Penggemar Bola di Asia Lambungkan Pendapatan Liga Inggris

Adamsuhada

New member
Pemasukan klub Liga Utama Inggris akan meningkat lebih dari sepuluh juta pound pertahun dan jumlah itu cukup untuk membayar gaji tahunan seluruh pemain top di Liga Inggris.

Kenaikan tersebut terjadi berkat peningkatan penjualan hak siar televisi di Asia, terutama di Timur Tengah. Peningkatan permintaan dari Asia membuat Liga Utama Inggris mendapatkan penghasilan sekitar 625 juta pound untuk hak siar selama tiga tahun mendapat, sehingga secara keseluruhan pendapatan dari media mencapai jumlah 2,725 miliar pound, naik 60 persen dari pendapatan selama ini.

Menurut Richard Scudamore, ketua eksekutif Liga Utama Inggris, meningkatnya penghasilan membuktikan bahwa Liga Inggris semakin digemari di seluruh dunia.

"Dengan memfokuskan pada peningkatan kualitas pertandigan, maka pemain dan klub mampu menghasilkan kompetisi yang menarik, baik di lapangan maupun melalui layar televisi," kata Scudamore.

"Ini adalah kunci dari sukses komersial kami dan saya yakin bahwa kami akan bisa meningkatkan investasi untuk mendapatkan pemain terbaik serta fasilitas yang membuat Liga Utama Inggris seperti sekarang ini, yaitu kompetisi domestik yang disaksikan di seluruh dunia," katanya.

Menteri Olahraga Inggris Richard Caborn menyambut baik persetujuan dengan pihak televisi tersebut karena akan ikut menumbuhkan kualitas sepakbola di tingkat bawah karena sekitar 38 juta pound dari jumlah tersebut akan dikembalikan untuk program pelatihan dan fasilitas lapangan.

Liga Utama Inggis dalam waktu dekat juga akan mengumumkan sejumlah proyek pengembangan di India. Dari hasil yang diperoleh dari penjualan hak siar tersebut, sekitar 50 juta pound (sekitar 100 juta dolar AS) diantaranya akan diberikan kepada klub juara musim mendatang sebagai hadiah utama dan pembagian keuntungan.

Klub yang berada di peringkat paling buncit pun akan tetap mendapat bagian sebesar 60 juta dolar AS, yaitu jumlah yang sama yang terima Chelsea ketika tampil sebagai juara musim lalu.
 
Back
Top