TATTVA HINDU DHARMA 1

riwancack

New member
TATTVA HINDU DHARMA 2

http://tattwahindudharma.blogspot.com Ketika kita sudah mulai tekun melaksanakan sadhana dharma, salah satu jebakan ego [ahamkara] yang sering muncul adalah kita merasa diri kita baik atau merasa diri kita benar, lalu kita mulai menjadi terlalu kritis dan banyak memberi penilaian terhadap kekurangan orang lain.
---
Ketika kita melihat kesalahan, kekurangan, keserakahan dan kegelapan pada orang lain, kita sering tergoda untuk secara agresif memvonis [menghakimi] orang lain. Ini tidak lain muncul dari ego kita sendiri. Sebuah jebakan ego. Ketika kita memvonis buruk atau menyentil orang lain, tanpa disadari benih-benih kebencian, kemarahan, kesombongan dan avidya [ketidak-tahuan] sudah muncul di dalam diri kita sendiri.
---
Berusahalah untuk Tidak memandang orang lain yang memiliki kekurangan, keserakahan dan kegelapan sebagai orang jahat, Tapi lihatlah mereka sebagai orang baik yang sedang berjuang jatuh-bangun belajar berkembang menuju kesadaran, atau orang baik yang di dalam jiwanya sedang menjerit dalam kesengsaraan.
---
"seperti melihat anak kecil yang sedang belajar naik sepeda, jatuh dan bangun"
---
Berikan mereka ruang untuk berkembang secara alami sesuai dengan putaran karmanya masing-masing, tanpa memvonis [menghakimi] mereka secara buruk.
---
Dengan memiliki pandangan meditatif seperti itu, akan memunculkan pengertian yang bijaksana. Yang kemudian berkembang memberikan ruang pada belas-kasih dan kebaikan di dalam bathin kita.
---
Inilah jalan pemurnian jiwa. Karena disaat itu juga kebencian, kemarahan, kesombongan dan avidya [ketidak-tahuan] lenyap memudar. http://www.facebook.com/rumahdharma
 
Last edited:
Back
Top