Terobosan Baru PT. DotCom Indonesia ...
 
Go Back   Home > Webmaster & Digital Marketing

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Terobosan Baru PT. DotCom Indonesia ...

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[Domain] Terobosan Baru PT. DotCom Indonesia ...

Tanggal: 04 Oct 2001
Sumber: NamaDomain.com


NamaDomain.com, Selama ini anda mungkin kerepotan menghapal nama domain yang panjang dan rumit. Jangan kuatir, kini RealNames.com meluncurkan sebuah teknologi baru pengalamatan sebuah situs tanpa harus berawalan "http://" atau "www" dan tanpa berakhiran ".com", ".net" ataupun ".org".

Teknik tersebut dikenal dengan nama keyword atau Katakunci. Untuk operasional di Indonesia, melalui situs KataKunci.com, RealNames.com bekerja sama dengan DotComIndonesia.

Menurut Calvin Lukmantara, CEO DotComIndonesia, teknik katakunci tersebut merupakan terobosan baru dalam teknologi nama domain. "Dengan teknik keyword atau katakunci tersebut, sebuah nama domain bisa cukup diketikkan namanya saja. Sehingga orang akan lebih mudah untuk mengingat dan mengetikkan nama domain tersebut untuk menuju ke situs relevan yang dicari," ujar Calvin.

Misalnya untuk menuju ke situs milik Coca-Cola, di browser cukup diketik "Coca Cola" (tanpa tanda kutip) saja. Secara otomatis, baik browser Internet Explorer atau lainnya, secara otomatis akan membuka situs Coca-Cola. Contoh lainnya apabila kita mengetikkan "Barnes & Noble" (tanpa tanda kutip), maka secara otomatis situs yang akan dibuka di browser kita adalah situs www.barnesandnoble.com.

"Keunggulan teknik Kata Kunci tersebut adalah nama domain bisa menggunakan spasi, tidak peduli huruf besar-kecil dan mudah diingat karena disesuaikan dengan nama perusahaan, merek dagang atau nama produk," papar Calvin. Teknik katakunci tersebut mendukung seluruh nama-nama domain generic Top Level Domain (gTLD) seperti com/net/org dan country code Top Level Domain (ccTLD) seperti *.id, *.jp, *.sg dan sebagainya.

Sistem katakunci tersebut berlaku berdasarkan setiap negara yang didaftarkan. Artinya jika kita ingin katakunci milik kita hanya didaftarkan untuk di Indonesia saja, maka hanya di Indonesia saja katakunci milik kita tersebut dapat dikenal dan tidak akan berlaku di negara lain. "Bila katakunci kita ingin berlaku di seluruh dunia, maka harus didaftarkan pula untuk 244 negara yang sudah mengadopsi sistem katakunci tersebut," ujar Calvin lagi.

Masih menurut Calvin, ada dua tipe kata kunci yang dapat dipilih. Kedua tipe tersebut adalah Katakunci Dasar dan Katakunci Plus. "Katakunci Dasar lebih ideal untuk usaha kecil dan menengah yang ingin identitas perusahaan atau produknya dikenal di Internet," jelas Calvin.

Kata Kunci Dasar ini, menurut Calvin, ketika situs milik kita ditampilkan di browser akan menggunakan 2 frame. Frame bagian atas berisi informasi tentang Kata Kunci itu sendiri, sedangkan di frame bawah merupakan isi situs sebenarnya milik pendaftar tersebut. Biaya Kata Kunci dasar ini adalah Rp 500 ribu per Kata Kunci per negara per tahun.

"Sedangkan tipe Kata Kunci Plus sangat ideal untuk perusahaan menengah ke atas yang ingin benar-benar memproteksi merek dagang atau jasa yang dimilikinya," tambah Calvin. Kata Kunci Plus ini tidak akan menggunakan frame dan langsung membuka situs milik pendaftar secara utuh di browser.

Berhubung Kata Kunci Plus ini berfungsi pula untuk melindungi merek, maka setiap pendaftaran haruslah dievaluasi terlebih dahulu mengenai keabsahan kepemilikan merek atau nama perusahaan yang akan didaftarkan. Biaya Kata Kunci Plus ini adalah Rp 2 juta per Kata Kunci per negara per tahun. Sedangkan biaya evaluasinya adalah Rp 3 juta untuk setiap Kata Kunci Plus. "Biaya evaluasi tersebut tidak dikembalikan," tandas Calvin. (FH)
irigster
irigster irigster is offline
National Level

Post: 771
 
Reputasi: 0

Loading...
       
loading...
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Bizweb: Suatu Terobosan Web Technology Indonesia vibizgroup Webmaster & Digital Marketing 1
Agrakom Jalin Aliansi Strategis dengan Dotcom Indonesia irigster Webmaster & Digital Marketing 0
Dotcom Indonesia Pasarkan .cc irigster Webmaster & Digital Marketing 0


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2020, Jelsoft Enterprises Ltd.