Setuju Nggak Kawin Campur?
 
Go Back   Home > Agama > Katolik

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Setuju Nggak Kawin Campur?

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Setuju Nggak Kawin Campur?

Banyak orang tua resah, kalau ada anaknya yang beranjak remaja atau dewasa dan mulai pacaran dengan orang yang berasal dari agama lain, atau satus sosial ekonominya beda banget. Itu terungkap dari beberapa pertemuan yang aku ikuti. Terakhir waktu aku ke Semarang, ada seorang Romo yang cerita kalo dia lagi memberi bimbingan kepada orangtua yang curhat kalo anaknya yang cewek jatuh cinta dengan supir keluarga mereka. Kebetulan lain agama pula.

Pasti banyak pengalaman dari orang-orang sekitar kita, entah di kampus, rumah, gereja, atau kantor yang harus berhadapan dengan masalah "kawin campur". Dan tantangan Gereja Katolik memang semakin nyata soal ini, sebab dari data statistik jumlah perkawinan umat katolik, konon terjadi peningkatan dari tahun ke tahun. Gimana menurut kamu soal kawin campur ini? Kita setujui aja atau gimana? Apala alasan kamu?
wa-one wa-one is offline
Home Level

Post: 5
 
Reputasi: 0

Loading...
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Setuju Nggak Kawin Campur?

klo gua sih gak papa asal jangan menyimpang dari agama kita klo pacar gua itu agamanya kong hu cu soalnya dari taiwan sedangkan engkong gua dari china jadi kan ada hubunganya jadi klo sembayang sesekali di klenteng ya gpp ini kan chineese religion
Ashashi
Ashashi Ashashi is offline
City Level

Post: 258
 
Reputasi: 11






Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: Setuju Nggak Kawin Campur?

Sebenarnya pernikahan beda agama itu tidak menjadi masalah selama landasannya kuat untuk menopang. Karena pernikahan berbeda agama akan menyeret kita dalam banyak masalah. Kebanyakan memang muncul dari sisi luar pasangan misalnya keluarga dan saudara.
Misalnya, cowok katolik dan cewek non katolik. Mungkin mereka berdua bisa 'sepakat' tidak masalah untuk menikah campur, namun masalahnya adalah justru apakah keluarga cewek mau jika pernikahan dilakukan dengan pemberkatan di gereja? Sebaliknya, siapkah cowok untuk tidak diakui pernikahannya oleh gereja jika tidak diberkati di gereja sehingga tidak dapat menerima sakramen gereja?
Kalaupun sudah sepakat untuk menikah di gereja, siapkah mereka kalau punya anak? Bagaimana menghadapi orang tua masing2? Pasti orang tua masing2 berharap cucunya dididik sesuai agama keluarga mereka, sehingga terjadi perebutan cucu disini.
Kalaupun dikatakan 'biar anak yang memilih', namun anak baru bisa memilih agama setelah besar, padahal dalam pernikahan katolik disebutkan kewajiban untuk mendidik anak secara katolik, artinya sejak kecil anak harus dididik secara katolik, dibabtis dan bedoa secara katolik. Apakah pihak cewek mau untuk mengalah bahwa sejak kecil anak harus dididik katolik dulu baru dibiarkan memilih agamanya dikemudian hari?
Selalu banyak halangan dan kendala untuk pernikahan campur. Karena itu, biasanya orang tua yang selalu teriak2 karena memang mereka yang akan sangat berhadapan dengan masalah. Biasanya si pengantin sih tahunya enak melulu karena masih dalam fase cinta, tapi kalau orang tua khan melihatnya bukan dalam fase cinta tapi lebih dalam masalah dikemudian hari.
Karena itu, sebaiknya kita sendiri yang mulai menyadari apa2 yang menjadi perhatian kita jika kita menikah campur.
rahwana
rahwana rahwana is offline
City Level

Post: 465
 
Reputasi: 3

__________________
Ayom Rahwana
--------------
Tersedia : Internet murah di Sidoarjo dan Solo.
Internet, bukan sekedar murah, tapi berkualitas





Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: Setuju Nggak Kawin Campur?

Gak setuju,kalo menurut saya setiap manusia telah di sediakan pasangannya masing-masing oleh Tuhan. kita tahu bahwa agama sendiri artinya "tidak kacau" jadi setiap agama mengatur agar segala sesuatunya menjadi teratur, dan setiap agama memiliki prinsip yang berbeda-beda. oleh sebab itu Pernikahan campur tidak akan menyatukan sebuah pasangan yang seutuhnya,secara rohani,maksudnya dihadapan Tuhan, pernikahan adalah sebuah sakramen suci dimana kita berjanji dihadapan Tuhan secara langsung.makasih.
guest
Guest

Post: n/a
 
Reputasi:






Reply With Quote     #5   Report Post  

Re: Setuju Nggak Kawin Campur?

Kawin campur...??? aduh... knp ya masih terjadi....???

Tp gw sendiri adalah salah satu produk kawin campur, keluarga nyokap pemeluk muslim & keluarga bokap khatolik. Tp akhirnya nyokap masuk khatolik. Sampai skrg hubungan keluarga nyokap & bokap fine2 aja (untungnya keluarga nyokap bs nerima).

Mungkin yang perlu di pertanyakan, bagaimana strategi Gereja untuk menekan angka kawin campur...???

