Kenali tanda Asli STNK anda!

acamitraca

New member
0000013349.jpg

Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) merupakan salah satu dokumen yang harus dimiliki oleh setiap kendaraan bermotor. Jika sebuah kendaraan tidak memiliki STNK, maka patut dicurigai apakah kendaraan tersebut benar-benar resmi ataukah bodong.

Oleh karena itulah sangat diwajibkan bagi setiap pengendara untuk selalu melengkapi kendaraannya selama di perjalanan.

Namun bukan berarti STNK selalu aman dan terbebas dari pemalsuan. Selalu ada celah kejahatan yang setiap saat wajib diwaspadai agar selaku pemilik dan pembeli selalu mendapatkan barang asli tanpa rekayasa. Berikut cara memastikan jika dokumen STNK Anda Asli.


Tidak akan luntur
Kertas dan tulisan cetakan asli di dalam STNK tidak akan luntur jika terkena air. Dengan tinta dan kertas kualitas tinggi, menjadi pembeda yang paling berarti bagi STNK asli dan palsu.

Setiap mendapatkan STNK dari tangan penjual, pegang dan teliti bahan kertas lalu berikan sedikit air pada tulisannya. Jika ternyata luntur, sudah saatnya Anda mencurigainya.

Hologram
Bagian kedua yang bisa Anda periksa adalah tulisan STNK yang ditempatkan pada hologram di sisi kanan atas STNK. Hologram ini merupakan salah satu yang cukup sulit dipalsukan. Jika benar-benar asli, terdapat logo korps Polri (Polisi Republik Indonesia) dengan posisi tepat di atasnya tulisan STNK.

Untuk memahaminya lebih dalam, cobalah periksa STNK asli yang dikeluarkan lewat deler resmi atau memang sudah dipastikan asli. Tipe hologram seperti ini memang bisa dibuat mirip, tapi tidak akan bisa seidentik dengan aslinya.

Benang Pengaman
Selain itu, layaknya uang kertas pada umumnya, STNK asli memiliki benang pengaman yang bukan cetakan seperti pada STNK abal-abal selama ini.

Bentuk benang pengaman STNK asli dibuat seperti rajutan yang khas sehingga tidak akan mudah untuk dipalsukan. Jika melihat benang pengaman ini seperti hanya cetakan biasa dan terlihat tidak berkualitas, silakan bandingkan dengan STNK lainnya yang menurut Anda asli utamanya STNK keluaran dari dealer resmi atau memang yang memang sudah dipastikan keasliannya.

Cek Online
Kepastian STNK asli atau palsu memang tidak bisa dipastikan secara online, tapi Anda bisa memastikan data yang ada di STNK dengan dengan keterangan terbatas dari Samsat yang disertakan di dalam laman ini.

Sumber: www.infoasuransimobil.com
 
Suatu saat ini tidak diperlukan lagi bre, karena memang itu hanya memperberat orang saja, karena bayar ini dan itu. Apalagi ada pungli-pungli yang masih marak.
 
Back
Top