Lembaga Masyarakat Internet Dipastikan Kelola .Org

irigster

New member
Tanggal: 26 Sep 2002
Sumber: NamaDomain.com


NamaDomain.com, Senen kemarin, regulator internet memastikan bahwa perkumpulan profesional komputer yang berada dalam naungan Lembaga Komunitas Masyarakat Internet akan menjadi pengelola dari Top Level Domain (TLD) .org, rumah bagi para lembaga organisasi non profit.

Lembaga Masyarakat Internet memiliki 11,000 anggota profesional komputer merupakan calon terbaik dari 11 pemohon dan lembaga ini merupakan calon kuat yang didukung penuh oleh Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN).

Bila nantinya terpilih, maka lembaga ini akan membuat suatu asosiasi baru yang akan diberi nama Public Internet Registry yang akan bekerjasama dengan ICANN dalam mengelola TLD .org pada bulan Januari tahun depan.

Sebagaimana kita ketahui, keputusan ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan bersama antara Departemen Perdagangan Amerika Serikat, ICANN dan Verisign Inc. mengenai pengurusan beberapa TLD seperti .com, .net dan .org. Dalam kesepakatan tersebut disebutkan bahwa Verisign Inc. diberi hak kembali untuk mengelola .com sampai 2007 dan sebagai imbal baliknya, Verisign Inc menyerahkan pengelolaan .org kepada pihak lain.

Jurubicara Lembaga Masyarakat Internet mengemukakan bahwa selama transisi ini nantinya pemilik domain dengan TLD .org tidak akan merasakan perubahan atau kerusakan. Untuk itu bagi anda yang memiliki domain .org, selama proses ini nantinya tidak akan mengalami downtime.

Nantinya bagi mereka yang akan meregistrasikan domain .org akan aktif lebih cepat daripada sebelumnya. Bila TLD .org tadinya membutuhkan waktu 12 jam untuk aktivasi, maka pada bulan 2003 hanya membutuhkan waktu sekitar dua menit saja.

Aturanpun tetap berlaku seperti biasa dan tidak ada perubahan mendasar. Domain dengan akhiran .org tetap akan diperbolehkan bagi para individu untuk meregistrasikannya. Jadi isu yang mengatakan bahwa nantinya .org hanya untuk organisasi saja adalah tidak benar.

Jadi andapun bisa tidur nyenyak sekarang....

 
Back
Top