Indonesia Market Asuransi Motor Paling Potensial

Mr.Pedestrian

New member
finance.jpg


Bicara soal bisnis asuransi di Indonesia maka yang ada di dalam pikiran kita adalah sebuah wadah besar yang masih memiliki banyak kapasitas untuk diisi. Yap, pasar asuransi di Indonesia tergolong masih sangat luas, mengingat penetrasi asuransi sendiri di negara ini masih sangat rendah.

Rendahnya penetrasi tersebut bisa digolongkan menjadi dua hal, yang pertama adalah kurangnya literasi, dan yang kedua adalah banyaknya persepsi negatif terhadap asuransi dikarenakan banyaknya penipuan yang dilakukan oleh agent konvensional.

Literasi terhadap asuransi yang kurang menjadikan rendahnya pemahaman asuransi dari masyarakat Indonesia sendiri. Ini menjadikan masyarakat ogah karena yang paling utama ada dipikirannnya adalah pembayaran preminya, bukan manfaat dari asuransinya. Banyak masyarakat yang mengenal asuransi hanya sebatas perlindungan kesehatan dan juga jiwa. Padahal banyak jenis asuransi yang juga dapat melindungi apa yang mereka miliki.

Penipuan yang banyak dilakukan oleh agen konvensional juga berdampak buruk bagi kepercayaan masyarakat terhadap asuransi. Tidak main-main, si agent tersebut dapat meraup uang jutaan bahkan hingga ratusan juta rupiah akibat penipuan yang dilakukannya.

Dari dua masalah di atas maka ini menjadi PR berat bagi para pelaku bisnis asuransi. Padahal, apabila dapat mengambil keuntungan, dua permasalahan tadi adalah peluang besar untuk mengambil keuntungan dalam dunia asuransi.

Salah satu market asuransi yang paling potensial di Indonesia adalah asuransi kendaraan bermotor. Anda tahu berapa jumlah kendaraan bermotor yang lalu lalang melintas di setiap sudut-sudut jalan di Indonesia? Banyak sekali bukan.

Salah satu yang merajai jalanan di Indonesia adalah sepeda motor, sepeda motor adalah mayoritas transportasi yang merajai jalanan di Indonesia. Bagaimana tidak setiap tahunnya pertumbuhan sepeda motor ini meningkat 10 persen. Jika anda masih ragu, silahkan terjun ke jalanan sendiri.

Karena banyaknya pengguna sepeda motor yang belum menyadari keberadaan sepeda motor itulah yang menyebabkan besarnya pasar asuransi motor yang sama sekali belum terekspansi oleh pelaku asuransi di Indonesia. Biasanya mereka hanya bekerja sama dengan perusahaan lising saja, namun setelah cicilan sepeda motor lunas, sepeda motor tersebut sudah tidak memiliki perlindungan.

Padahal dilihat dari harga premi, asuransi motor tidaklah semahal premi asuransi mobil. Bahkan bisa dibilang terjangkau untuk masyarakat kelas menengah. Jadi sangat besar sekali potensi pasar asuransi motor di Indonesia, tinggal bagaimana kita meliterasikan sekaligus memanfaatkan hal-hal tersebut
 
Tidak perlu yang seperti ini gan, asuransi apa ini yang tentu saja tidak perlu. Lebih bagus memang tawakkal saja dengan baik.
 
Back
Top