Mengenal Jenis-jenis Shockbreaker Mobil KYB

aanbae

New member
Bagi Anda yang memiliki mobil, maka pasti mau tidak mau harus sedikit banyak tahu terkait komponen yang ada di mobil. Dengan mengetahui komponen dalam kendaraan, maka hal ini akan menjadikan kemudahan ketika nantinya Anda menemukan masalah di kendaraan Anda tersebut. Mungkin Anda belum bisa memperbaiki, namun setidaknya sumber masalah bisa diketahui secara pasti. Untuk bisa menjaga performa mobil Anda selalu dalam kondisi yang maksimal, ada baiknya untuk bisa selalu mengecek kendaraan di bengkel secara berkala.

Salah satu komponen penting di dalam mobil adalah shockbreaker. Shockbreaker merupakan komponen kendaraan yang berfungsi untuk sistem peredam kejut. Mayoritas letak shockbreaker ini adalah menumpu pada roda. Dengan begini, maka ketika mobil melewati jalanan yang penuh hentakan atau tidak rata, maka roda akan tetap mampu mencengkeram ke jalan sehingga kejut yang terjadi tidak begitu besar. Kerusakan yang bisa terjadi pada shockbreaker mobil bisa juga mengakibatkan komponen lainnya ikut rusak.

Ada baiknya jika memang shockbreaker sudah lama dipergunakan atau mungkin fungsinya kurang mampu dimaksimalkan, lebih baik diganti. Berikut ini beberapa ciri yang menandakan Anda harus segera mengganti shockbreaker:

- Apabila kilometer sudah mencapai 60.000 km, maka Anda harus lebih memberikan perhatian lagi terhadap mobil tersebut, terutama di bagian shockbreaker.
- Jika ban sudah mengalami botak pada bagian yang tidak sama, baik luar atau dalam, maka hal ini juga bisa menjadi tanda shockbreaker kurang mampu menjalankan fungsinya.
- Terlihat ada oli yang merembes dari shockbreaker mobil tersebut.
- Jika ditekan pada body mobil, maka guncangan akan terjadi yang menandakan shockbreaker sudah lemah.
- Terdengar bunyi tidak biasa dan umumnya berasal dari kaki karena biasanya shockbreaker dan komponen sekitarnya sudah butuh penggantian.

Untuk mengganti shockbreaker, pastikan memilih shockbreaker dari KYB karena KYB sendiri adalah pabrik shockbreaker terbesar di Indonesia dengan kualitas produk shockbreaker yang tidak bisa diragukan lagi. Produk dari KYB sudah banyak digunakan oleh hampir semua merek kendaraan baik motor maupun mobil. Terdapat 3 jenis shockbreaker mobil dari KYB yang disediakan untuk para konsumennya. Berikut ini ulasannya:

- KYB Premium - Jenis shock yang pertama adalah KYB Premium dimana shock ini peredamannya memakai jenis oli di bagian dalamnya dengan jenis single action. Jenis ini cocok dipakai untuk mobil pribadi yang mengangkut penumpang dalam jumlah sedikit. Saat melewati jalan tidak rata, maka akan terasa lebih empuk apalagi jika Anda mengendarai mobil sendirian.

- KYB Ultra - untuk shock jenis ini adalah double action dimana peredamannya memanjang dan juga memendek. Komposisi yang ada di dalamnya berupa gas dan oli namun ketika dilihat kembali dalam perbandingannya, gas adalah 75 dan olinya 25. Dengan gas sebagai daya redam yang utama, maka KYB Ultra akan cocok dipakai untuk Anda yang kerap membawa beban berat. Keunggulan lainnya adalah ketika Anda berada di jalan tol dengan medan jalan rata dan kecepatan penuh, maka mobil akan semakin stabil lantaran mampu memberikan karakteristik gas yang mampu memberi tekanan terhadap ban serta daya cengkram kuat ke jalan.

- KYB Excel G - jenis aksesoris shock yang satu ini memiliki daya redam dengan memakai campuran gas dan juga oli. KYB Excel G sudah memakai teknologi double action dimana akan cocok untuk mobil baik untuk beban berat maupun ringan sehingga tetap sama-sama stabil.
 
Back
Top