Penyebab Kerusakan Mesin Dinamo Starter Pada Genset

Hartech

New member
CUMMINS-750-KVA.jpg



Jual Genset
- Ketika mengalami pemadaman listrik, biasanya lilin menjadi solusi bagi banyak orang. Namun, melihat banyaknya kebutuhan hidup yang sebagian besar memanfaatlan listrik, banyak orang yang kini beralih dengan memanfaatkan genset sebagai antisipasi jika terjadi kematian listrik secara tiba-tiba.

Penggunaan genset juga sering kali dimanfaatkan pada daerah-daerah terpencil dengan pasokan listrik yang sedikit, atau pada acara-acara tertentu yang memerlukan pasokan listrik cukup besar seperti pernikahan, konser music, dan lain-lain.

Lalu apa sih genset itu? Generator Set atau yang biasa disebut genset merupakan sebuah mesin yang mampu mengubah gaya mekanis menjadi aliran listrik dengan proses induksi yang menghasilkan energi elektromaknetik. Genset, pada dasarnya mampu berperan sebagai sumber daya yang penggunaannya tergantung pada kebutuhan pemakaiannya atau dikenal sebagai cadangan listrik.

Dinamo merupakan salah satu alat yang berperan sebagai penggerak awal atau starting untuk mesin- mesin yang memiliki kapasitas besar, seperti genset. Pada genset sendiri, agar genset dapat bekerja, maka dinamo diputar terlebih dahulu supaya nantinya dapat berjalan sendiri. Mesin inilah yang nantinya akan menggerakan mesin yang lain. Memang pada umumnya mesin dinamo gerakan melalui tenaga manusia. Pada mesin genset yang berkapasitas kecil sekalipun, untuk bisa memutarnya dibutuhkan daya yang cukup besar.

Sering kali, dinamo starter pada genset mengalami kerusakan yang disebabkan oleh ketidaktahuan operator yang memaksakan kinerja mesin dinamo starter bekerja secara terus-menerus. Dalam batas wajarnya, mesin dinamo starter hanya boleh starting dalam 1 kali dalam jangka waktu 10 detik. Jika mesin dipaksa starting secara terus-menerus, maka mesin bisa rusak sekaligus mengakibatkan kerusakan aki pula.
Adapun penyebab lain yang mengakibatkan kerusakan pada mesin dinamo starter, yaitu overheating atau kepanasan yang terjadi karena pembakaran dan gesekan yang terjadi menghasilkan panas yang tinggi. Jika sistem pendinginan mesin terganggu, maka panas dapat melebihi batas kewajaran.

Genset yang kita gunakan pada dasarnya untuk menghadirkan tenaga listrik. Anda bisa bayangkan jika betapa menjengkelkanya ketika genset tersebut sangat dibutuhkan, namun kenyataannya tidak bisa digunakan.

Untuk itu agar kerusakan tidak terjadi pada mesin dinamo starter genset Anda, pastikan Anda menggunakan genset dengan sewajarnya, terus lakukan perawatan berkala pada mesin, dan tentunya memilih produk genset yang berkualitas. Kunjungi www.hartech.co.id untuk mendapatkan informasi mengenai genset murah yang berkualitas.
 
Back
Top