10 Tips Dapetin Tiket Pesawat Lebih Hemat

aisiyu

New member
Faktor utama untuk mendapatkan tiket pesawat murah promo ada di fleksibilitas waktu Anda bepergian. Jadi jika waktu Anda bepergian hanya pas weekend atau musim liburan maka akan sulit mendapatkan harga tiket pesawat yang murah. Namun tidak ada salahnya Anda mencoba sejumlah tips mendapatkan tiket pesawat promo seperti diuraikan di bawah ini.


1. Pilih Hari Terbaik untuk Melakukan Perjalanan

Jika Anda tidak terikat waktu maka tentukanlah hari paling baik untuk terbang tentunya dengan mempertimbangkan efisiensi harga tiket. Umumnya hari terbaik untuk melakukan perjalanan adalah hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Sementara keberangkatan hari Jumat atau Minggu biasanya akan lebih mahal.

2. Perhatikan Waktu Terbaik untuk Membeli Tiket Pesawat

Sebenarnya tidak ada aturan yang baku kapan sebaiknya membeli tiket pesawat untuk mendapatkan harga yang termurah. Namun biasanya saat musim liburan atau akhir pekan maka jumlah penumpang pesawat akan melonjak sehingga harga tiket pun menjadi lebih mahal. Untuk penerbangan domestik di Indonesia, supaya bisa mendapatkan tiket pesawat termurah biasanya sekitar tujuh minggu sebelum keberangkatan. Pemesanan tiket diantara 14 hari menjelang keberangkatan atau lima bulan sebelum keberangkatan biasanya agak mahal.

3. Belilah Tiket Pesawat Pulang Pergi

Sewaktu-waktu, membeli tiket pesawat PP ternyata bisa jauh lebih murah daripada membeli tiket sekali jalan. Selain karena konversi mata uang, ongkos pemrosesan yang double adalah faktor yang menyebabkan harga menjadi lebih mahal.


4. Sesuaikan Jam Keberangkatan

Selain hari baik, jam keberangkatan pada hari H juga harus ikut dipertimbangkan untuk bisa mendapatkan harga tiket pesawat termurah. Pilihlah jam-jam yang kurang populer untuk terbang seperti jam paling pagi atau penerbangan terakhir di malam hari. Sekali lagi ini jika Anda tidak terikat dengan waktu.


5. Cari Info Tiket Pesawat Promo di Internet dan Media Cetak

Rajin-rajinlah membaca media online dan media cetak untuk mendapatkan informasi atau penawaran harga tiket promo pesawat. Jika maskapai favorit Anda Sriwijaya Air, maka Anda bisa aktif di fanpage Sriwijaya yang ada di Facebook atau social media lainnya. Koran atau surat kabar atau media Indonesia juga terkadang mengiklankan tiket promo dari pihak maskapai.


6. Rutin Cek Website Resmi Milik Maskapai

Rajin-rajinlah mengecek website resmi milik maskapai penerbangan dan bila perlu berlangganan newsletter mereka serta mendownload aplikasi yang disediakan pihak maskapai ke smartphone Anda sehingga Anda yang akan pertama mendapatkan informasi promo terupdate melalui email ataupun via aplikasi pihak maskapai tersebut.

7. Berkunjung ke Pameran Wisata

Jika punya banyak waktu coba datangi acara atau event atau pameran yang berhubungan dengan wisata di daerah Anda karena biasanya pihak maskapai penerbangan yang join di event tersebut akan memberikan promo tiket pesawat murah dan diskon menarik untuk para pengunjung pameran yang tertarik untuk melakukan perjalanan.

8. Lakukan Pencarian Jauh-jauh Hari Sebelumnya

Harga tiket pesawat itu berubah-ubah tergantung jumlah penumpang dan ketersediaan tiket. Pihak maskapai biasanya membuka penjualan hingga 11 bulan sebelum keberangkatan. Jika Anda sudah memiliki destinasi tujuan maka mulailah bergerilya melakukan pencarian dan perbandingan harga ke semua pihak yang menjual tiket pesawat bisa melalui biro perjalanan wisata atau pihak maskapai langsung. Lakukan pencarian minimal seminggu sekali untuk mempelajari perubahan harga tiket. Setelah menemukan harga yang kira-kira cocok segera booking dan beli.


9. Aktif Mengikuti Kuis atau Kontes

Seringkali di internet bertebaran kuis atau kontes yang digelar pihak maskapai, Online Travel Agent atau perusahaan yang bergerak di bidang usaha wisata lainnya. Anda bisa berpartisipasi dalam kuis atau kontes tersebut karena jika sedang beruntung Anda bisa memenangkan tiket gratis pulang pergi destinasi tertentu atau mendapatkan voucher diskon untuk pembelian tiket pesawat.

10. Apply Kartu Kredit yang Bekerjasama dengan Pihak Maskapai

Jika Anda memiliki rencana membuat kartu kredit maka pertimbangkanlah membuat kartu kredit di bank yang berafiliasi dengan banyak maskapai penerbangan Indonesia sehingga jika sewaktu-waktu ada promo untuk pemegang kartu kredit, Anda bisa menggunakannya untuk melakukan pembayaran. Tentu hal ini sangat menguntungkan karena selain harga tiket sudah promo dan mendapatkan poin reward lebih, pembayaran tiket pesawat terkadang bisa juga dicicil hingga bulanan.

Jangan lupa juga membandingkan biaya tambahan tersembunyi seperti untuk bagasi dan pajak karena tidak semua maskapai memiliki penetapan harga yang sama.
 
Back
Top