Bagaimana Cara Berdoa yang Benar Agar Diijabah

Prasetyo1453

New member
Cara Berdoa yang Benar - Berdoa adalah salah satu bentuk ibadah, karena dalam doa tersimpul sebuah pengakuan dari seorang hamba yang tak berdaya, makhluk yang hina dihadapan Yang Maha Kuasa Allah.

Tiap doa akan dikabulkan oleh Allah subhanahu wata'ala, namun agar cepat dikabulkan lebih baik yang berdoa juga senantiasa memperhatikan adab atau tata krama tata cara dalam berdoa agar cepat diijabah dikabulkan Allah Ta'ala.

Di bawah ini beberapa metode adab dan cara berdoa yang benar agar cepat dikabulkan oleh Allah Ta'ala seperti yang doilansir dalam Al Qur' an dan As Sunnah antara lain adalah sebagai berikut:

1. Makan Dari Makanan Yang Halal Serta Mengenakan Pakaian Yang Halal

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, bahwasanya Rasulullah Shalallahu 'alaihi wassalam menyebutkan, "Seorang lelaki yang lusuh lagi kumal karena lama bepergian mengangkat tangan ke langit tinggi-tinggi dan berdoa, 'Ya Rabbi, ya Rabbi' sementara makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, dan dagingnya tumbuh dari yang haram, maka bagaimanakah doanya bisa terkabulkan?" (HR. Muslim).

Untuk itulah kita yang senantiasa berharap doa-doa kita selalu didengar dan diijabah serta dikabulkan oleh Allah maka syarat agar doa diijabah antara lain yaitu dengan menjaga diri dari makanan, minuman, pakaian haram serta menjauhi perbuatan yang tak disukai Allah Ta'ala.

2. Berdoa Pada Waktu-Waktu Mustajab

Ada beberapa waktu yang sangat disarankan untuk berdoa agar doa kita diijabah oleh Allah antara lain adalah:

( 1) Setiap sepertiga malam terakhir. (2) Saat sujud. Rasulullah saw. bersabda: "Dan adapun ketika sujud, maka bersungguh-sungguhlah kalian berdoa, niscaya akan diijabahi doa kalian."

( 3) Ketika adzan. (4) Antara adzan dan iqamat. Rasulullah saw. bersabda: "Ketika seorang muadzin mengumandangkan adzan, maka pintu-pintu langit dibuka, dan doa diistijabah."

3. Berdoa Menghadap Kiblat Dan Mengangkat Kedua Tangan Saat Berdoa.

Hendaklah mengarah kiblat ketika berdoa dan mengangkat tangan hingga terlihat warna putih kedua ketiaknya. Hal ini berdasarkan pada hadist yang diriwayatkan dari Anas bahwa Nabi mengangkat kedua tangannya sehingga terlihat warna putih kedua ketiaknya tatkala berdoa dan tidak memberikan isyarat dengan jari jemarinya."

4. Percaya Doanya Akan Dikabulkan Dan Benar Pengharapan Doanya

Berkeyakinan kuat akan dikabulkan doanya serta benar didalam pengharapannya. Sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam," Berdoalah kepada Allah dan anda meyakini akan pengabulannya. Ketahuilah bahwa Allah azza wa jalla tidaklah mengabulkan doa dari hati yang lalai." (HR. Ahmad, Thabrani).

5 Mengulangi Doa Tiga Kali.

Ibnu Mas' ud mengatakan bahwa Nabi saw apabila berdoa maka dia berdoa hingga tiga kali dan apabila dia meminta maka dia meminta hingga tiga kali." (HR. Muslim).

6. Hendaklah Mengawali Doanya Dengan Dzikrullah (menyebut nama Allah).

Dan juga tidak langsung dengan meminta. Sabda Rasulullah saw," Apabila kalian meminta kepada Allah azza wa jalla suatu keperluan maka mulailah dengan shalawat atasku ... (HR. Abu Thalib al Makkiy).
 
yang paling penting itu, si pendoa harus menjalankan sholat dengan benar dan kontinu dan tetap berikhtiar/usaha
 
...

- n1 -
eh, maap! gak lihat ternyata diforum khusus islam. kirain di forum umum agama.
tak edit! anggep wae aku gak posting.
 
Last edited:
Back
Top