3 Cara untuk meningkatkan performa Pitch

krisnaadi

New member
Sebagai seorang Entrepreneur, tentu anda akan membutuhkan Investasi untuk perusahaan anda supaya berkembang. Untuk mendapatkan dana dari Investor, anda harus melakukan Pitch, atau lebih mudahnya sebuah presentasi singkat kepada Investor mengenai bisnis anda. Pitch bisa jadi penentu apakah Investor ingin memberikan dana investasi kepada perusahaan anda atau tidak. Meskipun Anda memiliki ide bisnis dan prospek yang cemerlang, tanpa pitch yang menarik anda akan sulit untuk mendapatkan pendanaan dari Investor. Bagaimana untuk meningkatkan performa ketika anda melakukan Pitch di depan Investor? Berikut adalah beberapa caranya:
Ceritakan mengenai customer perusahaan anda: Semua Investor pasti ingin mendengarkan mengenai bagaimana produk perusahaan anda menyelesaikan sebuah masalah dan penyelesaian tersebut memiliki nilai jual ataupun berpotensi untuk dijual. Cara mudah untuk menunjukkan hal ini adalah dengan menjelaskan bagaimana customer ataupun calon customer anda memberikan respon terhadap produk anda. Anda dapat menceritakan seberapa besar potensi customer anda dan bagaimana customer anda memberikan penilaian terhadap produk anda ataupun prototipe dari produk anda. Penilaian ataupun respon dari customer, dapat anda tunjukkan dengan video singkat wawancara customer anda ataupun catatan dari komentar costumer anda di dalam pitch.
Akhiri Pitch sebelum klimaks: Seperti sebuah cerita, setiap orang tentu menyukai a good story with an amazing ending. Sama halnya dengan pitch, ceritakan bagaimana perjuangan anda membangun bisnis anda dan apa saja rintangan yang telah dilewati dan pencapaian yang telah didapatkan. Tetapi cerita perjalanan itu belum berakhir atau belum mencapai klimaks. Buat Investor penasaran bagaimana perusahaan anda akan mencapai klimaks. Sampaikan bahwa cerita anda belum akan berakhir dan tawarkan kepada mereka untuk menjadi bagian dalam membantu perusahaan anda mencapai klimaks.
Berlatih terus menerus: Practice makes perfect. Kata kata tersebut pasti pernah anda dengar dan memang semakin sering anda berlatih semakin baik hasil yang anda dapat. Sama halnya di dalam melakukan pitch, Anda harus berlatih untuk terbiasa melakukannya. Latih kemampuan komunikasi anda dalam melakukan pitch dengan membaca scenario pitch yang telah anda susun. Perbaiki bagian dari pitch yang menurut anda kurang baik dan ulangi hal ini terus menerus. Anda harus mencoba mengingat dan memahami setiap bagian dari pitch anda. Anda dapat melatihnya ketika sedang mandi ataupun sebelum tidur. Semakin anda berlatih, semakin terbiasa anda untuk menyampaikan isi pitch anda. Selain itu, semakin sering berlatih akan membuat anda tidak terlalu bergantung pada pitch deck anda dan dapat menyampaikan pitch dalam kondisi yang buruk sekalipun.
 
Back
Top