Ini Pentingnya Akreditasi Bagi Sekolah !

Muhammad_Ahwas

New member
Child%2BSchool%2BBusiness.jpg




International School Jakarta
- Saat ini setiap lembaga pendidikan baik negeri maupun swasta, harus memiliki akreditasi. Kemendiknas sendiri telah menegaskan bahwa apabila suatu lembaga pendidikan tidak memiliki akreditasi, maka kelayalakan lembaga pendidikan tersebut akan dipertanyakan kelayakannya.


Akreditasi memang diperlukan untuk menjamin mutu dari suatu lembaga pendidikan. Bukan hanya itu, akreditasi juga dapat dijadikan tolak ukur oleh masyarakat dalam menilai kesiapan lembaga pendidikan dalam menjalankan proses pendidikan.


Seperti apa yang dikatakan oleh Sekretaris Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud, Thamrin Kasman yang menegaskan bahwa akreditasi sebagai bentuk dari pembinaan yang diberikan sekolah kepada siswa. Menurutnya, akreditasi sekolah menjadi hal penting untuk menjaga kualitas pendidikan nasional.


Akreditasi merupakan bentuk standarisasi, yang berfungsi sebagai pembanding diantara sekolah atau lembaga pendidikan. Dengan standar yang berbeda maka sekolah yang A maka lulusan sekolah A jelas tidak akan sama dengan sekolah B. Selain itu akreditasi dapat menjadi bahan evaluasi pihak sekolah dalam peningkatan mutu, serta dalam penyusunan program pembelajaran dan pembinaan.


Pembinaan yang dimaksud, ialah pembinaan kualitas guru dan pengawasan terhadap sarana dan prasarana sekolah. Pengawasan yang lemah akan sangat merugikan siswa sekolah internasional, yang mematok harga tinggi untuk program pendidikannya.

Bagi siswa sendiri, hasil dari akreditasi akan menumbuhkan rasa percaya diri, atas pendidikan yang telah mereka peroleh. Sertifikat akreditasi merupakan bukti bahwa mereka telah mendapatkan pendidikan dari sekolah yang bermutu.


Lain halnya bagi masyarakat, akreditasi dapat menjadi infromasi yang akurat bagi mereka tentang layanan yang ditawarkan sekolah atau lembaga pendidikan.
Seperti yang kita ketahui tidak semua sekolah yang pada kenyataannya memberikan layanan dan mutu yang sesuai dengan apa yang ditawaran sebelumnya.


Memilih sekolah yang terpercaya, dalam hal ini bukan hanya website resmi, lokasi yang jelas, namun akreditasi juga dapat dijadikan parameter bagi anda para orangtua. Pastikan anda memeriksa terlebih dahulu akreditasi sekolah yang bersangkutan. Salah satu contohnya adalah Ichtus School, international school di Jakarta selatan yang memiliki 3 akreditasi internasional.


Selanjutnya apabila anda tertarik untuk mendaftarkan anak anda silahkan kunjungi www.ichtusschool.com .
 
Back
Top