Kenapa Ular menjulurkan lidahnya???

Lovelytha

New member
Kadang binatang ini berkesan meledek hewan atau makluk bergerak disekitarnya. Sebenarnya apa sih yang dia lakukan??
 
mata ular nggak begitu tajam, makannya dia "melihat" sekitarnya dengan cara merasakan perubahaan gelombang dan getaran dengan lidahnya. Makannya ular itu melet-melet terus, itu tandanya dia lagi ngeliat sekitarnya seperti apa, ada makhluk hidup apa aja, dan membedakan mana yang membahayakan buat dirinya dan mana yang bisa dia santap buat makan malem.
 
emang bagaimana sih cara kerja lidahnya itu?? kok bisa yah dia mendeteksi aroma hanya dari lidahnya??
 
emang bagaimana sih cara kerja lidahnya itu?? kok bisa yah dia mendeteksi aroma hanya dari lidahnya??
indra perasa lidah ular kan kuat banget, jauh lebih kuat dari perasa manusia, itu memang salah satu indra utamanya

ular bisa mati kalau lidahnya kena garam, karena terlalu kuat rasanya buat mereka, karena itu kalau orang kemping suka tebarin garam :D
 
araara.gif
Kalo ditanya kayak gitu kenapa yah??? mungkin karena ular memiliki pernapasan yang sangat lamban, jadinya dia gak bisa menghirup udara yang cukup cepat untuk mengikuti bau mangsanya.. Tapi dengan kekurangan itu dia mengembangkan organ tambahan yang dalam bahasa biologi disebut dengan Jacobson, yaitu sejenis dengan pendeteksi bau. (siapa tuh yang bau??) :D



fyi.gif
Karena Organ Jacobson itu berada jauh didalam mulut, ular harus menjulur-julurkan lidahnya untuk mengambil bau yang telah ditinggalkan oleh mangsanya diudara dan ditanah.

Lidah itu kemudian ditarik dan menyampaikan pesan ke jacobson. Karena lidahnya dijulurkan kedalam dan keluar dengan cepat, dengan cepat pula ular dapat mengenali arah dan mengenali bau binatang yang jalannya sangat cepat sekalipun..
gg.gif



haha.gif
Hahaha... bagaimana??? aku gak Oon... Oon... banget kan? <3D
 
Back
Top