Penjelasan kenapa Jakarta semakin panas

Administrator

Administrator
PURI - Cuaca panas nan terik dalam beberapa hari belakangan dirasakan di Pulau Jawa, Bali, hingga Nusa Tenggara. Hal ini merupakan fenomena cuaca alamiah yang biasa sering terjadi pada bulan-bulan puncak musim kemarau.

Dikutip BPBD Jakarta, Kepala Bagian Humas BMKG, Hary Tirto Djatmiko mengungkapkan hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor," Gerak semu matahari saat ini berada disekitar khatulistiwa dan diprediksi pada tanggal 22 - 23 September 2017 matahari berada tepat diatas khatulistiwa, sehingga radiasi matahari yang masuk cukup optimum. Hal ini ditandai dengan hasil monitoring suhu udara maksimum berkisar antara 34 s.d 37,5 ?C," terangnya, Selasa (19/9/2017).

Selain faktor tersebut, aliran massa udara dingin dan kering yang bergerak dari Australia menuju wilayah Indonesia sebelah selatan khatulistiwa terutama disekitar Jawa dan Bali hingga Nusa Tenggara. Kondisi ini ditandai dengan adanya kelembaban udara yang lebih dari 60 % diketinggian 3.000 m dan 5.000 m dari permukaan.


Akan tetapi, Ia menegaskan pihaknya belum bisa memprediksi waktu puncak cuaca panas tertinggi hingga akhir bulan nanti. Alasannya, lantaran potensi pertumbuhan awan hingga saat ini terpantau masih sedikit.

"Kalau bicara prediksi puncak cuaca panas rasanya sulit, karena hingga saat ini potensi pertumbuhan awan yang memayungi Indonesia masih sedikit sehingga suhu udara di permukaan menjadi lebih panas," tutupnya.

Sumber: infonitas.com
 
makanya saya lebih milih ngadem aja dirumah kalo hari libur sambil nyalain AC.. Jakarta anget banget cuacanya.. main ke mall tak ada hepeng hahaha
 
Klo di jakarta panas it u wajar karena di jakarta itu jarang pepohonan..di kampung saya di bogor sejuk karena di kampng saya itu masih banyak pepohonan...
 
Iya menurut saya penduduk nya banyak
Lagi pula sudah banyak bangunan bangunan tinggi
Engga ada pepohonan sama sekali
 
Yuk rame2 hunting "rumah2 kuno".. cptw nemu kitab ajaib! baca mantra tertentu manusia bisa jadi super mini baca kebalikannya bisa balik normal...
Ntar pas kecil rame2 masuk kulkas pasti dingin! (1 kulkas bisa buat 1000 orang kan lumayan) ....
(gara2 lihat dvd Down resizing!)
1_Down_Resizing.jpg
 
Back
Top