Waspada, Cuaca Ekstrem Masih Melanda

acamitraca

New member
Cuaca ekstrem seperti curah hujan yang tinggi dan disertai petir masih akan terjadi dibeberapa wilayah di Indonesia dan diharapkan mereda pada akhir Februari ini. Cuaca ekstrem ini bukan saja melanda Indonesia tetapi juga belahan bumi lainnya seperti banjir yang terjadi di Negara Eropah seperti Prancis dan Inggris, suhu yang sangat dingin melanda disebagian Negara Amerika juga bencana lainnya yang terjadi di Negara Asia lainnya.

Untuk wilayah Indonesia, Kukuh Ribudianto, Kepala Sub bidang Cuaca Ekstrem BMKG, mengatakan terdapat pertemuan angin di atas wilayah utara pulau Jawa dan Sumatera bagian selatan sehingga potensi hujan yang cukup lebat cenderung terjadi di wilayah ini sedangkan di daerah Pantura masih akan terus berlangsung hingga pertengahan Februari nanti,” kata Kukuh kepada wartawan BBC Arti Ekawati.

Selain wilayah ini, Kukuh mengatakan terdapat potensi terjadinya siklon tropis yang mengakibatkan curah hujan tinggi di beberapa wilayah di Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur dengan intensitas lebih dari 50mm dan berdasarkan citra satelit, curah hujan yang ekstrem juga berpotensi terjadi di Sulawesi bagian tengah dan selatan, Kalimantan bagian selatan, Ambon dan wilayah kepulauan di selatan Papua.

Biasanya wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai kilat, petir dan angin kencang bahkan bisa terjadi kemungkinan angin puting beliung. Hujan yang terus menerus melanda Jakarta dan sekitarnya telah menyebabkan sebagian debit sungai-sungai yang mengalir ke Jakarta naik. “Warga dihimbau untuk selalu waspada banjir yang akan datang sekitar 6 jam kemudian,” kata Sutopo.

Tindakan darurat apakah yang harus dilakukan untuk meminimalisasi terjadinya bencana?

– Perhatikan kebersihan lingkungan dan selokan agar tidak terjadi penyumbatan saat aliran air deras melewati saluran air yang ada

– Lakukan penebangan pohon yang sekiranya sudah terlalu tinggi atau sudah tua sehingga berpotensi roboh

Selain itu lengkapi juga rumah Anda dengan proteksi asuransi rumah yang memberikan penggantian apabila anda menderita kerugian atas musibah banjir yang menimpa rumah Anda. Asuransi ACA menyediakan program asuransi rumah dimulai dengan premi yang sangat murah yaitu ASRI – Asuransi Rumah Idaman, proteksi lengkap, premi mulai dari Rp 100.000/th. Untuk informasi lebih lanjut hubungi Gaby Yong di 0856-7177-306 atau Sharon Tio di 0818-888-107 . Atau kunjungi web www.mitracaonline.com atau www.iasuransirumah.org
 
Back
Top