Cek Selalu Kondisi Kabel dan Busi Mobil
 
Go Back   Home > Properti, Rumah, Apartemen, Kost

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Cek Selalu Kondisi Kabel dan Busi Mobil

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Cek Selalu Kondisi Kabel dan Busi Mobil

Di balik bonnet mobil tersimpan mesin, dan di tempat itu terlihat berbagai macam kabel, salah satunya adalah kabel busi. Kabel busi ini terlihat seperti kabel biasa namun kabel busi ini juga memiliki peran penting. Sebab, fungsinya untuk mengantarkan energi listrik dari baterai (12 volt) ke busi lalu busi memercikan api ke ruang bakar yang telah terkompresi campuran bensin dan udara.


Dengan adanya percikan tersebut, maka detonasi dalam ruang silinder pun terjadi untuk menghasilkan daya yang menggerakkan roda. Dengan kalimat lain, sehat atau tidaknya busi dan kabel, berpengaruh pada kinerja mesin.


Perlu diketahui, menurut Takwa Suryo Swasono, kepala mekanik dari Garden Speed Motorsport di bilangan Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan, menuturkan, dalam jangka waktu tertentu busi bisa mengalami penurunan performa akibat penumpukan endapan (kotoran) yang menutupi elektroda (ujung percikan api).


Penumpukan kotoran ini dapat menyebabkan pembakaran pada ruang bakar menjadi terganggu. Gejala yang ditimbulkan akibat performa busi mobil yang kurang baik adalah mesin tidak stabil, saat pedal gas diinjak mesin terdengar tersendat-sendat lalu kemudian mesinnya mati dan sulit untuk dihidupkan kembali (di starter).



Untuk itu, perlu juga memerhatikan kondisi busi dan kabelnya agar performa mobil tetap berjalan sempurna. Khususnya Anda para pemilik dan pengguna mobil keluaran lawas harus lebih sering mengecek dua komponen tadi. Karena apapun tipe busi dan kabel yang digunakan ada batasannya.


Biasanya, mobil keluaran terbaru (produksi 2000-an keatas) kini dilengkapi dengan busi tipe iridium ataupun platinum, busi jenis ini mampu bertahan hingga jarak pemakaian sekitar 100 sampai 240 ribu kilometer sedangkan mobil lama (1990-an kebawah) menggunakan busi konvensional yang mencatatkan jarak tempuh 10 sampai 60 ribu kilometer.


Walau demikian terkadang masalah pada mobil terjadi kapan dan dimana saja. Nah, jika mendapati problem seperti gejala mesin mulai mbrebet, sulit untuk starter, kondisi mesin idle terdengar sedikit kasar dan lalu menekan pedal gas setengah dan disambut dengan suara letupan dari lubang knalpot, bisa jadi kabel busi ada yang bocor atau busi sudah mulai aus dan terbentuk celah lebar. Ini berarti, jarak elektroda tengah busi dengan ground lebih jauh sehingga menyulitkan terjadi loncatan bunga api pada busi tersebut.


Untuk itu Anda perlu mengganti kabel busi dengan satu set yang baru. Jika perlu sekalian dengan businya. Kedua komponen tersebut dapat dibeli di dealer resmi penjual mobil atau menyambangi sentra onderdil terdekat di kota Anda. Harganya bervariasi satu set kabel busi standar dibanderol berkisar Rp 200 hingga Rp 700 ribuan sedangkan produk aftermarket atau racing seperti BlueThunder harganya mencapai Rp 1 jutaan.


Sebelum memutuskan membeli salah satunya, pilihlah sesuai kebutuhan.

Kutip:
Perawatan ekstra memang perlu agar mobil kesayangan kita tetap prima, tetapi memiliki perlindungan asuransi bagi mobil sagatlah perlu juga, karena kita dapat mengurangi kerugian apabila kita mengalami musibah. Percayakan asuransi mobil anda pada perusahaan asuransi mobil terbaik dan terpercaya dengan layanan yang memuaskan pada Asuransi Central Asia. Hubungi Gaby Yong: 0856-7177-306 gabyyong.aca@gmail.com atau Sharon: 0821-9820-7682 | atau kunjungi web www.mitraca.com atau www.infoasuransimobil.com
acamitraca acamitraca is offline
City Level

Post: 241
iTrader: (0)
 
Reputasi: 0

Loading...
       
loading...
Reply
 


Fitur baru : iTrader, yaitu catatan Feedback/Testimonial positif atau negatif, dari pembeli atau penjual yang pernah bertransaksi sebelumnya untuk masing-masing member, hanya untuk di forum Jual & Beli dan sub forumnya.

Berikanlah iTrader untuk penjual atau pembeli yang pernah melakukan transaksi dengan anda. Langkahnya :
- Klik link iTrader pembeli/penjual yang dituju untuk masuk ke halaman iTradernya
- Pada halaman iTradernya, klik "Submit Feedback For Username"
- Selanjutnya anda sudah dapat memberikan Feedback positif atau negatif pada iTrader nya

Dapatkan dan kumpulkan iTrader, semakin banyak semakin terpercaya untuk bertransaksi.
Jika iTrader anda masih nol (0), dapatkanlah iTrader pertama anda dengan melakukan transaksi pertama anda di forum Jual & Beli ii

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2021, Jelsoft Enterprises Ltd.