Harga Emas Berhasil Bertahan di Zona Hijau, Sempat Capai 7 Minggu Tertinggi

adidananto

New member
Gold-pixa-700x357.jpg



Pada akhir perdagangan Selasa dini hari tadi harga emas masih mampu bertahan di teritori positif meskipun turun dari posisi harian tertinggi yang sempat dicapainya (7/4). Harga logam mulia sempat melejit ke posisi tertinggi dalam tujuh pekan setelah data dari sektor tenaga kerja Amerika Serikat menunjukkan kondisi yang tidak sebaik harapan.

Rilis data dari sektor tenaga kerja Amerika Serikat pekan lalu memberikan hasil yang kurang meyakinkan. NFP mengalami kenaikan yang amat jauh di bawah estimasi. NFP bulan Maret hanya meningkat sebesar 126K sementara prediksi menyebutkan angka 246K. NFP di bulan Februari juga mengalami revisi turun.

Nilai tukar dollar anjlok tajam setelah keluarnya data NFP tersebut. Data NFP merupakan yang paling rendah sejak bulan Desember 2013 yang lalu. Pelemahan dollar kembali mengangkat status safe haven emas. Selain itu dengan data yang kurang baik tersebut para investor mulai menurunkan harapan bahwa Fed akan mulai menaikkan suku bunga acuan pada bulan Juni mendatang. Kemungkinan kenaikan suku bunga acuan bisa ditunda hingga bulan Agustus.

Harga emas spot pada akhir perdagangan dini hari tadi ditutup pada posisi 1214,65 dollar per troy ons. Harga mengalami peningkatan tajam sebesar 12,40 dollar atau setara dengan 1 persen dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Kemarin harga emas bahkan sempat mengalami peningkatan hingga ke level 1224,10 dollar, tertinggi sejak tanggal 17 Februari lalu.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga emas spot LLG hari ini akan kembali mengalami peningkatan lanjutan meskipun akan cenderung terbatas. Pergerakan harga logam mulia berpotensi untuk menguat karena para pelaku pasar mulai kembali memburu asset safe haven seperti emas di tengah lesunya kondisi sektor tenaga kerja di Amerika Serikat. Meskipun demikian setelah terjadi kenaikan tajam di perdagangan sebelumnya kemungkinan harga emas akan bergerak sedikit saja yaitu dalam fase konsolidasi.

Pada perdagangan hari har ini harga emas berpotensi mengetes level resistance pada posisi 1220 dollar per troy ons. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan kenaikan lagi ke posisi 1225 dollar. Sedangkan jika terjadi pergerakan yang berbalik melemah harga akan mengetes level support pada posisi 1210 dollar. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan pelemahan ke posisi 1200 dollar.



Sumber http://commodity-academy.co.id/2015/04/07/harga-emas-berhasil-bertahan-di-zona-hijau-sempat-capai-7-minggu-tertinggi/
 
Back
Top