Jenis olahraga yang cocok untuk ibu hamil

prinawidia

New member
Selmaa masa hamil, tubuh akan bekerja dua kali lipat karena tubuh menopang kehamilan. Sehingga tak heran jika banyak ibu hamil yang mengeluh sakit pinggang, mudah merasa lelah hingga pusing dan sebagainya.

Inti dari olahraga kehamilan adalah untuk memperbaiki kinerja jantung, mengatur berat badan, menjaga kebugaran tubuh, menyiapkan otot-otot untuk persalinan tanpa menyebabkan stress atau gangguan terhadap janin yang sedang di kandung.

Berikut di bawah ini adalah beberapa jenis olahraga yang bisa ibu hamil lakukan dan tentunya harus disesuaikan dengan kondisi ibu pada saat tersebut.

Senam hamil

Selain mendapatkan kebugaran dan panduan yang tepat , ibu dapat berinteraksi dengan ibu ibu hamil lainnya sehingga makin memperbanyak pengetahuan dan berbagi pengalaman dengan yang lain. Dengan melakukan senam hamil, dapat menambah kesehatan dan kebugaran ibu hamil beserta janinnya .

Peregangan

latihan peregangan dapat membantu fleksibilitas tubuh ibu hamil yang diperlukan saat proses persalinan dan juga dapat membantu mengurangi rasa sakit saat persalinan.

Latihan beban

Selain dapat membantu menjaga stamina tubuh yang sangat diperlukan selama kehamilan dan persalinan, latihan beban juga dapat mengurangi terjadinya ibu hamil mengalami cidera dan membuat otot-otot disekeliling sendi menjadi lebih kuat.

Jalan kaki

Jalan kaki sangat baik untuk melancarkan peredaran darah dan menjaga ibu hamil tetap fit. Melakukan jalan kaki tentunya semua orang bisa melakukannya, tidak memerlukan peralatan, bisa dilakukan di mana saja dan bisa dilakukan hingga akhir kehamilan.

Baca juga : Sumber nutrisi terlengkap untuk ibu hamil

Berenang

berenang merupakan salah satu olahraga terbaik bagi ibu hamil. Berenang sangat baik sebab sangat bagus melatih otot otot besar (kaki dan tangan). Memberi manfaat bagi kinerja jantung dan juga mempermudah menurunkan berat badan bagi ibu hamil yang over weight.
 
Back
Top