Khasiat Sawi Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

mahazir

New member
Sawi merupakan sayuran yang sering kita temukan saat membeli mie ayam,namun dibalik iyu sawi banyak mengandung khasiat untuk mengobati bermacam penyakit tubuh dan banyak lagi manfaatnya.

Sayur-sayuran tentunya sangat bermanfaat terhadap tubuh kita. Karena selain kaya akan serat dan vitamin, tentunya juga dapat mencegah berabagai penyakit. Seperti sayuran Sawi yang bernama latin Brassica Juncea ini termasuk ke dalam family curciferae.

1. Sawi hijau merupakan sumber yang kaya anti-oksidan flavonoid, indoles, sulforaphane, karoten, lutein dan zeaxanthin. Indoles, terutama di-indolyl-metana (DIM) dan sulforaphane memiliki manfaat nyata dalam melawan prostat, kanker usus, kanker payudara, dan kanker ovarium berdasarkan penghambatan pertumbuhan sel kanker, efek sitotoksik pada sel kanker.

2. Daun sawi segar adalah sumber vitamin C-. Menyediakan 70 mcg atau sekitar 117% dari AKG per 100 g. Vitamin-C (asam askorbat) adalah anti-oksidan alami yang kuat, yang menawarkan perlindungan terhadap cedera radikal bebas dan flu seperti infeksi virus.

3. Daun sayuran juga merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin-A (menyediakan 10500 IU atau 350% dari AKG per 100 g). Vitamin A adalah nutrisi penting untuk menjaga kesehatan selaput lendir dan kulit, dan juga penting untuk penglihatan. Konsumsi buah-buahan alami yang kaya akan flavonoid membantu melindungi dari kanker paru-paru dan rongga mulut.

Itulah manfaat sawi untuk tubuh dan budidayanya yang perlu kita ketahui sebagai pengobatan tradisional yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita agar selalu sehat. Semoga bermanfaat buat kita semua.

SUMBER: Manfaat Sawi Hijau
 
kalin tiap hari makan sawi, dikuah, ditumis, dilalap.. Sawinya berbagai jenis.. Sawi mie, sawi asin, sawi pahit, sawi thailand, sawi putih..
 
kalo tia lebih suka sai putih dibanding sawi hijau yang buat mie, soalnya sawi hijau lebih pahit kalau sawi putih jauh lebih manis rasanya :D
 
pahit? Ga tuh.. malah kalin lebih suka sawi hijau.. kalo dilalap..

Kalin sering makan sawi pahit malah..
 
setuju ama non tia! emang enakan sawi putih, kalo makan mie ayam jarang dimakan tuh sawi hijaunya hehe

tapi ternyata banyak manfaatnya yak...
 
non kalin kayaknya suka makanan sehat ya. makanan sehat suka banyak yang gak enak non, kayak sawi hijau ini >:ss
 
Back
Top