Begini Cara Aman dan Mudah Bersihin Hidung Bayi Non
 
Go Back   Home > Keluarga & Berumah Tangga

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Begini Cara Aman dan Mudah Bersihin Hidung Bayi Non

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[Mengasuh Anak-Bayi] Begini Cara Aman dan Mudah Bersihin Hidung Bayi Non

Bersihin hidung bayi perlu kejelian kalau menurut gue. Soalnya pernah gue iseng bersihin hidung ponakan gue yang masih bayi pas dia tidur, eh dia nangis, hahaha. Nah tadi gue nemu artikel menarik gimana caranya bersihin hidung bayi dengan cara yang aman dan mudah. Simak yuk non :

• Gunakan larutan pembersih
Bukan larutan pembersih yang itu non, hehehe. Ini larutan pembersih khusus hidung. Udah banyak kok di apotek. Cara pakainya, baringkan dulu bayinya, miringkan sedikit kepalanya. Habis itu baru semprot deh larutan pembersih hidungnya antara 2-3 tetes di masing-masing lubang hidung.

• Balon semprot
Nama aslinya sih aspirator hidung. Bisa dijadikan alternatif membersihkan hidung. Sebaiknya sih beli balon semprot yang sesuai dengan ukuran hidung bayi. Cara menggunakannya juga sangat mudah, pertama baringkan telentang si bayi, habis itu balonnya diremas supaya udaranya keluar. Nah selama non masih meremas, masukkan ujung balon secara perlahan di lubang hidungnya. Habis itu, lepaskan tekanan balon dan tarik keluar balon semprotnya. Bersihkan kotoran yang nempel di balonnya, ulangin lagi sampai hidung bayi benar-benar bersih.

• Gunakan cotton bud hangat
Maksudnya cotton bud yang sudah diberi air hangat, habis itu masukkan cotton bud tadi ke bagian luar lubang hidung bayi. Ingat, jangan terlalu dalam memasukkannya.

• Dudukan bayi ditinggikan
Usahakan bayi tertidur dengan posisi kepala lebih tinggi, tapi dengan posisi hidung yang menghadap ke bawah. Cara ini akan lebih mudah dilakukan jika tangan non menyangga kepalanya dengan handuk atau kain bersih. Cara ini dapat membantu mengalirkan lendir ke bawah, jadi mudah dibersihkan.

• Lakukan gerakan memutar
Non juga bisa bersihin hidungnya dengan gerakan memutar dari arah kiri ke kanan secara perlahan.

• Jangan dengan kain kasar atau jari
Saat mengeluarkan kotoran pada hidung bayi, karena ini bisa melukai hidungnya.

• Cuping hidung bayi
Jangan bersihin cuping hidung bayi dengan keras karena masih sangat sensitif loh, non.

• Jangan dihisap
Maksudnya kedua lubang hidung bayi jangan dihisap sekaligus. Ini dapat berakibat lendir naik ke telinga tengah dan bisa infeksi.

Nah itu dia non cara bersihin hidung bayi dengan mudah dan aman. Semoga bermanfaat yah.

sumber : merawat bayi ; bidanku
mpokbibah mpokbibah is offline
National Level

Post: 583
 
Reputasi: 42

Loading...
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Begini Cara Aman dan Mudah Bersihin Hidung Bayi Non

wah musti hati2 yah dalam merawat dan membersihkan hidung bayi
raratania raratania is offline
City Level

Post: 479
 
Reputasi: 21

__________________
Popok Bayi Lembut





Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: Begini Cara Aman dan Mudah Bersihin Hidung Bayi Non

wah balon semprot kayaknya praktis tuh, kalau mau beli di apotik ada ga yah?
tiaseptiani
tiaseptiani tiaseptiani is offline
World Level

Post: 27.601
 
Reputasi: 304

__________________
Naikkan reputasi orang lain yang membantu, atau anda sukai!

loading...
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2021, Jelsoft Enterprises Ltd.