Cara Tepat Dirikan Motor yang Terjatuh

spardi

New member
Rsr0SisrWe.jpg


Jatuh dari motor tentu bisa dialami oleh siapa saja. Dan membangunkan motor yang terjatuh tidak bisa dilakukan sembarangan. Salah-salah bisa menyebabkan cidera pada tubuh Anda.

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mendirikan motor yang terjatuh adalah memastikan mesin motor dalam kondisi mati. Kemudian, mengangkat motor tidak dapat dilakukan dilakukan secara langsung dari posisi duduk ke berdiri. Lakukanlah seperti teknik olahraga angkat besi.



"Jangan langsung berdiri karena bisa beresiko cidera pada punggung dan pinggang," terang instruktur Yamaha Riding Academy, Robby Winaldy di Sentul Bogor, Jawa Barat.



"Lakukan secara bertahap. Siapkan kaki yang kuat sebagai kuda-kuda, lalu satu tangan menggenggam setang yang sudah ditekuk ke arah dalam dan satu lagi menggenggam step belakang atau behel,"



"Setelah itu angkat motor perlahan hingga badan membungkuk. Siapkan kaki yang menjadi kuda-kuda untuk membantu menyangga motor untuk kemudian dirikan motor hingga tegak,"

Cara tersebut disebutkan Robby untuk posisi motor yang jatuh ke arah kanan. Namun jika motor yang terjatuh ke arah kiri, dapat dilakukan dengan cara yang sama tetapi jangan lupa untuk menegakkan standar samping untuk menahan motor ketika sudah dibangunkan.

Menurut Robby cara ini dapat diterapkan untuk motor jenis apapun baik skutik maupun motor sport sekalipun. Namun jika kasusnya menimpa pengguna moge (motor gede) tentu tenaga yang harus dikeluarkan bisa dua kali lebih besar karena bobotnya yang sangat berat.
 
sebaiknya jangan terlalu di/me-maksakan diri cepet2 mendirikan/pegang motor.
saran..
- sebelum jatuh teriakkan Allahuakbar.. misal parah pe pecah isi helm mudah ke sorga.
- jatuh masih sadar? teriak tolong2.. lumayan kalo ketimpa motor ada yg bantu narik.
- sadar bisa gerak bebas? cepet2 ke tepi jalan. cptw dibelakang ada truk/bus gede yg ga punya rem.
- duduk ditepi jalan perhatikan rasa sakit yg nyeri dimana bagian kulit pa tulang.
kalo kulit biasanya cuman lecet2.. abaikan! kalau tulang ada kelainan.. jangan banyak gerak. cepet2 dibalut pakai penahan(retak?) kerumah terdekat .. salam, mohon pertolongan diantar ke RS ma titipin motor.

- jangan naik motor roda 2 lagi. bli mobil 2nd gpp. anti rubuh!

- n1 -
 
Last edited:
Silahkan lakukan dengan hati-hati menegakkan motor kembali. Karena memang butuh ketenangan yang tinggi, apalagi motor yang tergolong besar.
 
Back
Top