Resep Cara Membuat Kue Cincin Nikmat

mahazir

New member
Kue cincin merupakan kue khas betawi yang ada sejak jaman dahulu hingga sekarang. Dinamakan dengan kue cincin karena bentuk dari kue ini sendiri yang seperti cincin. Kue cincin ini mempunyai warna coklat yang berasal dari gula merah sebagai salah satu bahan campurannya. Sehingga sudah bisa dipastikan kalau rasa dari kue cincin ini sangatlah manis dan nikmat.

Donat%2BCincin.jpg


Bentuknya yang imut menyerupai cincin membuat kue ini makin simple untuk dinikmati. Kalo cuman nyobain satu aja pasti bakalan kurang deh bun. Tak jarang kue cincin disajikan oleh para ibu rumah tangga khususnya masyarakat betawi dalam berbagai kesemaptan acara. Di Jakarta sendiri banyak sekali toko yang menyediakan kue cincin ini, namun kalo bunda pengen cobain nikmatnya kue cincin ini, tak perlu jauh-jauh ke Jakarta dahulu, karena bisa membuat sendiri di rumah dengan petunjuk berikut ini.
Resep Membuat Kue Cincin
Bahan:

Kelapa setengah tua 200 gram, kupas, kemudian parut kasar lalu sangrai
Gula merah 150 gram
Air 250 ml
Tepung beras 500 gram
Gula pasir 150 gram
Garam 1/2 sendok teh
Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Kue Cincin

Langkah pertama siapkan panci untuk merebus gula merah bersama dengan air sampai mendidih, setelah itu saring.
Selanjutnya siapkan wadah kemudian masukkan tepung beras dalam wadah tersebut lalu tambahkan juga rebusan gula merah tadi kemudian aduk sampai tercampur rata kembali.
Setelah itu tambahkan kelapa yang sudah disangrai, gula pasir, dan juga garam. Selanjutnya uleni kembali adonan kembali sampai kalis kemudian diamkan selama semalam.
Jika adonan sudah kalis kemudian bentuk adonan menyerupai cincin-cincin kecil, lakukan sampai adonan habis.
Jika semuanya sudah selesai dibentuk langkah selanjutnya adalah goreng sampai warnanya berubah menjadi kecoklatan.
Jika sudah matang angkat kemudian sajikan.

Nah itu dia bun resep kue cincin khas betawi sudah selesai saya bagikan.. Bunda bisa menyajikannya dengan aneka minuman segar sebagai camilan. Ketika kue sudah dingin tinggal masukkan dalam stoples dan tata rapi supaya tetap renyah. Bisa juga bunda menyajikannya dalam keadaan dingin. Karena kue cincin ini tergolong jenis kue kering jadi cocok untuk dibawa kemana aja termasuk camilan ketika piknik atau bepergian

SUMBER: Kue Donat Cincin
 
Back
Top