Wisata Candi Prambanan Yogyakarta

SimplyLand

New member
candi-prambanan.png


Hai sahabat Guesthouse.co.id. Pada kesempatan kali ini Guesthouse.co.id akan berbagi artikel mengenai Wisata Candi Prambanan Yogyakarta. Sahabat pastinya sudah tahukan Candi Prambanan ?. Jika belum tahu, mari baca selanjutnya.

Candi Prambanan adalah salah satu kompleks candi yang terkenal di Indonesia dan ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia pada tahun 1991 selain Candi Borobudur. Candi prambanan merupakan kompleks candi umat Hindu.

Candi prambanan ini masuk kedalam wilayah provinsi jawa tengah, namun banyak orang yang mengenal candi prambanan ini berada di jogja. Ya memang jika kita berangkat dari jogja, jarak tempuhnya tidak terlalu jauh. Dan kita dapat menggunakan kendaraan umum seperti Trans Jogja.

Kompleks candi prambanan ini memiliki seribu candi karena adanya cerita rakyat Roro Jonggrang, namun sebenarnya hanya ada sekitar 240 candi di kompleks tempat wisata ini. Tempat wisata ini menghadap timur, tetapi terdapat empat pintu masuk di masing-masing mata angin. Gerbang utama candi ini adalah yang berada di sebelah timur.

Candi Dewa Siwa (induk) kompleks ini memiliki tinggi 47 meter, yang diapik oleh dua candi yaitu candi Dewa Wisnu dan Dewa Brahma untuk tingginya kurang lebih 33 meter. Candi ketiga dewa ini disebut dengan Candi Trimurti. Di dalam Candi Trimurti terdapat arca masing-masing dewa. Di depan ketiga candi dewa terdapat tiga Candi Wahana yang mewakili kendaraan masing-masing dewa. Wahana Nandi untuk Dewa Siwa, Angsa untuk Dewa Wishnu dan Garuda untuk Dewa Brahma.

Kegiatan yang Dapat Dilakukan Di Kompleks Candi Prambanan

Mengenal Seni Sastra dan Cerita Hindu

Jika anda berwisata ke Candi Prambanan, anda akan menemuka relief yang menceritakan tentang Ramayana dan Krishnayana. Tentunya bukanlah hal yang tabu bagi orang indonesia, cerita ramayana sudah sangat terkenal.

Bila anda kesulitan untuk membaca relief-relief tersebut, anda dapat menggunakan jasa pemandu (guide). Anda juga dapat pergi ke museum untuk mengetahui cerita-cerita sejarah candi prambanan.

Foto-foto

Bagi anda yang hobi hunting foto, lokasi candi prambanan ini sangatlah baik untuk pengambilan foto. Dengan angel yang pas, akan membuat foto semakin menarik. Namun bila anda tidak mahir dalam menggunakan kamera, anda dapat menggunakan jasa kamera yang terdapat disekitar lokasi.

Mengelilingi Kompleks Candi

Anda juga dapat mengeliling kompleks candi dan melihat ukiran-ukiran yang dibuat oleh manusia sebelum terdapat teknologi.

Suvernir

Jika berwisata sudah pasti orang akan berburu souvenir. Tenang, di dalam kompleks candi prambanan terdapat lokasi yang khusu untuk menjual suvenir.

Penginapan Murah | Wisata Candi Prambanan | Penginapan Murah Jogja
 
ak biasa nginap di Pondok Tingal kl ke prambanan. Murah meriah krn ada kamar khusus untuk backpackers
 
Tiket masuknya mahallll wis-lok 25rb/orang ... bejubel lagi! mau selfi sulit.
Masuk taman-mini yg segitu luas cuma 10rb. Bisa joget2 jungkir-balik gak nyenggol pantat orang.
 
Back
Top