WOW..!! Ada Robot Furnitur Masa Depan

blog.office2017

New member
mantap jiwa yaa...yang di benak ane saat membuat artikel ada robot furniture masa depan saya sangat terkagum akan kemajuan teknologi intelligence saat ini. dengan ilmu yang sangat mempuni dan ide yang briliant kemajuan teknologi intelligence telah banyak membantu perdaban manusia dari berbagai sektor dan bidang.

berikut inilah sebuah penelitian yang dilakukan oelh sekelompok tim periset jenius di swiss yang telah menciptakan robot furniture masa depan yang dapat merakit diri ke dalam meja dan kursi atau perbot dengan tujuan bisa digunakan untuk membantu orang tua, manula dan orang cacat atau difabel yang tidak bisa bergerak.

08_rb_chair.jpg


Proyek yang disebut Roombots ini adalah sistem robot modular yang bisa merakit (dan memasang kembali) dirinya menjadi berbagai furnitur . Sebuah sofa ukuran penuh atau bangku, misalnya, bisa pecah menjadi enam kursi makan, Meja kopi berjongkok bisa membangun dirinya sendiri menjadi meja makan yang tepat guna.

Modul terdiri dari dua bola yang mengartikulasikan, berisi tiga motor, baterai dan radio nirkabel. Bola memiliki set konektor seperti cakar di bagian luar modul, yang memungkinkan mereka saling meraih satu sama lain atau terhubung dengan bagian pasif.

Demonstrasi Roombots terbaru menampilkan fungsionalitas tingkat dasar. Satu set dari empat modul dapat memindahkan sebuah meja kecil ke sebuah ruangan , sementara satu set tiga dapat mengkonfigurasi ulang batu dari tripod ke seekor ular . Konektor, bagaimanapun, dibatasi oleh jumlah berat yang dapat mereka tangani tanpa membungkuk .

dan biar gag penasaran lebih baik simak video dari youtube ini ...cekiborttt:

[ame="https://www.youtube.com/watch?v=0XDpT8hI89k"]Robots transform into furniture at EPFL - YouTube[/ame]

motor di dalam modul Roombots yang aktif memungkinkan mereka berguling-guling di lantai secara terpisah atau dalam kelompok. Serangkaian modul, misalnya, dapat menyebabkan putaran yang membantu mereka bergulir, sebagai unit, di lantai seperti log.

Tujuan sistem ini digunakan terutama sebagai cara untuk membantu orang tua atau orang cacat yang tidak memungkinkan menggeser bahkan meemindahkan sebuah furniture dalam beberapa posisi tempat. Meja Roombots, misalnya, bisa memindahkan segelas air seseorang ke tempat duduknya; kursi makan bisa keluar dengan sendirinya dan mendorong dirinya masuk kembali. Roombots mungkin juga mengkonfigurasi diri mereka untuk membantu orang-orang dengan mobilitas terbatas duduk, berdiri atau berbaring.

Akan tetapi para peneliti harus banyak memikirkan kekuranga robot ini diantaranya. yaitu, mereka harus memperbaiki algoritma yang mengatur bagaimana pergerakan Roombots (pada saat ini, gerakan mereka agak terbatas). Tim juga mengeksplorasi bentuk penggerak lain yang memungkinkan modul memanjat dan saling berdekatan, memungkinkan transisi lebih cepat antara konfigurasi. Sementara motor saat ini mampu melakukan tugas semacam itu, tim harus memperbaiki logika bot untuk memungkinkan mereka memutuskan bagaimana menata ulang dengan sendirinya.

Ada juga soal kontrol. Periset saat ini memanipulasi Roombots melalui koneksi Bluetooth. Mereka juga telah mengolok-olok sistem yang memungkinkan periset mengendalikan struktur dengan isyarat menggunakan Microsoft Kinect. Idealnya, sistem akan berpasangan secara nirkabel dengan aplikasi tablet, namun perangkat lunak tersebut masih dalam pengembangan gan..:)

Terlepas dari semua tantangan di depan, Roombots telah menangkap imajinasi banyak penggemar robotika di seluruh web ( perbandingan Terminator tampaknya tidak dapat dihindari ). Tim akan terus memperbaiki sistem ini dalam beberapa bulan dan tahun mendatang - dan memerlukan waktu hingga 20 tahun sebelum sistem ini cukup disempurnakan untuk digunakan konsumen - namun pada akhirnya, para peneliti berharap Roombots akan menjadi batu bata LEGO dari furnitur cerdas.

Untuk saat ini, konsep ini menawarkan gambaran sekilas tentang apa yang bisa dilihatnya bagi siapa saja - dari seniman hingga perancang - untuk mengembangkan furnitur hiperaktif mereka sendiri tentunya konsep itupun akan diteliti lebih lanjut agar bisa di gunakan pada kursi kantor dan meja kantor yang lebih modern dan fungsional dengan aktifitas pengguna furniture kantor yang saat tinggi maka ini akan sangat berguna sekali untuk kedepannya.

Cek Sumber gan Viar valid infonya :
blog samudera furniture
 
Back
Top