5 Contoh Soal Psikotes dan Kiat Sukses Hadapi Tes Psikotes Saat Interview

wismacibanteng

New member
5 Contoh Soal Psikotes dan Trick Sukses Hadapi Tes Psikotes Saat Melamar Kerja
Artikel ini akan membahas 5 contoh soal psikotes dan Tips sukses menghadapi tes psikotes saat melamar kerja. Dengan membaca artikel ini, Anda diharapkan mendapatkan gambaran mengenai apa yang akan diuji serta Punya persiapan yang lebih matang.
Tes Psikotes
Tes psikotes merupakan salah satu tahap yang musti Kamu lewati pada saat melamar kerja dan hampir diuji oleh setiap Perusahaan . Perusahaan membutuhkan hasil tes psikotes untuk mengetahui apakah karakter dan kepribadian Kalian sesuai atau sejalan dengan visi dan misi instansi. Masing-masing instansi Punya teknik tes psikotes yang berbeda dan disesuaikan dengan pekerjaan yang Kalian lamar.

5 Contoh Soal Tes Psikotes
Setiap instansi pasti membutuhkan pekerja yang berbeda dan untuk mengetahuinya, instansi tersebut harus menyesuaikan tes psikotes dengan karakter yang ingin dicarinya. Di bawah ini, terdapat 5 contoh soal psikotes yang sering ditemukan pada saat melamar kerja:

Tes 1 Tes Wartegg
Penemu tes ini, Ehrig Wartegg adalah seorang psikolog asal Jerman. Pada tes ini, mungkin terdapat 8 kotak dengan pola berbeda:
1. Titik
2. Garis Melengkung
3. Garis Lurus Berjejer
4. Kotak Hitam Kecil
5. Dua Buah Garis Tegak Lurus
6. Dua Garis Tak Beraturan
7. Titik-titik yang Melingkar
8. Garis Lengkung
Kemudian yang musti Anda kerj mungkin merup mungkin menggambar kelanjutan pola yang telah ada, bebas dari kotak mana pun dan musti diberi urutan. Trick pertama untuk tes Wartegg ini merupakan menggambar sesuai dengan urutan agar Kalian terlihat lebih teratur. Selanjutnya, karena setiap pola melambangkan hal yang berbeda, Anda musti melanjutkan gambar sesuai dengan pola yang benar, misalnya garis lengkung dengan benda hidup atau garis lurus dengan benda mati.

Tes 2: Tes Koran
Tes Koran terkadang juga disebut dengan nama Tes Pauli, dinam mungkin tes koran karena Kalian harus menjumlahkan setiap dua angka (dari angka 1-9) saat suatu kolom mulai dari kolom ujung kiri atas sampai ujung kolom kanan di kertas dengan ukuran sebesar koran.
Untuk lulus tes ini, Kalian harus konsisten dalam menjumlahkan angka-angka tersebut, walaupun angkanya sederhana, Kalian musti berusaha agar jumlah angka yang Kalian proses sama.

Tes 3: Tes Logika Aritmetika
Tes ini mengukur kemampuan analisis dan pemahaman Kamu mungkin pola dan kecenderungan. Setelah memahami dan menganalisis, Kalian di mustikan untuk melakukan prediksi dan mengisi kelanjutan pola tersebut. Pola yang mungkin diuji yaitu urutan, pengelompokkan secara urut atau pengelompokkan secara berlompat.
jika Kalian ingin lulus tes ini, janganlah terpaku dengan angka awal dan lihatlah angka tersebut secara satu keseluruhan. Selain itu, karena terdapat limit waktu untuk mengerjakan tes ini, sebaiknya Kamu jangan terpaku dengan soal yang terlalu rumit dan kerjakan soal yang lebih mudah terlebih dahulu.

Tes 4: Tes EPPS
Tes EPPS (Edwards Personal Preference Schedule) adalah tes yang menunjukkan kepribadian Anda, dimana pada tes ini Kalian musti memilih salah satu di antara dua pilihan yang paling sesuai dengan diri Kalian . Biasanya tes EPPS terdiri dari 225 pertanyaan dan terkadang di antara dua pilihan tersebut tidak ada yang sesuai dengan Kalian . Kuncinya Anda musti jujur ketika menjawab karena pertanyaan mungkin selalu diulang dan konsistensi penting untuk menunjukkan kepribadian Kamu yang sebenarnya.


Tes 5: Tes Analog Verbal
Tes ini diuji untuk mengukur kemampuan logika Anda terhadap sebuah permasalahan. Biasanya tes analog verbal terdiri dari 40 soal seputar verbal, seperti antonim (lawan kata), sinonim (persamaan kata) atau analog suatu kata. Untuk dapat menyelesaikan tes dengan baik, Kamu harus konsentrasi dan mencoba menghafal soal dan jawaban karena terdapat beberapa persamaan soal. Contoh soal tes analog verbal merup mungkin :
Wanita : Kebaya = Pria : …
1. Sepatu
2. Baju
3. Topi
4. Jas
Kubus : Piramid = Empat Persegi : …
1. Peti
2. Mesir
3. Pentagon
4. Segitiga


Trick Sukses Hadapi Tes Psikotes
Walaupun menegangkan dan tergolong mudah mudah sulit, tes psikotes sebenarnya musti dianggap sebagai tahap untuk mendapatkan kerja dan dengan menjalankan tes psikotes, berarti Anda sudah satu langkah lebih dekat dengan pekerjaan yang Anda damb mungkin tersebut. Setelah mengetahui beberapa contoh tes yang akan ditanyakan pada saat pelamaran kerja, berikut yaitu cara-cara tepat untuk menghadapi tes psikotes:
• Percaya Diri dan Positif Thinking ketika mengerjakan nya sehingga Kalian Punya mental yang lebih positif sehingga memudahkan Kalian menyelesaikan tes tersebut.
• Perbanyak latihan Kalian dengan cara mengerjakan beberapa contoh soal tes psikotes yang berbeda sehingga Kamu akan Punya pengalaman lebih saat mengerj mungkin tes tersebut
• Fokuslah ketika Anda mengerjakan tes psikotes dan berikan konsentrasi penuh ketika Anda mengerjakan nya. Ketelitian dan ketenangan diri dapat sangat membantu pengerjaan soal tes psikotes.
• Kerja keras dan usaha Kamu harus diiringi dengan doa dan menyerahkan segala keputusan akhir pada tangan Tuhan Yang Maha Esa.

Pantang Menyerah
jika Kalian pernah gagal dalam melewati tes psikotes, jangan langsung menyerah. Mencoba dan belajar dari pengalaman adalah sikap yang benar ketika menghadapi kegagalan tes psikotes.
 
Back
Top