmi

irigster

New member
Tanggal: 20 Aug 2001
Sumber: NamaDomain.com


NamaDomain.com, Masyarakat komunitas internet global belum akan dapat meregistrasikan nama dalam global Top Level Domain (gTLD) .info sebelum tanggal 12 September 2001.

Tetapi secara mengejutkan sebanyak 25,000 nama domain telah diregistrasikan sampai dengan saat ini.

Bila anda berniat untuk meregistrasikan nama domain seperti books.info, science.info, movies.info, consumers.info, ataupun business.info, maka lupakanlah.

Semenjak dibukanya ekspansi sistem nama domain semenjak 1980an, nama-nama domain generik menjadi incaran banyak orang dan bahkan perusahaan-perusahaan mulai melirik nama generik untuk dimerekdagangkan.

Hampir seluruh komunitas masyarakat internet dunia merasa kecewa akan penerapan sistem yang diberlakukan oleh registry terhadap proses registrasi gTLD baru.

Sebagaimana prosedur yang telah ditetapkan oleh registry bahwa pemegang merek dagang akan mendapatkan kesempatan pertama untuk mendaftarkan nama merek dagangnya sebelum proses registrasi gTLD dilakukan secara online di seluruh dunia.

Proses ini tidak saja berlaku dalam proses registrasi gTLD .info, namun keenam gTLD lainnya juga akan diterapkan dengan sistem yang sama.

Ruth Smith, pemilik dari Consumer.net menceritakan bahwa dia gagal dalam merebut nama domain science.info yang ternyata nama ini telah diregistrasikan oleh DuPont.

Smith mengatakan bahwa sistem ini sedikit lemah karena nama-nama yang diajukan tidaklah diteliti secara seksama. Apalagi bila dokumen pendukung sertifikat merek itu dikeluarkan diluar Amerika Serikat yang kebanyakan tidak diteliti secara keseluruhan.

Juru bicara DuPont, Cliff Webb mengatakan bahwa DuPont memang tidak memiliki hak atas nama "Science" tetapi mereka memiliki sertifikat dagang atas nama "The Miracles of Science".

Pemilik dari Business.info mengatakan bahwa dirinya tidak bermaksud untuk melakukan spekulasi atas nama domain ini, mengingat pendahulunya pemilik business.com bisa meraup uang sebesar US$7.5 juta atas penjualan nama domain business.com.

Walaupun pemilik business.info mengatakan bahwa mereka tidak berniat untuk menjual nama domain ini, namun dalam data whois yang tercantum mengatakan bahwa domain ini untuk dijual.

Untuk Movies.info telah dimiliki oleh individu berkebangsaan Jerman dan consumers.info telah diregsitrasikan oleh organisasi yang lebih dikenal dengan singkatan CCC.

Affilias, Inc. ,registry untuk gTLD .info mengemukakan bahwa pemegang merek dagang akan diberikan kesempatan sampai dengan tanggal 27 Agustus ini.

Setelah itu, bagi yang keberatan dapat mengajukan banding kepada Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO).

Bagi mereka yang mengajukan diminta untuk melakukan deposit sebesar $295, dimana $75 tidak dapat dikembalikan walaupun penuntut memenangkan atau kalah dalam persidangan nantinya.

Penuntut baru bisa melakukan tuntutan bila ada bukti kuat seperti surat sertifikat merek. Apabila penuntut tidak dapat menunjukkan surat ini, maka WIPO akan mengembalikan nama domain ini kepada pemilik awalnya.
 
Back
Top