Manfaat Minyak Jarak Bagi Kesehatan Tubuh

agusnglurah

New member
Minyak jarak diekstrak dari biji tanaman jarak. Minyak jarak warnanya kuning sangat pucat serta memiliki bau yang tidak menyenangkan. Minyak jarak kadang disebut dengan Castor Oil.

Sejak dahulu castor oil secara tradisional telah dimanfaatkan untuk mengatasi masalah pada rambut dan kulit. Di age ini, industri kosmetik menggunakan minyak jarak untuk bahan utama dalam berbagai produk perawatan kecantikan.

berbagai khasiat kecantikan tersebut bisa dikaitkan dengan kandungan asam risinoleatnya yang cukup besar. Asam lemak omega-9 tak jenuh, asam risinoleat dan asam hidroksil, mempunyai sifat anti-inflamasi dan antibakteri.

Minyak jarak juga tinggi akan vitamin E, healthy protein, mineral dan nutrisi lainnya yang baik bagi kesehatan rambut dan kulit. Berikut ini 10 manfaat minyak jarak untuk kesehatan kulit dan rambut.
Manfaat Minyak Jarak untuk Kesehatan Rambut dan Kulit

1. Melembabkan Kulit yang Kering

Minyak castor berguna sebagai pelembab yang bagus untuk kulit kering. Seperti menembus jauh hingga ke dalam kulit, minyak jarak efektif untuk pengobatan kulit kering, bercak, dan kulit bersisik.

Tingginya konsentrasi asam lemak juga mempromosikan kulit yang sehat dan bercahaya dan membantu dengan kondisi kulit seperti dermatitis, yang dapat menyebabkan kasar dan kulit kering.

2. Mengurangi Kulit Keriput

Kandungan Emolien alami di minyak jarak bisa mengurangi munculnya kerutan di kulit dan garis-garis halus tanda penuaan. minyak jarak mudah menembus lapisan kulit, dan tidak akan menyumbat pori-pori.

Bahkan, bisa mencapai jauh ke dalam kulit. Minyak jarak juga bisa mengurangi munculnya flek hitam dan bekas luka di kulit.

3. Menebalkan Rambut

Selain untuk kesehatan kulit, minyak jarak juga bagus untuk rambut Anda. Minyak ini membantu merawat rambut dan menebalkan tiap helai rambut untuk sehingga memberikan rambut yang indah dan mengkilap, serta rambut lebih tebal.

Asam risinoleat di minyak jarak dapat menyelaraskan tingkat keasaman kulit kepala. Hal ini akan membantu memperkecil risiko ketombe.

4. Mempertebal Bulu Mata dan Alis

Jika Anda ingin alis tebal dan bulu mata tebal, minyak jarak bisa memberikan solusi. Minyak castor dapat merangsang folikel dan bergizi sehingga bisa membantu menebalkan rambut alis serta bulu mata. Juga mempunyai kandungan asam lemak, vitamin dan protein yang bisa menyehatkan folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Sedangkan cara menebalkan bulu mata, oleskan secara perlahan minyak jarak pada bulu mata Anda. Lakukan tiap malam menjelang tidur. lanjutkan untuk beberapa minggu agar hasilnya maksimal.

5. Membantu Mencegah Guratan pada Kulit

Bila digunakan selama kehamilan, castor oil bisa mencegah terbentuknya stretch mark. Pada dasarnya, minyak castor bekerja sebagai humektan, mempertahankan kelembaban kulit dan menjaga elastisitasnya.

Disamping itu, kandungan asam lemak di dalamnya memaksimalkan kemampuan kulit untuk meremajakan jaringan untuk meningkatkan kekuatan kulit dan teksturnya.

6. Melunakkan Kapalan

Minyak ini merupakan pelembab yang bagus yang membantu menghilangkan kapalan dengan memperlembut kulit kering dan kasar. Jika diterapkan pada daerah yang terkena, castor oil bisa membantu mengambalikan kelembaban kulit dan meningkatkan kelembutan.

7. Minyak Castor untuk Kuku Rapuh

castor oil juga efektif untuk mengatasi kuku yang rapuh dan pecah-pecah. Berbagai vitamin dan mineral dalam castor oil mempromosikan pertumbuhan kuku dan membuat mereka kuat. Plus, sifat antijamur mengurangi resiko infeksi jamur.

8. Menyembuhkan Bibir Pecah-pecah

Minyak jarak sangat bermanfaat untuk bibir gelap dan pecah-pecah. Properti pelembab dalam castor oil dapat melembabkan bibir. Sehingga ini dapat menyembuhkan serta mencegah pecah-pecah pada bibir.

9. Mengurangi Rambut Bercabang

Deep conditioning adalah suatu keharusan bila ingin mengurangi rambut bercabang. Hal ini dapat mengembalikan kelembaban dan menyehatkan rambut Anda. Minyak jarak merupakan pilihan yang tepat untuk deep conditioning tersebut.

10. Menenangkan sunburn

Sifat menenangkan dan anti-inflamasi minyak jarak yang bermanfaat untuk mengobati sunburn. Asam risinoleat di dalamnya akan melindungi setiap lecet yang diakibatkan sengatan matahari. Kandungan asam lemak omega 3 di dalamnya bisa menjaga kulit terhidrasi serta merangsang pertumbuhan jaringan yang sehat.

Demikian berbagai khasiat minyak kastor untuk kesehatan kulit dan rambut. Anda bisa mendapatkan minyak kastor di apotek terdekat atau toko online dan tempat-tempat jual minyak jarak yang Anda ketahui.

Semoga bermanfaat.
 
Back
Top