Bis unik solusi mengurangi kemacetan

vanilayama

New member
china-bus03.jpg


Pengembang Cina baru saja menyelesaikan prototipe dari bis yang sebelumnya pernah kita lihat desainnya beberapa tahun yang lalu dan kini sudah menjadi kenyataan. Bus ini secara resmi berjudul Transit Elevated Bus menjadi batu loncatan yang luar biasa dalam desain gila yang realistis, karena bagian bawahnya ini dapat dilalui kendaraan lain.

Bis listrik futuristik ini dirancang untuk mengatasi kemacetan lalu lintas dan mengurangi polusi udara. Setiap bis nya dirancang untuk bisa menampung 300 penumpang sekali jalan dan yang bagian uniknya adalah dibagian bawah bis nya dapat dilewati kendaraan 2 jalur, sehingga satu jalan dapat dipakai bersamaan tanpa saling tumpang tindih.

china-bus.jpg


Transit Elevated Bus (TEB) berukuran 22 meter, lebar 7,8 meter dan tinggi 4,8 meter ini dapat dibuhungkan 4 TEB secara bersamaan sehingga dapat membawa 1200 penumpang dengan kecepatan 60 km/jam. Mirip dengan kereta bawah Cina, bis ini dilengkapi dengan LCD TV.

Uji coba pertama dilakukan di kota utara timur Qinhuangdao dengan panjang jalur 300 meter. Meski baru dalam tahap uji coba, namun menjadi langkah pertama yang menjanjikan sebagai transportasi umum masa depan.

Transit Elevated bus, bis unik dari cina
 
Back
Top