Trik Kenali Gejala 'Bushing' Tak Layak Jalan

acamitraca

New member
Pada saatnya mobil akan mengalami keausan karena masa umur spart partnya. Pada saat itulah, onderdil yang ada harus diganti untuk membuat mobil kembali dalam performa yang sempurna. Dari sinilah sangat perlu diperhatikan beberapa hal termasuk 'bushing'.

Tampilan 'bushing' ini memang berbeda tapi soal performanya dalam menunjang suspensi pada kaki-kaki sangat diperhitungkan. Biasanya memang, 'bushing' ini kerap rterabaikan karena yang jadi perhatian seringkali mengarah pada shockbreker, ball joint, tie-rod. Padahal perlu diketahui juga bahwa karena 'bushing' yang sudah lewat umur juga bisa sebabkan kendali mobil menjadi tidak stabil.

Kerusakan dari 'bushing' ini bisanya disebabkan oleh beban mobil atau kerja berat yang mereka dapatkan. Memang mobil-mobil yang sering digunakan untuk muatan barang lebih rentan mengalami hal seperti ini.

Ciri kerusakannya bisa dirasakan ketika mobil dipacu dalam kecepatan tinggi. Sistem handling akan terasa limbung dan sulit terkontrol. Terutama akan sangat terasa saat melewati kontur jalan bergelombang atau tidak rata.

Untuk mengenali kerusakannya, bisa Anda dengarkan dengan munculnya suara kurang enak yang tidak biasa dari sektor kaki-kaki. Suara ini pun akan terdengar semakin keras saat melewati jalanan berlubang yang benar-benar memanfaatkan suspensi. Inilah tanda awal 'bushing' sudah layak diberikan perhatian.

Cara kedua, rasakan kemudi Anda. Cobalah untuk melewati lubang dan rasakan perubahan arah yang terjadi meski setir tidak digerakkan. Jika terjadi demikian berarti memang 'bushing' sedang bermasalah.

Terakhir, cek langsung kondis 'bushing' yang ada. Pastikan sendiri keadaan 'bushing' yang ada. 'bushing' yang sudah tidak layak biasanya mengalami retakan akibat beban yang bertumpu padanya. Kalau sudah seperti ini, artinya mobil Anda sedang butuh perawatan.

Demikian Tips mendapatkan harga paling bagus dalam membeli mobil, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk memastikan mobil baru Anda dilindungi oleh asuransi kendaraan bermotor. Hubungi kami ACA Asuransi Mobil untuk informasi lebih lanjut di Gaby Yong: 0856-7177-306 gabyyong.aca@gmail.com atau Sharon: 0821-9820-7682 | atau kunjungi web www.mitraca.com atau www.infoasuransimobil.com
 
Back
Top