10 Menu Prasmanan yang Selalu Ada di Acara Walihaman

kingsaladin05

New member
Hadir di pesta wedding yaitu salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk kita lakukan. Apalagi jika kita sohib dengan calon mempelainya, tentu kedatangan kita akan betul-betul diharapkan oleh si tuan rumah.

Bukan hanya bisa berjumpa dengan teman dan kenalan, kita juga dapat menikmati serunya acara yang diadakan guna menyemarakkan acara walimah. Salah satunya soal masakan perayaan pernikahan.

Dalam budaya Indonesia kita pasti sudah sangat familiar dengan budaya “Prasmanan”, dimana para tamu dapat memesan atau ambil sendiri menu hidangan dan minuman yang akan dinikmatinya.

Dalam sebutan modernnya adalah standing party, dimana memang unsur kepraktisan menjadi sorotan utama, dan para tamu bisa lebih bebas dalam berkumpul dan bercengkerama dengan tamu yang lain sambil menikmati hidangan sajian dan minuman di pesta walimah sahabat kita.

Apakah kamu tahu menu–menu apa sajakah yang sering ada dan timbul dalam pesta wedding, lebih-lebih yang memakai konsep Prasmanan? Berikut ini merupakan 10 menu prasmanan yang senantiasa ada dalam setiap acara walihaman sahabat, family, saudara, atau tetangga kita. Yuk, kita simak bersama penjelasannya satu demi satu!


1. Aneka Masakan Kambing

Aneka olahan daging kambing sering tersaji dalam acara prasmanan di acara walihaman seseorang. Kita dapat menemukan kuliner aneka daging kambing seperti sate kambing, tengkleng, kambing dan gulai kambing.

Kenikmatan bahan dasar daging kambing sendiri memang banyak diminati di Indonesia.

Tak heran bila bisnis masakan daging kambing memiliki pangsa pasar tersendiri. Oleh sebab itulah aneka kuliner daging kambing memang senantiasa ada dalam acara pesta walihaman teman yang kita datangi.


2. Aneka Masakan Ayam


Berbagai macam masakan daging ayam tentu juga amat popular dan senantiasa ada dalam acara walihaman seseorang.

Dari ayam bakar sampai ayam goreng jadi menu spesial bagi para hadirin yang hadir yang berharap menikmati kuliner yang disajikan tuan rumah untuk para tamu.

Daging ayam sendiri ialah bahan masakan yang digemari oleh masyarakat Indonesia.

Daging ayam bisa diolah sesuai dengan keinginan masing-masing. Para tamu undangan yang ada di pesta walihaman tentu merasa gembira karena menu makanan yang berasal dari daging ayam pasti bisajadi menu favorit mereka.
3. Aneka Kuliner Bakso

Masakan selanjutnya ialah Bakso. Yup, Bakso yaitu menu kuliner prasmanan yang kerap kali muncul dalam pesta pernikahan yang umum kita hadiri.

Bakso adalah kuliner yang berupa bola daging bakso yang lazimnya dihidangkan secara spesial dengan olahan mie rebus yang sudah diberikan bumbu rahasia guna mendapatkan kelezatan cita rasa masakan Bakso.

Presiden negara Amerika Serikat sendiri Obama menggunakan menu kuliner Bakso dalam menu kuliner pemerintah negara Amerika Serikat di Gedung Putih. Kenikmatan Bakso memang tak dapat disampingkan, hal inilah yang membuat Bakso kerap kali muncul sebagai menu prasmanan wajib.

4. Aneka Sup

Kuliner Sup juga menjadi menu unggulan yang sering tersaji dalam kegitan prasmanan di pesta wedding.

Menu Sup sendiri dikenal lezat dan sehatrasanya, juga menjadi menu praktis dan ringan yang dapat dicicipi oleh tiap-tiap orang atau tamu yang biasa hadir dalam acara pesta walihaman.

Sup sendiri memang banyak terbuat dari racikan bumbu kaldu ayam atau sapi, dimana kuah hangatnya sangat nikmat dan lezat untuk dirasakan oleh siapapun.

Menu Sup umumnya menjadi sajianyang khas dalam menu prasmanan di pesta wedding yang biasa kita datangi.
5. Nasi Sayur

Nasi Sayur ialah menu masakan nasi yang biasa tersaji bersama sayur beserta lauk-pauknya. Nasi sayur biasanya memang acap kali menjadi menu prasmanan di acara wedding seseorang.

