Menelusuri Bali lewat Batik

adeliaputri

New member
Bali dengan segala kekayaan alamnya yang mampu menyedot perhatian para wisatawan ini ternyata meninggalkan jejak keberadaanya dalam selembar kain batik. Seperti kita tahu, batik yang selama ini menjadi primadona kain tradisional Indonesia paling banyak diproduksi di wilayah Jawa.

Sejarah batik Bali bermula sejak tahun 70-an dipelopori oleh Pande Ketut Krisna yang tinggal di Banjar Tegeha, Desa Batubulan, Sukawati (masih wilayah kab. Gianyar)

Kali ini Bali pun tak mau kalah, berusaha menambah daya tariknya dengan menarik wisatawan lewat selembar kain batik. Ya, batik cap Bali dengan beberapa ciri khas yang dapat dikenali melalui :

- Aksennya di setiap motif yang tidak sama besar satu sama lain
- Menggunakan mori yang lebih berat dari mori batik pada umumnya
- Memasukkan budaya modern untuk menambah kekayaan seni batik mereka lewat perpaduan motif tradisional dan modern
- Aromanya yang khas karena menggunakan bahan pewarna alami seperti bahan kulit kayu, dll
- Menceritakan kisah para dewa pada setiap motif
- Ornamen khas pulau Dewata seperti naga, rusa, burung bangau, & kura-kura yang dipadukan dengan motif luar Bali yaitu bentuk flora

Motif pada kain Batik ini adalah jejak keberadaan Bali seperti melalui motif

- Motif Batik Bali Buketan yang berarti seikat bunga dan sudah lama diproduksi di Indonesia yakni tahun 1880
- Motif Merak Abyorhokokai
- Motif singa barong
- Motif Ulamsari Mas
- Motif Jagatan Pisang

Status sosial ditentukan dari kain batik

Menelusuri status sosial masyarakat Bali ditelusuri dari kualitas batik yang mereka miliki, jika berkualitas tinggi berarti status sosialnya cukup tinggi di dalam lingkungan mereka. Ini dilihat dari pola yang menggunakan teknik dari lilin pada kpas tenunan halus, dan ini telah dipraktekkan sebagai bentuk dari meditasi di Bali, dan dibuat oleh abdi wanita kerajaan Bali.

Untuk pembuatan sendiri tidak meninggalkan teknik yang sudah paten turun temurun yakni menggunakan ATBM, alat tenun bukan mesin. Karena batik berkulitas tinggi adalah batik yang digunakan melalui sentuhan tangan. Sekalipun modelnya adalah pencampuran moden dan tradisional, namun alatnya masih tetap berpegang teguh pada tradisi.
 
Kasih contoh gambar motif batik bali dong gan :D ane akhir2 ini juga demen batik tapi ga expert di dunia perbatikan :S
 
Back
Top