Apakah Anda Suka Berzikir?
 
Go Back   Home > Agama > Islam

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Apakah Anda Suka Berzikir?

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[Doa/Dzikir] Apakah Anda Suka Berzikir?

Jika Anda suka berzikir, maka Majelis Dzikir adalah tempat yang tepat untuk Anda. Adakah pengajaran yang diberikan di Majelis Dzikir?

Kata "zikir" tidak saja memiliki makna mengingat dengan menyebut asma Allah, juga harus dilakukan penyebutannya melalui proses pengajaran yang dibimbing oleh ahlinya, yaitu ahli zikir. "Kami tiada mengutus rasul-rasul sebelum kamu (Muhammad), melainkan beberapa orang laki-laki yang Kami beri wahyu kepada mereka, maka tanyakanlah olehmu kepada ahli zikir (orang-orang yang diberi ilmu oleh Allah), jika kamu tiada mengetahui" (QS. Al-Anbiyaa': 7).

Ada 3 (tiga) Pengajaran yang diberikan di Majelis Dzikir (khusus di Majelis Dzikir Tawashow):

1. Pengajaran Al-Quran (yang menuntun tata cara berzikir di dalam hati), sekaligus penyucian jiwa dengan membacakan ayat-ayat pilihan;
2. Pengajaran Al-Hikmah (yang mengantarkan kepada kebenaran isi Al-Quran), sekaligus pembuktian akan kemahakuasaan Allah atas segala sesuatu;
3. Pengajaran dari apa yang belum diketahui oleh para salik (murid) yang, tentu saja, sangat banyak tak dapat terjangkau oleh akal manusia.

Semua ini telah diterangkan oleh Allah Yang Maha Mulia lagi Maha Bijaksana, bahwa Rasulullah saw juga mengajarkan hal demikian. "Sebagaimana (Kami telah menyempurnakan nikmat Kami kepadamu) Kami telah mengutus kepadamu Rasul di antara kamu yang membacakan ayat-ayat Kami kepada kamu dan menyucikan kamu dan mengajarkan kepadamu Al-Kitab (Al-Quran) dan Al-Hikmah (As-Sunnah), serta mengajarkan kepada kamu apa yang belum kamu ketahui" (QS. Al-Baqarah: 151)
ahmady
ahmady ahmady is offline
City Level

Post: 111
 
Loading...
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Apakah Anda Suka Berzikir?

saya suka broo,
kalau sedikti berzikir, pikiran kemana mana, cepet galau , mudah ngerasa nggak tenang,, jadinya kerja juga kurang efisien,, tapi kalau banyak berzikir, masalah demi msalah mudah jalan keluarnya, tapi ya itu kalau sudah banyak zikir , ganti ujub yang menggoda,,
ibamfx
ibamfx ibamfx is offline
National Level

Post: 754
 
Reputasi: 17






Reply With Quote     #3   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Apakah Anda Suka Berzikir?

Hallo broo,

Anda benar. Hanya saja, perhatian Anda dalam berzikir kurang. Sepatutnya Anda harus lebih memperhatikan zikir di dalam hati, bukan di lisan. Apakah ketika Anda berdiri, duduk dan berbaring.

'Ujub adalah penyakit hati. Sedangkan berzikir dapat menenangkan hati. Maka, sejalan dengan yang dikehendaki Allah, berzikir itu dapat meningkatkan keimanan, bukan melahirkan 'ujub.

Berzikir di dalam hati sama dengan berzikir membersihkan hati dari penyakit (hati). Antarkan, karena itu, pertama-tama dengan beristigfar di dalam hati. Insya Allah, tahap demi tahap akan membersihkan berbagai penyakit hati. Begitu broo.

Salam,

Ahmad
http://www.madzikta.id/
ahmady
ahmady ahmady is offline
City Level

Post: 111
 
loading...
Reply
 

(View-All Members who have read this thread : 4
ahmady, alifa.jahra, ibamfx, msyahrul
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2020, Jelsoft Enterprises Ltd.