Nasi Sayur yaitu pilihan utama bagi para tamu yang menginginkan menu makanan berat.

Menu Nasi Sayur ini merupakan menu yang dapat membuat para tamu begah dan puas.

Nasi Sayur sendiri dapat jadi salah satu tolok ukur keberhasilan si tuan rumah dalam menjamu tamunya. Tentu dalam hal ini mengobrol perihal mutu rasa sajian Nasi Sayur yang dihidangkan.

6. Es Buah
Sudah tahu kan dengan menu minuman Es Buah? Seluruh masyarakat Indonesia tentu sudah banyak tahu rasa dan kesegaran dari Es Buah ini.

Bermacam variasi potongan buah segar yang disajikan dalam kuah minuman yang diramu sedemikian rupa dengan memberikan makanan penutup dengan es tentu merupakan menu minuman favorit bagi para hadirin dalam acara pernikahan teman atau seseorang.

Apalagi apabila acaranya prasmanan, menu Es Buah sangat sering kita jumpai.

7. Nasi Rawon

Nasi Rawon yaitu menu masakan asli dari Jawa Timur. Dimana, menu kuliner ini berupa olahan potongan daging yang dicampur dengan kental dan pekatnya kuah yang akan memberi cita rasa dari potongan daging tadi.


Apalagi bila Rawon ini disajikan bersamaan dengan menu nasi putih panas, beuhhhh akan terasa benar-benar nendang banget.

Menu Nasi Rawon ini juga awam timbul sebagai menu prasmanan dalam pesta wedding yang ada di kehidupan keseharian kita guys.

Penyedian jasa catering, seperti catering di Bandung, Jakarta, Jogja juga acap kali menyediakan menu ini.

8. Soto

Soto, yakni salah satu kuliner tradisional di Indonesia.

Begitu banyak variasi soto yang ada di Indonesia, sebab memang unsur keanekaragaman tradisi dan kebiasaan yang membikin Indonesia memiliki banyak sekali macam soto.

Tetapi secara general, soto merupakan nasi yang diberikan sayuran dan kuah, dimana bahan pokoknya berupa daging.

Daging yang digunakan pun biasanya merupakan daging sapi atau daging ayam. Soto memang dikenal nikmat untuk dikonsumsi pada siang hari yang terik.

Soto menjadi salah satu menu harusnya ada dalam acara pernikahan seseorang.

9. Gado – Gado



Gado – Gado yaitu makanan yang sangat nikmat,segar, dan lezat. Orang Amerika bilang salad dari Indonesia ialah Gado-gado.

Berbagai macam sayur yang diiris-iris secara rapi yang disajikan bersama dengan tempe yang dipotong atau telor atau malahan daging, yang mana pada sentuhan akhir diberikan siraman saus kacang yang tentuakan menambah cita rasanya yang begitu nikmat untuk dinikmati.

Gado – Gado juga menjadi menu wajib yang lazimnya menghiasi acara prasmanan yang diadakan oleh yang punya hajat dalam acara wedding .

10. Nasi Pecel


Nah yang terakhiryakni Nasi Pecel.

Siapa yang tak menyukai dengan kepedasan dan kelezatandari Nasi Pecel.

Nasi yang hidangkan bersama dengan sayuran hijau yang diguyur saus kacang dengan didampingi lauk utamanya telur dadar atau telor goreng atau bermancam-macam gorengan, tentu betul-betul enak untuk disantap oleh para pecinta kuliner di Indonesia.

Nasi Pecel ialah menu wajib yang umumnya ada di menu prasmanan dari perayaan walihaman yang ada di Indonesia.

Wah sesudah bahasminuman dan makanan, tentu pada ngiler yaguys. Hahaha, itulah 10 daftar makanan prasmanan yang senantiasa ada dalam acara pernikahanyang ada di Indonesia.

Menu-menu tersebut yaitu menu yang lazim untuk dipakai pihak tuan rumah dalam menjamu para tamu undangan mereka.

Oke, cukup sekiandari saya, semoga memberikan ilmu baru perihal daftar makanan prasmanan yang selau ada di acara wedding. Terimakasih.
 
Ada yg kurang tuh, siomay sama bakso biasanya ada hihi
 
Back
Top