Tips Menangani Mobil Mogok Saat Banjir

acamitraca

New member
Musim hujan sudah datang, waktunya para pengendara mobil memperhatikan cara berkendara yang baik dan aman. Hal yang harus diperhatikan yakni ketika Anda mengendarai mobil dan terjebak di dalam genangan air (banjir). Pastinya Anda semua akan merasa panik karena bagaimana keluar dari genangan air itu sedangkan mesin dalam keadaan mobil mati.
Jika Anda menerjang banjir dan mobil Anda mogok di tengah ganangan air itu maka yang harus Anda lakukan yakni,

1. Lakukan starter mesin sampai 2 atau 3 kali jangan sampai berlebihan. Jika tetap tidak bisa nyala jangan dipaksa karena akan berbahaya. Usahakan Anda meminta bantuan kepada orang disekitar untuk mendorong ke tempat yang benar-benar aman dari genangan air.

2. Setelah menurut Anda sudah berada di tempat yang aman, maka hal yang harus dilakukan yakni membuka kap mesin dan keringkan bagian distributor, koil, busi, kabel busi dengan kertas koran atau lap kering.

3. Setelah Anda melakukan hal itu, coba starter kembali 2 sampai 3 kali. Tapi jika tetap tida mau hidup juga, maka cabutlah kabel busi dan perhatikan area disekirar busi. Takutnya kabel busi atau businya terkena air dan jika ada ada air maka bukalan tutup distributor lalu Anda keringkan dan pasang kembali seperti semula.

4.Cobalah Anda hidupkan kembali mesinnya. Jika mobil sudah nyala dan bisa jalan kembali maka hal yang harus Anda lakukan yakni rem kendaraan Anda beberapa kali sampai beberapa komponen pada mobil itu berfungsi kembali.

5. Hal terakhir yang Anda harus lakukan yakni, setelah kendaraan Anda sudah normal kembali ada baiknya dibawa ke bengkel untuk diperiksa lebih lanjut karena kalau sudah tergenang air seperti itu pasti ada saja komponen yang rusak terutama pada sistem pengereman.

Jangan lupa memberikan perlindungan asuransi bagi mobil kesayangan anda, sebagai perlindungan mobil anda dalam mempersiapkan datangnya musim hujan yang dapat mengakibatkan banjir. Karena itu percayakan mobil kesayangan Anda pada Asuransi Central Asia yang merupakan asuransi mobil terbaik dan terpercaya dimana bekerjasama dengan bengkel rekanan authorized bermutu prima. Segera hubungi Gaby Yong di 08567177306 atau Sharon Tio di 082198207682 untuk memperoleh keterangan dan informasi lebih lanjut. atau www.mitracaonline.com | www.infoasuransimobil.com
 
Back
Top