Info Lulur Alami Nih Non Bikin Lo Cantik Kayak Putri Keraton

lalamala

New member
Non, zaman dulu gak kenal yang namanya krim pemutih untuk bikin wajah jadi cantik dan mulus. Justru yah zaman nenek moyang dulu lebih sering memakai bahan-bahan alami yang dipercaya dapat membuat kulit wajah lebih sehat, putih, kencang, mulus dan tentunya lebih cantik.

Bahan alami dari dulu sampai sekarang digunakan secara turun temurun dan terbukti ampuh dan bermanfaat banget untuk membuat kulit wajah lebih cantik. Bukan hanya itu, bahan alami ini aman loh dan tidak menimbulkan efek samping jadi gak masalah dipakai untuk berbagai macam jenis kulit wajah.

So, buat cewek-cewek yang mau punya kulit wajah cantik seperti putri keraton, nih bahan alami yang bisa digunakan untuk merawat kulit wajah jadi lebih cantik :

• Beras kencur
Dari dulu digunakan sebagai ramuan jamu. Tapi beras kencur juga bagus loh kalau dimanfaatkan sebagai lulur untuk membuat kulit lebih halus, kencang dan putih. Agar hasilnya lebih signifikan, gunakan beras kencur ini rutin seminggu sekali sehingga wajah jadi lebih lembab dan sehat.

• Bengkuang
Lo bisa dapetin di pasar lokal dengan harga yang sangat murah. Bengkuang umumnya untuk bahan membuat rujak buah. Tapi jangan salah loh, bengkuang juga bisa dimanfaatkan jadi lulur. Buah ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga baik untuk mendorong pertumbuhan sel kulit baru. Selain itu buah ini membantu proses terbantuknya kolagen dan bersifat anti-oksidan jadi bagus untuk antisipasi penuaan dini. Caranya lo haluskan ini bengkuang dan gunakan sebagai masker untuk wajah atau lulur di kulit tubuh agar terlindung dari paparan sinar matahari.

• Beras putih
Tau dong ini makanan pokok yang sering kita temui? Nah, beras putih ini gak hanya sebagai makanan pokok, tapi bagus untuk perawatan kulit, karena ada kandungan vitamin E dan vitamin B yang bermanfaat untuk mengurangi garis-garis halus pada wajah, mencerahkan kulit secara alami dan tentunya mengangkat sel kulit mati. Beras putih juga berperan sebagai anti-oksidan yang bermanfaat untuk melindungi kulit dari radikal bebas. Lo cukup tumbuk berasnya sampai halus dan campur dengan air bersih dan gunakan deh sebagai lulur atau masker wajah.

Beberapa lulur yang terbuat dari bahan alami yang aku rekomendasikan dan cara penggunaannya :

• Kuning Jawa
Mengandung bahan dasar pandan wangi, sari tepung beras, kunyit, dan temu giring. Berfungsi mendinginkan kulit sehingga kulit tampak kuning langsat, bersih dan halus. Cara memakainya : campurkan 100 gram bubuk lulur dengan 75 ml air mawar sehingga menjadi campuran yang pekat. Setelah itu oleskan minyak cendana pada bagian tubuh yang akan dilulur, gosokkan lulur yang sudah dicampur air mawar tadi. Gosok dengan gerakan memutar dan tekan dorong agar proses pengangkatan sel kulit mati berjatuhan bersamaan dengan sisa lulur.

• Boreh Bali
Lulur ini bertujuan untuk memgeluarkan racun dalam tubuh atau istilahnya detoksifikasi, menghangatkan tubuh, dan merileksasi otot-otot. Perawatan ini diawali dengan pemijatan agar peredaran darah lancar, diikuti dengan saluran getah bening yang lancar. Saluran getah bening atau lymph drainage adalah saluran pembuangan kering dan sisa pembakaran tubuh. Boreh ini campuran bubuk boreh dengan sari air mawar. Boreh terbuat dari rempah-rempah alami yang terdiri dari kunyit, cengkeh/pala, lengkuas, jahe, dan kayu manis. Berfungsi untuk memperlancar peredarah darah, melembutkan kulit, memiliki efek menghangatkan tubuh.

• Lulur coklat
Tentunya berbahan coklat atau cocoa butter. Berkhasiat mengangkat kulit mati, kotoran dan debu. Tidak hanya itu, lulur coklat ini juga bisa mengharumkan badan, memberi nutrisi untuk kulit, memperbaiki sirkulasi oksigen, dan peredaran darah tepi. Bahan coklat yang kaya antioksidan ini juga menjaga kelembaban kulit, jadi cocok deh buat kulit lo yang kering karena sering kena AC.

• Lulur tea scrub
Bahan dari teh berkualitas, bisa green tea atau black tea, serta beras putih. Gunanya untuk mengangkat kulit mati, kotoran dan debu. Lulur ini juga memberikan nutrisi pada kulit, mencegah kulit keriput, mencegah jerawat, dan juga menghilangkan selulit. Dengan kadar anti-oksidan yang tinggi dapat membuat kulit dengan alami menghilangkan bekas jerawat, noda hitam, dan juga mencegah kanker kulit.

• Lulur kopi
Biasanya bahan yang digunakan adalah kopi Bali asli, beras merah, ketan hitam, dan beras putih. Fungsinya untuk mengangkat kulit mati, kotoran, debu, memperbaiki sirkulasi oksigen dan peredarah darah. Itulah mengapa setelah memakai lulur ini, segala rasa lelah hilang dan tampilan selulit di permukaan kulit tampak rata.

• Lulur garam laut
Ternyata nih yah gak hanya bagus untuk berendam, garam laut juga bisa loh digunakan untuk scrub. Berfungsi sebagai antiseptik, karena kandungan mineralnya bisa untuk menghilangkan bau badan dan gatal-gatal. Cara meramunya, 100 gram sea salt dicampur dengan 30 ml soy bean oil dan 6 tetes aromaterapi. Setelah itu, oleskan ke seluruh tubuh sambil digosokkan dengan gerakan memutar secara perlahan, sehingga kotoran yang melekat dapat terlepas.

• Lulur strawberry
Ekstrak strawberry ini mengandung asam salisat, plus vitamin B, C, E, dan K yang berfungsi sebagai bahan eksfoliasi agar kulit tetap lembut, lembab, serta kencang. Kita juga bisa kok buat sendiri di rumah dengan cara menumbuk beberapa buah strawberry yang telah dipisahkan dari tangkai dan daunnya. Untuk memberikan efek lembab tambahan, berikan cairan susu segar secukupnya sehingga kulit jadi lebih kenyal.

• Lulur buah pepaya
Pepaya terkenal dengan kandungan enzim yang tinggi pada daun dan buahnya. Enzim ini bisa menghaluskan sehingga sering digunakan sebagai pelunak daging. Buah pepaya juga mengandung vitamin A, E, F, dan H yang dapat menghaluskan kulit, memberi nutrisi, serta mempertahankan elastisitas kulit. Cara memakainya : oleskan campuran 100 ml buah pepaya yang sudah dihancurkan dengan 20 butir kemiri yang sudah ditumbuk. Setelah itu gosok merata ke seluruh tubuh hingga kandungan enzim dapat berfungsi sebagai scrub.

sumber : kulitcantik ; lulurtradisional
 
Back
Top