Wisata Candi Sambisari Jogja

SimplyLand

New member
candi-sambisari.jpg


Jogja merupakan salah satu kota atau provinsi yang memiliki banyak tempat wisata, mulai dari wisata alam, pegunungan, pantai, sejarah dan lain sebagainya. Nah, pada kesempatan kali ini Guest House Indonesia akan mengulik sedikit mengenai candi cantik dan indah yang tersembunyi.

Candi sambisari ini belum banyak yang mengetahuinya, lokasi candi terletak di desa Sambisari, kelurahan Purwomartani, kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Dan posisinya pun agak sedikit menjorok kedalam tanah. Dengan terdapatnya rumput-rumput hijau di sekeliling candi, membuat candi ini sangat baik bila digunakan sebagai tempat selfie. Lebih baik lagi bila anda mengunjungi candi ini di sore hari.


Sejarah Penemuan Candi

Candi sambisari sebenarnya ditemukan secara kebetulan atau tidak sengaja oleh seorang petani. Yaitu pada bulan juli 1966, pada saat itu petani tersebut sedang mencangkul tanah dan dia merasakan cangkulnya membentur batu ukir. Dan saat ia lihat ternya batu tersebut merupakan bekas reruntuhan candi.

Berita tersebut sampai ke kantor Cabang Lembaga Purbakala dan Peninggalan Nasional di Pramabanan. Dan pada saat itu, pihak Lembaga Purbakala dan Peninggalan Nasional di Pramabanan melakukan penelitian dan memperoleh kepastian bahwa penemuan tersebut adalah sebuah candi yang terpendam didalam tanah. Dan setelah jelas dengan adanya candi, maka langsung dilakukan penggalian dan pra-pemugaran dengan mengelompokkan batu sejenis. Hasil pemugaran candi Sambisari tersebut terlaksana dengan baik. Satu hal yang unik dari candi Sambisari yaitu, terletak 6.54 m di bawah permukaan tanah.

Nah bagaimana, tertarik untuk mengunjungi candi sambisari ?. Untuk akses menuju ke lokasi candi sangat mudah, anda dapat menggunakan kendaraan roda empat ataupun sepeda motor. Selain itu, akses jalan menuju candi juga sudah aspal halu dan dekat dari jalan raya jogja-solo.

Rute Menuju Candi Sambisari


Angkutan Umum
Anda dapat menggunakan bus dengan jurusan jogja-solo hingga kilometer 10 (depan gapura angkatan udara (AU) adi sucipto) dan disekitar lokasi tersebut anda akan menemukan papan petunjuk menuju candi (bertanya jika masih bingung). Untuk jarak tempuh dari jalan raya jogja-solo kurang lebih 2 Km dan dapat menggunakan jasa ojek.

Kendaraan Pribadi
Sama halnya dengan kendaraan umum, anda berkendara melalui jalan raya jogja-solo hingga kilometer 10 (depan gapura angkatan udara (AU) adi sucipto). Dan lihat sebelah kiri anda (jika lajur melalui jogja) ada papan petunjuk menuju candi sambisari. Anda cukup lurus mengikuti jalan tersebut, maka anda akan sampai di lokasi candi (arah utara).

Jam Buka dan Tiket Masuk Candi Sambisari

Buka 09.00 – 16.00 WIB
Harga tiket Rp 3.000 / orang

Fasilitas dan Akomodasi Candi Sambisari

warung makan
toko kelontong
masjid


Guest House Indonesia / Penginapan Murah Jogja / Wisata Candi Sambisari Jogja
 
Back
Top