ICANN Peringatkan Akan Penipuan Nama Domain

irigster

New member
Tanggal: 15 Apr 2002
Sumber: Kompas.com


NamaDomain.com, Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) memperingatkan para pemilik nama domain akan adanya organisasi yang mengaku-ngaku sebagai pengurus nama domain yang sah dan meminta bayaran cukup besar.

ICANN, organisasi yang mengawasi sistem alamat di internet, menyatakan bahwa minggu ini mereka banyak menerima laporan dari pemilik nama domain yang menerima surat dari Xchange Dispute Resolution. Organisasi ini mengaku sebagai badan resmi dari ICANN yang mengurusi kasus perselisihan nama domain.

Dalam suratnya, Xchange Dispute Resolution menyatakan bahwa mereka menerima keluhan mengenai penyelesaian kasus perselisihan nama domain dan meminta si pemegang nama domain tersebut membayar antara 250 dollar AS sampai 1.250 dollar AS untuk mempertahankan kepemilikan domain tersebut. Jika ini tidak dipatuhi, hak-hak atas domain tersebut akan dicabut.

Tindakan itu jelas penipuan karena segala keputusan tentang kepemilikan domain harus melalui persetujuan ICANN. Selain itu Uniform Domain-Name Resolution Policy tidak mengijinkan pihak penengah perselisihan meminta uang dari pemilik nama. Pencabutan hak pemilik juga tidak boleh dilakukan apabila si pemilik tidak bisa menjawab peringatan akan adanya perselisihan.

Oleh karena itu ICANN memberitahukan kepada masyarakat bahwa penengah perselisihan nama domain yang sah adalah yang terdaftar pada situs ICANN. Dan siapa pun yang mendapat peringatan serupa sebaiknya menghubungi pihak berwenang atau melaporkannya kepada ICANN.
 
Back
Top