Apa itu teks eksposisi

kultwi

New member
A. PENGERTIAN

Teks eksposisi adalah teks yang mengungkap inspirasi, peras-aan, serta pendapat seorang yang sejauh ini ditutupi, terlindung atau tersembunyi.

B. JENIS TEKS EKSPOSISI

TEKS EKSPOSISI ANALITIK

yakni teks eksposisi yang mempunyai tujuan untuk mengungkap suatu hal yang penting serta mengajak pembaca untuk memahami persoalan itu.

Struktur :


pernyataan pendapat (tesis)
alasan 1, 2, 3, dst
simpulan (reiterasi)
TEKS EKSPOSISI HORTATORIK

yakni teks eksposisi yang mempunyai tujuan untuk menuturkan serta mem-pengaruhi pembaca kalau suatu hal persoalan semestinya disele-saikan lewat cara demikian atau tak demikian, atau suatu hal mesti atau tak mesti dikerjakan.

Struktur :

Pernyataan pendapat (tesis)
Alasan 1, 2, 3, dst
Saran (referensi)
C. POLA PENGEMBANGAN

PARAGRAF EKSPOSISI DEFINISI

Ozone terapi yaitu penyembuhan satu penyakit lewat cara memasukkan oksigen, urni serta ozon berenergi tinggi kedalam badan lewat darah. Ozone terapi adalah therapy yang begitu berman-faat untuk kesehatan, baik untuk mengobati penyakit yang kita de-rita ataupun sebagai pencegah penyakit.

PARAGRAF EKSPOSISI KLASIFIKASI

Pemerintah bakal memberi pertolongan pembangunan tempat tinggal atau bangunan pada korban gempa. Pertolongan pembangunan tempat tinggal atau bangunan itu sesuai dengan tingkat rusaknyanya. Warga yang tempat tinggalnya rusak enteng memperoleh pertolongan sekitaran 10 juta. Warga yang tempat tinggalnya rusak tengah memperoleh pertolongan sekitaran 20 juta. Warga yang tempat tinggalnya rusak berat memperoleh pertolongan sekitaran 30 juta. Calon penerima pertolongan itu ditetapkan oleh aparat desa setem-pat dengan pengawasan dari pihak LSM.

PARAGRAF EKSPOSISI PROSES

Hingga hari ke-8, pertolongan untuk beberapa korban gempa Yogyakar-ta belum rata. Hal semacam ini tampak di banyak wilayah Bantul serta Jetis. Umpamanya, di Desa Piyungan. Hingga sekarang ini, warga Desa Piyungan cuma makan singkong. Mereka mengambilnya dari sebagian kebun warga. Bila ada warga yang makan nasi, itu yaitu beberapa bekas beras yang mereka kumpulkan dibalik reruntuhan bangunan. Keadaan seperti ini tunjukkan kalau pertolongan pemerintah kurang rata.

PARAGRAF EKSPOSISI ILUSTRASI

Pernahkan Anda hadapi kondisi spesifik dengan perasaan takut? Bagaimana caranya mengatasinya? Berikut ini ada lima jurus untuk menangani rasa takut itu. Pertama, persipakan diri Anda sebaik-baiknya apabila hadapi kondisi atau situasi spesifik ; ke-2, tekuni sebaik-baiknya apabila hadapi kondisi itu ; ketiga, pupuk serta binalah rasa yakin diri ; ke empat, sesudah muncul rasa yakin diri, pertebal kepercayaan Anda ; ke lima, untuk memberi rasa yakin diri, kita mesti memberi kecakapan atau ketrampilan lewat latihan atau belajar sungguh – sungguh.

PARAGRAF EKSPOSISI PERBANDINGAN/PERTENTANGAN

Pasca gempa dengan kemampuan 5, 9 taraf richter, beberapa Yogyakarta serta Jawa Tengah luluh lantak. Kondisi ini mengundang perhatian beragam pihak. Pertolongan juga berdatangan dari dalam serta luar negeri. Pertolongan berupa makanan, obat-obatan, serta baju dipusatkan di sebagian tempat. Hal semacam ini ditujukan supaya pendistribu-sian pertolongan itu lebih cepat. Tenaga medis dari beberapa daerah lain juga berdatangan. Mereka memberi pertolongan di sebagian ru-mah sakit serta tenda – tenda darurat.

PARAGRAF EKSPOSISI LAPORAN

Sesungguhnya, tidak cuma ITS yang tawarkan tempat tinggal instan sehat untuk Aceh atau di kenal dengan Rumah ITS untuk Aceh (RI-A).

Pusat Riset serta Pengembangan Permukiman Departemen Peker-jaan Umum juga tawarkan “Risha” dengan kata lain Tempat tinggal Instan Simpel Sehat. Jenisnya nyaris sama, mudah dibongkar-pasang, bahkan juga motonya “Pagi Pesan, Sore Huni”. Bedanya, system susunan serta kon-struksi Risha sangat mungkin tempat tinggal ini berupa panggung. Harga Risha sedikit lebih mahal, Rp 20 juta untuk type 36. walau demikian, usianya bisa meraih 50 th. lantaran komponen susunan menggunakan beton bertulang, diperkuat pelat baja dibagian sambungannya. Kekuatannya pada gempa juga sudah diuji di laboratorium hingga zonasi enam.Contoh teks eksposisi
 
Back
Top