Buddhis dan vegetarian
 
Go Back   Home > Agama > Buddha

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Buddhis dan vegetarian

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Buddhis dan vegetarian

Satu-satunya Org suci yang menekankan pentingnya vegetarian adalah Sang Buddha. Tapi kok umatnya banyak tidak vegetarian?
donkill donkill is offline
Home Level

Post: 3
 
Reputasi: 0

Loading...
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Buddhis dan vegetarian

Kutip:
Oleh donkill View Post
Satu-satunya Org suci yang menekankan pentingnya vegetarian adalah Sang Buddha. Tapi kok umatnya banyak tidak vegetarian?
ya masing2 orang bos, dan juga gak semua budha vegetarian
servicecell
servicecell servicecell is offline
Home Level

Post: 5
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: Buddhis dan vegetarian

Negara yang ada peraturan lalu lintasnya, masih banyak yang ngelanggar. Gimana kalo ga ada peraturan?Semua melanggar dong.
Menekankan vegetarian pada Budha mengurangi jumlah pemakan daging. Kalau tidak ditekankan, sudah (hampir) pasti makan daging.
Menekankan tidak makan babi, masih banyak yang makan. Gimana kalo ga ditekankan?
Menekankan tidak makan sapi, masih banyak yang makan. Gimana kalo ga ditekankan.
Ada penekanan udah bagus.
ILOVEBUDHA BUT IAM NOT A BUDHIST
princekassad princekassad is offline
Home Level

Post: 12
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: Buddhis dan vegetarian

Negara yang ada peraturan lalu lintasnya, masih banyak yang ngelanggar. Gimana kalo ga ada peraturan?Semua melanggar dong.
Menekankan vegetarian pada Budha mengurangi jumlah pemakan daging. Kalau tidak ditekankan, sudah (hampir) pasti makan daging.
Menekankan tidak makan babi, masih banyak yang makan. Gimana kalo ga ditekankan?
Menekankan tidak makan sapi, masih banyak yang makan. Gimana kalo ga ditekankan.
Ada penekanan udah bagus.
ILOVEBUDHA BUT IAM NOT A BUDHIST
princekassad princekassad is offline
Home Level

Post: 12
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #5   Report Post  

Re: Buddhis dan vegetarian

oia, tapi Budha bukan satusatunya orang suci yang menekankan vegetarian. Banyak koq.
princekassad princekassad is offline
Home Level

Post: 12
 
Reputasi: 0



loading...



Reply With Quote     #6   Report Post  

Re: Buddhis dan vegetarian

namanya juga manusia boss, makanya ada didunia n blm moksa.
gw juga setuju tuh ama prince kalo Budha bukan satu2nya orang suci yang menekankan vegetarian.
wisnu_irawan wisnu_irawan is offline
Home Level

Post: 9
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #7   Report Post  

Re: Buddhis dan vegetarian

Kutip:
Oleh donkill View Post
Satu-satunya Org suci yang menekankan pentingnya vegetarian adalah Sang Buddha. Tapi kok umatnya banyak tidak vegetarian?
Kata siapa? Dan apa dasarnya? Sang Buddha saja tidak vege kok. Sang Buddha tidak pernah menganjurkan umat untuk bervegetarian. Dalam hidupNya Sang Buddha mendapatkan makanan dari dana masyarakat baik kota maupun desa. Beliau tidak pernah meminta kepada pendana untuk menyediakan makanan vegetarian. Beliau hanya menerima apa yang diberikan dengan pandangan mata yang mengarah ke bawah selama menerima makanan.

Sebuah kisah dalam sutta dinyatakan bahwa salah satu siswa Sang Buddha yaitu Devadatta merasa iri dengan Sang Buddha sehingga berusaha untuk memecahbelah sangha (persamuhan para bhikkhu). Devadatta menganjurkan kepada Sang Buddha untuk menetapkan peraturan agar siswanya untuk bervegetarian saja. Tapi Sang Buddha menolak dengan tegas. Sang Buddha kemudian mempersilahkan siswaNya untuk menentukan apa yang mereka butuh untuk dimakan.

Di sini jelas Sang Buddha tidak menekankan pentingnya vegetarian. Mengapa? karena dengan menentukan pilihan makanan maka seseorang akan terjebak dalam kemelekatan terhadap sesuatu dalam hal ini adalah makanan. Kemelekatan inilah yang akhirnya membuat para makhluk hidup lahir dan lahir kembali tanpa henti (rebirth). Oleh karena itu Sang Buddha menolak penetapan suatu keharusan bervege yang akhirnya menimbulkan kemelekatan. Meskipun demikian Sang Buddha menetapkan khusus untuk para Bhikkhu dalam hal menerima makanan berupa daging, selama bhikkhu tersebut tidak melihat, mendengar, dan tidak curiga bahwa daging tersebut didapat dari membunuh dan dperuntukan khusus untuk dirinya maka ia boleh memakannya, tetapi jika ia melihat, mendengar, dan tidak curiga, ia tidak diperkenankan untuk memakannya. Hal ini berkaitan dengan dampak psikologi ketika memakan makanan daging tersebut jika ia sudah melihat, mendengar dan curiga.