Sebenernya pertanyaan itupun udah ada jawabannya,
Saat (alm) Mgr.Leo Soekoto mencetuskan perkumpulan/wadah MUDIKA (Muda-mudi Khatolik) salah satu misinya yg menarik adalah untuk mengurangi/menghindari adanya kawin campur. Jd gak salah klo kita aktif di MUDIKA dan cari jodoh disana.

Jd, buat org tua yg tdk ingin anaknya kawin campur, sebaiknya arahkan anaknya untuk aktif di MUDIKA.

Dan untuk kaum muda, aktiflah dalam setiap kegiatan MUDIKA.... carilah jodohmu disana....(jgn cari jodoh di mall/tmpt dugem&tmpt2 yg nggak jelas lainnya).



Tuhan memberkati.
fransesco_xavier
fransesco_xavier fransesco_xavier is offline
Home Level

Post: 16
 
Reputasi: 0



loading...



Reply With Quote     #6   Report Post  

Bukan masalah Setuju Ato Nggak Kawin Campur.

Sebenarnya kawin campur ato nggak setiap pasangan yg mo nikah sudah harus tahu konsekuensinya. Hidup berkeluarga itu akan kompleks masalahnya.
Jadi :
1. Bagi yang tidak setuju kawin campur, mengurangi resiko perceraian/masalah dalam keluarga. (Pihak keluarga, orang tua/mertua, famili).
2. Membina keluarga harus dilandasi cinta dan mau "berkorban". Tidak mudah menjalani "kawin campur", namun bukan berarti tidak bisa.
3. Lebih mudah membina keluarga dalam satu iman daripada dua iman,karena iman adalah salah satu landasan hidup berkeluarga, menjadi tuntunan dalam hidup.
4. Jika "terpaksa harus kawin campur", pikirkan seribu kali sebelumnya.
5. "Kawin campur" jika masih dalam satu iman (misal Katolik & Kristen) dimungkinkan walaupun mungkin dalam tata cara akan ada perbedaan.
6. Dukungan dan persetujuan kedua belah pihak keluarga harus ada, jika tidak maka ke depannya akan sulit dan timbul permasalahan.
7. Untuk menghindari/mencegah kawin campur, perbanyak bergaul dengan saudara seiman karena iman akan semakin bertumbuh dalam persatuan. (True friend is two bodies in one soul).
8. Banyak berdoa mohon petunjuk agar dapat jodoh yang seiman.
guest
Guest

Post: n/a
 
Reputasi:






Reply With Quote     #7   Report Post  

Re: Setuju Nggak Kawin Campur?

Betul... menikah satu agama saja sudah rumit dan banyak masalah, apalagi masih ditambah dengan beda agama pula... Hati-hati dan banyak komunikasi untuk menjaga perasaan masing2 dan saling mengerti
rahwana
rahwana rahwana is offline
City Level

Post: 465
 
Reputasi: 3

__________________
Ayom Rahwana
--------------
Tersedia : Internet murah di Sidoarjo dan Solo.
Internet, bukan sekedar murah, tapi berkualitas





Reply With Quote     #8   Report Post  

Re: Setuju Nggak Kawin Campur?

buatku sih tidak masalah, lagian tidak pernah melihat apa agama cewek tsb! buatku agama suatu yg pribadi......
wnks wnks is offline
Continent Level

Post: 4.394
 
Reputasi: 197

__________________
Will Traveller

http://www.mp3fiesta.com/?user=342392





Reply With Quote     #9   Report Post  

Re: Setuju Nggak Kawin Campur?

Mungkin hal yang sering tidak kita perhatikan adalah lingkungan atau orang lain yang ada disekitar kita. Mungkin bagi kita (aku dan pasanganku) tidak ada masalah. Tapi bisa jadi bagi orang tuaku atau orang tua pasanganku menjadi masalah. Atau untuk keluargaku yang lain?
Kita tidak selamanya bisa menganggap remeh 'masalah' pandangan orang lain ini karena bisa jadi suatu kali kita akan mendapat masalah dengan ketidaksetujuan mereka itu. Mungkin suatu kali yang justru menjadi korban adalah anak kita yang mungkin akhirnya menjadi serba sulit.
Saya punya seorang teman yang menikah beda agama. Akhirnya anaknya yang 'pusing'. Di rumah neneknya yang satu diajari berbeda dengan neneknya yang lain, dan keduanya bertentangan satu sama lain. Akhirnya anak menjadi tidak mapan dalam pendidikan agamanya.
rahwana
rahwana rahwana is offline
City Level

Post: 465
 
Reputasi: 3

__________________
Ayom Rahwana
--------------
Tersedia : Internet murah di Sidoarjo dan Solo.
Internet, bukan sekedar murah, tapi berkualitas





Reply With Quote     #10   Report Post  

Re: Setuju Nggak Kawin Campur?

agama menjadi ruwet karena individu yang membuat ruwet.. sampai sekarang (saya tidak menikah tetapi ayah dari dua orang anak dengan ibu yang berbeda) saya menganjurkan anak-anak untuk memilih agma sesuai apa yang dia mau; bukan karena di wariskan.. jadi buats aya bodo amat pandangan orang. saling menghormati juga termasuk dalam memilih dan pilihan agama individu.. cheers
wnks wnks is offline
Continent Level

Post: 4.394
 
Reputasi: 197

__________________
Will Traveller

http://www.mp3fiesta.com/?user=342392
Reply
 


(View-All Members who have read this thread : 0
There are no names to display.
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2022, Jelsoft Enterprises Ltd.