Pemerintah Amerika Perpanjang Wewenang ICANN

irigster

New member
Tanggal: 17 Sep 2002
Sumber: NamaDomain.com


NamaDomain.com, Pemerintahan Amerika Serikat melalui Departemen Perdagangan memberikan kepercayaan penuh kembali kepada Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) untuk mengelola sistem internet termasuk nama domain hari Senen(16/09)kemarin. Penegasan ini memberikan indikasi bahwa ICANN dipercaya kembali oleh pemerintah Amerika untuk mengelola seluruh sistem jaringan internet global sebelum masa kontraknya berakhir akhir bulan ini.

Walaupun kepercayaan ini kembali diberikan oleh pemerintah Amerika Serikat bukan berarti ICANN bebas dari pengamatan atau penyelidikan dari pemerintah, justru malah sebaliknya. Pemerintah akan terus menerus dari waktu ke waktu akan memantau kinerja ICANN dalam mengelola jaringan internet global.

Sebagaimana yang diucapkan oleh Nancy Victory, kepala dari Lembaga Administrasi Telekomunikasi Nasional Amerika Serikat menuntut agar ICANN melakukan beberapa terobosan baru.

ICANN sendiri telah berdiri semenjak tahun 1998 dan posisinya berada dalam pengawasan Departemen Perdagangan Amerika Serikat yang memiliki wewenang untuk mengurus sistem jaringan internet global. Dengan didirikannya ICANN pada tahun 1998 telah membuka pintu monopoli dalam hal registrasi nama domain yang tadinya dikuasai sepenuhnya oleh NetworkSolutions Inc. yang sekarang telah diakuisisi oleh Verisign Inc.

ICANN sendiri semenjak empat tahun telah berhasil melakukan terobosan baru dengan meluncurkan tujuh global Top Level Domain (gTLD) dimana tiga diantaranya sifatnya lebih global yaitu .biz, .info dan .name.

Selain itu ICANN telah berhasil melakukan evaluasi terhadap Kebijakan-kebijakan perselisihan nama domain yang terjadi.

Walaupun ICANN telah melakukan beberapa terobosan baru, namun bagi beberapa kalangan praktisi dan pengamat internet, apa yang telah dilakukan ICANN masih terlalu lamban dan kalah cepat dengan perkembangan internet saat ini.

Banyak kritikan tajam yang diberikan oleh American Civil Liberties Union kepada beberapa senator agar mempertimbangkan lagi wewenang yang telah diberikan kepada ICANN atau setidaknya mengurangi dan membagi wewenang tersebut ke badan lainnya yang juga memiliki kompetensi dalam mengelola sistem jaringan internet.

Seluruh kritikan dan masukan ini masih digodok bersama dengan beberapa lembaga dan pihak pemerintah guna mencapai kata mufakat yang dapat memberikan keuntungan kepada semua pihak.

Seperti kata Mary Hewitt, juru bicara ICANN mengatakan bahwa masih banyak yang harus dilakukan dan untuk itulah mari secara bersama-sama kita rumuskan beberapa hal guna menjadikan internet sebagai jalur komunikasi yang memadai.
 
Back
Top