Piala AFF: Seri 2-2, Indonesia Tersingkir

Adamsuhada

New member
Indonesia akhirnya harus tersingkir dari pentas Piala AFF. Hasil imbang 2-2 dengan juara bertahan Singapura tak cukup bagi Indonesia untuk lolos ke semifinal.

Hanya mampu bermain imbang membuat Indonesia, Singapura dan Vietnam sama-sama mengumpulkan poin 5, karena di saat yang sama Vietnam mencukur Laos 6-0. Namun selisih gol Indonesia kalah jauh dari Singapura (13-2), Vietnam (7-1), sedangkan Indonesia (6-4).
Hasil tersebut membuat Singapura melaju ke semifinal sebagai juara Grup B, ditemani Vietnam sebagai runner-up. Di semifinal Singapura akan menghadapi runner-up grup A Malaysia, sedangkan Vietnam akan bertemu dengan Thailand.

Pada laga di National Stadium, Rabu (17/1/2007), Singapura mampu mendominasi jalannya pertandingan. Skuad besutan Radojko Avramovic kerap mampu membahayakan pertahanan Indonesia.

Di menit ke-9, Indonesia tertinggal lebih dahulu 0-1. Kiper Indonesia Hendro Kartiko yang keluar dari gawangnya menjatuhkan Indra Sahdan Daud yang sedang menggiring bola.

Wasit akhirnya menunjuk titik putih dan menghadiahkan kartu kuning kepada Hendro. Noh Alam Syah yang menjadi eksekutor akhirnya melakukan tugasnya dengan baik setelah tembakannya berhasil mengecoh Hendro.

Tertinggal 0-1, Indonesia mencoba bangkit, lewat pemain sayap kanannya, Atep. Namun kurangnya dukungan dari pemain lainnya membuat serangan Ponaryo Astaman cs masih mampu dipatahkan pemain belakang Singapura.

Namun usaha pemain Indonesia akhirnya membuahkan hasil di menit ke-26. Ilham Jayakesuma berhasil menyamakan kedudukan memanfaatkan tendangan bebas Zaenal Arif. Sempat mengenai kaki pemain Singapura, bola justru menghampiri Ilham yang kemudian melepaskan tembakan yang menjebol pojok gawang Singapura.

Gol ini menambah semangat para pemain Indonesia. Namun sampai turun minum skor tetap tidak berubah.

Di babak kedua, Singapura kembali menekan namun Indonesia mampu memberi perlawanan seimbang. Sayangnya Indonesia kembali kecurian gol di menit ke-51, melalui gol Indra Sahdan Daud.

Di menit ke-55, Zaenal Arif berhasil memanfaatkan sepak pojok Atep untuk menyamakan kedudukan bagi Indonesia. Gol cantik itu membuat skor menjadi 2-2 dan membuat tensi semakin tinggi.

Butuh kemenangan, pelatih Indonesia Peter Withe memutuskan memasukkan Bambang Pamungkas, Budi Sudarsono dan juga Agus Indra Kurniawan. Namun strategi itu tidak juga membuahkan hasil.

Hingga akhir pertandingan skor imbang 2-2 tetap tidak berubah. Dengan tersingkirnya Indonesia, maka tim Merah Putih gagal mencapai target lolos ke final. Akibatnya posisi Withe sebagai pelatih telah lengser.
 
Back
Top