Apakah bumi dipanaskan dari dalam?

Megha

New member
Lava itu sangat panas, apakah didalam intibumi ada kompornya? memangnya panas bumi itu berasal dari mana?? >:l
 
Sumber panas utama bumi dari matahari kan.....????

Klo lava bagian dari inti bumi, tp bukan jd sumber panas utama bumi........

Bener ga'...???
 
Kalo maksud pertanyaannya panas di permukaan bumi (yang kita terima sehari2) ya jelas berasal dari matahari bro...

Kalo maksud pertanyaannya sumber panas dari Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi itu dari mana, ya jawabnya dari dalam bumi... ada daerah2 tertentu di bumi ini (umumnya di daerah Vulcanic Arc) yang memiliki kandungan reservoar geothermal di bawah permukaannya, memiliki cadangan air "mendidih" yang melimpah yang uapnya dapat digunakan sebagai bahan baku PLTG.

BTW dalem bumi itu sendiri sangat panas lho (meskipun panasnya inti bumi cuma sama dengan panas permukaan matahari...), karena tekanan dan overburden diatasnya serta sebab2 lain. Pernah denger gradien geothermal? Pada Vulcanic Arc Zone, suhu bawah permukaan bumi bertambah 30 derajat Celcius setiap bertambah kedalaman 1 kilometer (coba cek lagi, gw lupa masalah gradien gtm ini...).
 
kira2 ada 3 lapisan,yaitu:
1. Barisfer(inti bumi)
2. Pirosfer (mantel)
3. Litosfer (kulit bumi)

kalau kurang jelas post balasan ya
 
bumi waktu pertama kali terbentuk berupa sekumpulan batu2an dan debu yg berputar karena adanya perbedaan tekanan udara,, trus akhirnya karena byknya debu n batu yg saling menempel akhirnya terbentuk juga bumi.. dengan simpanan "cairan panas" di dalam intinya.. (batu2an n debu itu melebur n terbentuklah lava)

pada awalnya, blum ada gunung2, sungai, dll.. karena lava dalam perut bumi terus bergejolak,, maka BOOOOM! meletus deh di beberapa bagian bumi.. dan dari sini lah awal terbentuknya gunung berapi..

*kalo ada yg salah dibetulin yah! gw bukan ahli geologi soalnya...*
 
Back
Top