Ini Nih Faktor Penyebab Kenapa Bayi Tersedak
 
Go Back   Home > Keluarga & Berumah Tangga

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Ini Nih Faktor Penyebab Kenapa Bayi Tersedak

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[Mengasuh Anak-Bayi] Ini Nih Faktor Penyebab Kenapa Bayi Tersedak

Non, bayi yang umurnya di bawah 6 bulan masih rawan tersedak karena belum bisa menelan secara refleks. Nah setelah melewati 6 bulan baru refleksnya mulai baik. Rongga pernafasannya juga jadi lebih besar.

Itu karena bayi yang usianya di atas 6 bulan sudah mulai bisa mengatur jalannya udara, cairan, juga makanan yang masuk ke mulutnya, jadi mereka akan jarang tersedak.

Jika si bayi tersedak, biasanya dia akan batuk untuk mengeluarkan sesuatu yang menghalangi pernafasannya dan muntah secara refleks. Nah, bayi bisa tersedak ada faktornya loh, ini dia faktornya :

• Salah menyusui
Harusnya saat menyusui, posisi kepala bayi lebih tinggi dari badan atau perutnya. Ini maksudnya agar cairan yang masuk gak keluar lagi dan jadi ganggu jalannya pernafasan. Nah jika bayi disusui dalam posisi miring, kemungkinan bisa tersedak dan muntah. Tapi muntahannya itu bukan dari mulut atau hidung, melainkan telinga dan ini bisa mengakibatkan radang telinga. Akan lebih baik jika saat memberikan ASI atau susu, tegakkan sedikit tubuh bayi.

• Dipaksa minum susu saat tidur
Non, saat bayi dalam keadaan tidur, refleks menelannya gak bagus. Jadi kalau tetap dipaksakan minum susu saat dia masih tidur, bayi bisa tersedak. Tenang aja non, kalau dia lapar atau haus, dia akan menangis dengan sendirinya kok. Jadi, jangan paksa bayi minum susu saat dia masih terlelap.

• Karena Air liur sendiri
Bisa jadi si bayi tersedak karena air liurnya sendiri saat dia tidur. Ini karena air liur bayi yang kental karena kurang cairan. Nah jika air liurnya agak cair, kemungkinan tersedaknya juga kecil.

• Tidak disendawakan dengan baik
Kalau si bayi terus menerus diberi makan atau minum tanpa disendawakan dengan baik, si bayi bisa tersedak. Karena pemberian makan dan minum dengan cara seperti itu ganggu jalan pernafasan si bayi. Jadi, untuk mencegah tersedaknya bayi, sebaiknya beri makan sedikit demi sedikit saja dan sendawakan si bayi untuk membantu melancarkan jalannya makanan.

• Faktor kelainan bawaan
Selain ke-4 faktor tadi, bayi bisa tersedak karena faktor kelainan bawaan, terutama jika berkaitan dengan refleks menelannya. Jika ini jadi penyebabnya, kemungkinan si bayi akan tetap sering tersedak sampai dia dewasa. Untuk yang satu ini coba periksakan ke dokter kira-kira ada pengobatan khusus atau gak. Dan apakah benar karena kelainan.

Note : bayi yang tersedak bisa kena radang paru atau pneumonia loh. Gejalanya yaitu panas tubuh pada bayi, napasnya berbunyi seperti penderita asma dan batuk-batuk. Jadi, usahakan jangan sampai bayi tersedak yah.

sumber : ciricara
mpokbibah mpokbibah is offline
National Level

Post: 583
 
Reputasi: 42

Loading...
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Ini Nih Faktor Penyebab Kenapa Bayi Tersedak

wew dipaksa minum susu saat tidur? ada2 aja tuh, masa iya ada bunda yang kayak gitu, kasihan bayinya yah.
raratania raratania is offline
City Level

Post: 479
 
Reputasi: 21

__________________
Popok Bayi Lembut





Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: Ini Nih Faktor Penyebab Kenapa Bayi Tersedak

ada den, kadang si ibu berdalih agar sang baby bsa tidur pulas dan lama
tiaseptiani
tiaseptiani tiaseptiani is offline
World Level

Post: 27.601
 
Reputasi: 304

__________________
Naikkan reputasi orang lain yang membantu, atau anda sukai!

loading...
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Cek yuk beberapa penyebab bayi menangis raratania Keluarga & Berumah Tangga 1
4 Faktor Penyebab Kebiasaan Mengompol Pada Anak Kalina Keluarga & Berumah Tangga 0


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2020, Jelsoft Enterprises Ltd.