"Para Bhikkhu, saya mengijinkan kamu untuk memakan ikan dan daging yang murni dalam tiga hal yaitu : jika
mereka tidak terlihat, terdengar atau dicurigai telah dibunuh untuk Bhikkhu"

"na bhikkave jāna.m udissakata ma.msa.m paribhunjitabba.m. Anujānāmi bhikkave tiko.tiparisuddha.m maccama.msa.m
adi.t.ta.m asuta.m aparisankitan ti [V I 233])" (sorry ini bahasa Palinya tidak keluar)

Kisah diatas dikutip dari Vinaya Pitaka (Mahāvagga, VI, 31-2; the conversion of General Siha)

Makanan yang memenuhi 3 persyaratan diatas dikenal sebagai pavattamasa sedangkan makanan dari hewan yang
dibunuh untuk dipersembahkan kepada seseorang dikenal sebagai uddissakatamasa

Jadi tidaklah penting apa yang dimakan tetapi apa yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Silahkan saja yang mau vege untuk latihan cinta kasih, dan yang tidak juga silahkan karena ada cara lain untuk melatih mengembangkan cinta kasih.
Chaos Chaos is offline
Home Level

Post: 2
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #8   Report Post  

Re: Buddhis dan vegetarian

hai bro n sis g baru mo belajar vege nich tapi bingung coz g kerja n kalo makan khan yg vege susah cari nya ada gak yang tau kateringan vege daerah bekasi barat. Thanks
guest
Guest

Post: n/a
 
Reputasi:






Reply With Quote     #9   Report Post  

Re: Buddhis dan vegetarian

Kutip:
Oleh Chaos View Post
Kata siapa? Dan apa dasarnya? Sang Buddha saja tidak vege kok. Sang Buddha tidak pernah menganjurkan umat untuk bervegetarian. Dalam hidupNya Sang Buddha mendapatkan makanan dari dana masyarakat baik kota maupun desa. Beliau tidak pernah meminta kepada pendana untuk menyediakan makanan vegetarian. Beliau hanya menerima apa yang diberikan dengan pandangan mata yang mengarah ke bawah selama menerima makanan.

Sebuah kisah dalam sutta dinyatakan bahwa salah satu siswa Sang Buddha yaitu Devadatta merasa iri dengan Sang Buddha sehingga berusaha untuk memecahbelah sangha (persamuhan para bhikkhu). Devadatta menganjurkan kepada Sang Buddha untuk menetapkan peraturan agar siswanya untuk bervegetarian saja. Tapi Sang Buddha menolak dengan tegas. Sang Buddha kemudian mempersilahkan siswaNya untuk menentukan apa yang mereka butuh untuk dimakan.

Di sini jelas Sang Buddha tidak menekankan pentingnya vegetarian. Mengapa? karena dengan menentukan pilihan makanan maka seseorang akan terjebak dalam kemelekatan terhadap sesuatu dalam hal ini adalah makanan. Kemelekatan inilah yang akhirnya membuat para makhluk hidup lahir dan lahir kembali tanpa henti (rebirth). Oleh karena itu Sang Buddha menolak penetapan suatu keharusan bervege yang akhirnya menimbulkan kemelekatan. Meskipun demikian Sang Buddha menetapkan khusus untuk para Bhikkhu dalam hal menerima makanan berupa daging, selama bhikkhu tersebut tidak melihat, mendengar, dan tidak curiga bahwa daging tersebut didapat dari membunuh dan dperuntukan khusus untuk dirinya maka ia boleh memakannya, tetapi jika ia melihat, mendengar, dan tidak curiga, ia tidak diperkenankan untuk memakannya. Hal ini berkaitan dengan dampak psikologi ketika memakan makanan daging tersebut jika ia sudah melihat, mendengar dan curiga.

"Para Bhikkhu, saya mengijinkan kamu untuk memakan ikan dan daging yang murni dalam tiga hal yaitu : jika
mereka tidak terlihat, terdengar atau dicurigai telah dibunuh untuk Bhikkhu"

"na bhikkave jāna.m udissakata ma.msa.m paribhunjitabba.m. Anujānāmi bhikkave tiko.tiparisuddha.m maccama.msa.m
adi.t.ta.m asuta.m aparisankitan ti [V I 233])" (sorry ini bahasa Palinya tidak keluar)

Kisah diatas dikutip dari Vinaya Pitaka (Mahāvagga, VI, 31-2; the conversion of General Siha)

Makanan yang memenuhi 3 persyaratan diatas dikenal sebagai pavattamasa sedangkan makanan dari hewan yang
dibunuh untuk dipersembahkan kepada seseorang dikenal sebagai uddissakatamasa

Jadi tidaklah penting apa yang dimakan tetapi apa yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Silahkan saja yang mau vege untuk latihan cinta kasih, dan yang tidak juga silahkan karena ada cara lain untuk melatih mengembangkan cinta kasih.
betul kok.. Sang Buddha gak pernah menekankan umatnya untuk menjalankan vegetarian.
Alasannya udah dijelaskan secara lengkap di atas..:)
Meski begitu ada beberapa aliran yang umatnya menjalankan hidup ala vegetarian, contohnya aliran Maitreya.
s4p0elid1
s4p0elid1 s4p0elid1 is offline
Home Level

Post: 2
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #10   Report Post  

Re: Buddhis dan vegetarian

wah menurutku ini merupakan suatu perdebatan yang menarik, karena di luar negeri antara buddha dan vegetarian masih diperdebatkan... TOP buat yang buat thread ini -> donkill
faradina_k
faradina_k faradina_k is offline
Home Level

Post: 12
 
Reputasi: 0

Reply
 

(View-All Members who have read this thread : 3
Arislogistic, aswin khimsu, riwancack
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2020, Jelsoft Enterprises Ltd.