Musik Klasik: Manfaat Unik Terhadap Kesehatan

pentolan

New member
foto1-baby.jpg

Musik klasik dapat menenangkan bayi yang lahir prematur. Sewaktu mendengarkan musik klasik, dapat diamati ekspresi wajahnya yang tidak lagi terlihat mendarita serta detak jantungnya berjalan normal.

?Langit memiliki 5 nada, manusia memiliki 5 organ dalam, langit memiliki 6 L? (Salah satu ketentuan tentang tinggi rendah nada pada zaman Tiongkok kuno), manusia memiliki 6 Fu (teori ilmu kedokteran Tiongkok, sebutan untuk kelompok organ: lambung, empedu, usus besar, usus kecil, kandung kemih, dan sanjiao (istilah ilmu kedokteran tiongkok kuno tentang organ tubuh manusia). Inilah yang membuat manusia dapat berpadanan dengan langit dan bumi?, Tiongkok sebagai salah satu tempat muasal terapi musik, para leluhur semenjak dahulu kala sudah menyelami keteraturan alam semesta dan rahasia bioritmenya.(Erabaru.or.id).

Konsepsi menggunakan musik untuk terapi penyembuhan penyakit di dalam sejarah Tiongkok sudah sejak lama bisa dilacak jejaknya, seperti patitur: ?Pemusik, dapat menggetarkan saluran darah, menyirami jiwa dan meluruskan hati?; ?Suara dalam organ Limpa berwujud lagu?, dan ?Menghilangkan rasa gundah tidak lain adalah dengan musik?; ?Pengobatan yang baik, dibantu dengan seruling Sheng Di"(alat musik kuno berupa rangkaian 13 tabung bambu yang panjangnya bervariasi); ?Penyakit dari 7 perasaan, melihat bunga dapat menghilangkan kejenuhan, musik dapat mehilangkan kerisauan, lebih efektif daripada pengguna obat?.

Ilmu pengetahuan barat meneliti hubungan antar aneka musik yang berbeda dengan hubungan kesehatan adalah kejadian yang belum lama berselang. Ilmuwan sudah mendapati bahwa musik klasik adalah obat mujarab bagi penyembuhan badan dan kepedihan jiwa, dapat meningkatkan kebijakan jiwa. (Music Therapy,MT) Terapi musik sejak 40 tahun lebih ini dipergunakan di berbagai lingkup pengobatan klinis。Berbagai penelitian menunjukkan perbedaan antara musik klasik dengan musik modern bagi kesehatan jiwa dan raga.
 
Back
Top