MEMBELI MOBIL BEKAS, BEGINI TIPSNYA
 
Go Back   Home > Otomotif & Perlengkapannya

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


MEMBELI MOBIL BEKAS, BEGINI TIPSNYA

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

MEMBELI MOBIL BEKAS, BEGINI TIPSNYA

Kondisi keuangan yang belum menentu menjadi salah satu alasan kuat mengapa orang lebih memilih untuk memilih membeli mobil bekas daripada mobil baru. Hanya saja, membeli mobil bekas diperlukan skill khusus, ketelitian ekstra karena mobil yang akan dibeli merupakan mobil yang sudah dipakai orang lain.

Salah satu kendala saat membeli mobil bekas adalah bahwa harga dari mobil tersebut sudah pasti tidak akan sama satu dengan yang lainnya, bahkan di kota yang sama. Hal tersebut dimungkinkan karena kondisi mobil yang mendapatkan perlakuan berbeda oleh pemilik sebelumnya.

Opsi kredit masih menjadi salah satu primadona untuk mengakomodasi mobil bekas yang akan dibeli. Hanya saja, resiko akan kekecewaan dengan mobil yang dibeli akan meninggi seiring ketidakcakapan konsumen dalam memilih dan mengakali pembiayaannya.

Berikut ini adalah beberapa masukan yang bisa digunakan untuk menghindari kerugian yang lebih besar saat membeli mobil bekas:



1. Periksa kondisi kendaraan

Memeriksa situasi dan keadaan mobil merupakan pekerjaan yang cukup ‘tricky’, mengingat di bagian ini banyak sekali potensi penipuan, terutama bagi konsumen yang awam tentang kondisi mobil. Salah satu trik yang bisa dilakukan adalah saat survey didampingi oleh rekan yang jauh lebih mengerti masalah otomotif supaya tidak menjadi korban penipuan. Membeli mobil yang belum diketahui kondisinya sebenarnya tidak terlalu memusingkan. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan duduk di kabin dan mencoba mensimulasikan kondisi saat mobil tersebut dijalankan. Pemeriksaan di jok, kondisi perseneling, setir, bagian bawah mobil dan lain-lainnya, termasuk eksterior juga akan sangat membantu konsumen memutuskan sebuah mobil baik atau tidak untuk dibeli.

2. Usia kendaraan

Logikanya, mobil dengan usia yang semakin tinggi, maka tingkat kerusakan dan efek penggunaan oleh pengemudinya juga semakin tinggi. Secara otomatis juga akan menurunkan harga yang diberikan oleh si penjual kecuali apabila mobil tersebut adalah mobil klasik, lain lagi ceritanya.

Membeli mobil dengan usia tidak lebih dari 3 tahun merupakan salah satu tindakan yang bijak, karena salah satu kelebihan yang bisa didapatkan adalah bahwa mobil tersebut beberapa bisa saja masih ada dalam masa garansi sehingga kerusakan dan kekurangan di beberapa sisi masih bisa diperbaiki.

3. Kelengkapan surat kendaraan

Dua lapis pemeriksaan dari surat merupakan langkah yang tepat untuk memastikan satu mobil pantas untuk dibeli. Yang pertama konsumen berhak untuk memeriksa dan mengecek apakah surat-surat yang ada sudah lengkap, termasuk BPKB dan sebagainya.

Yang kedua, pemeriksaan juga perlu dilakukan di pihak SAMSAT setempat. Karena dengan melakukan pemeriksaan tersebut, konsumen akan mampu untuk mengetahui apakah mobil tersebut dalam kondisi yang legal atau tidak.

4. Pilih lembaga pembiayaan

Beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan untuk memilih lembaga pembiayaan adalah: Seberapa bagus image yang dipunyai lembaga tersebut, kredibilitas di depan masyarakat serta besar bunga yang mungkin saja ditawarkan oleh lembaga tersebut kepada konsumen.

5. Lakukan test drive

Mungkin akan ada resiko bahwa konsumen akan dicap sebagai konsumen yang rewel, tapi memastikan bahwa kondisi mobil saat dijalankan berada dalam kondisi yang prima merupakan hak setiap pembeli mobil.

Memperbanyak test drive akan sangat membantu konsumen untuk lebih mengetahui seluk beluk mobil yang akan dibeli. Salah satu yang penting adalah untuk mencoba mobil yang pernah masuk ke dalam area banjir. Karena mobil yang pernah berurusan dengan genangan air, maka saat dikendarai biasanya akan mulai menampakkan kerusakan dan gangguan-gangguan yang biasa diidap oleh mobil tersebut.

Kutip:
Berhati-hatilah dalam mengendarai kendaraan dan lindungilah kendaraan Anda dengan asuransi mobil terpercaya. PT. Asuransi Central Asia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Asuransi Umum, Salah satunya asuransi mobil. Sebagai perusahaan asuransi mobil terbaik dan terpercaya, ACA meneruskan tradisi selama lebih dari 53 tahun memberikan kontribusi dalam dunia asuransi dan perekonomian Indonesia khususnya asuransi umum. “Perlindungan Kami Adalah Kenyamanan Anda” itulah gambaran nyata yang kami berikan untuk anda.Dengan salah satu produk Asuransi Mobil Otomate, ACA akan lebih mengerti kebutuhan anda dalam memberikan perlindungan asuransi mobil anda. Untuk informasi mengenai asuransi mobil, silahkan menghubungi kami PT. Asuransi Central Asia, dengan Gaby di nomor 08567177306 atau Sharon di nomor 082198207682. www.mitracaonline.com atau www.infoasuransimobil.com
acamitraca acamitraca is offline
City Level

Post: 241
iTrader: (0)
 
Reputasi: 0

Loading...
       
loading...
Reply
 


Fitur baru : iTrader, yaitu catatan Feedback/Testimonial positif atau negatif, dari pembeli atau penjual yang pernah bertransaksi sebelumnya untuk masing-masing member, hanya untuk di forum Jual & Beli dan sub forumnya.

Berikanlah iTrader untuk penjual atau pembeli yang pernah melakukan transaksi dengan anda. Langkahnya :
- Klik link iTrader pembeli/penjual yang dituju untuk masuk ke halaman iTradernya
- Pada halaman iTradernya, klik "Submit Feedback For Username"
- Selanjutnya anda sudah dapat memberikan Feedback positif atau negatif pada iTrader nya

Dapatkan dan kumpulkan iTrader, semakin banyak semakin terpercaya untuk bertransaksi.
Jika iTrader anda masih nol (0), dapatkanlah iTrader pertama anda dengan melakukan transaksi pertama anda di forum Jual & Beli ii

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2020, Jelsoft Enterprises Ltd.