Cinta itu datangnya bukan dari hati
 
Go Back   Home > Cinta & Romantis

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Cinta itu datangnya bukan dari hati

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Cinta itu datangnya bukan dari hati

Ngomongin cinta, pasti diidentikkan dengan bentuk heart atau jantung hati (yang akhirnya disebut hati aja, padahal heart berarti ‘jantung’). Kamu yang lagi kasmaran pasti sering memberi simbol hati buat kekasihmu, entah dalam bentuk bantal, kartu ucapan, atau sekadar teks SMS.

Cinta itu memang selalu dihubungkan dengan jantung hati. Tapi, benarkah cinta itu benar-benar datang dari sana?
Ternyata cinta bukan datang dari hati
Dari mana datangnya cinta? Jika pertanyaan itu dijawab oleh ilmuwan, maka jawabannya adalah otak. Otak memang istimewa: dengan lebih dari 100 miliar sel saraf, dia menerima rangsangan dari indera, mengontrol sistem motorik, dan mengatur fungsi tubuh. Otak juga berfungsi sebagai pusat pemikiran dan memori. Jadi, gak heran kalo “hati” kita sebenarnya ada di otak.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan neurosains Bianca Acevedo, dijelaskan ada empat bagian kecil otak yang “memproses” perasaan cinta: ventral tegmental area (VTA), nucleus accumbens, ventral pallidum dan raphe nucleus.
VTA terletak di bagian tengah depan dari sisi dasar otak yang merupakan kunci reward system di otak. Ketika orang merasa jatuh cinta, VTA ini akan aktif dan menghasilkan senyawa kimia dopamin yang didistribusikan ke bagian otak yang lain. Dopamin inilah yang menyebabkan kamu merasa nyaman dan bahagia.

Helen Fisher, peneliti dan profesor dari Rutgers University, mengatakan bahwa bagian VTA ini aktif karena saat jatuh cinta, kamu merasakan bahwa kamu sedang menerima hadiah yang luar biasa, yaitu pasangan hidup.

Cinta itu bagai candu
Menurut ilmuwan lagi, secara kimiawi jatuh cinta itu berefek di otak seperti kecanduan obat-obatan. “Jatuh cinta itu ibarat candu, akan merusakmu jika cinta dijalani dengan buruk,” ujar Fisher. “Manusia bisa membunuh karena cinta.”

Lalu gimana dengan patah hati?

Para ilmuwan juga telah meneliti otak pada orang-orang yang baru saja mengalami patah hati. Dan ternyata patah hati atau putus cinta juga menimbulkan efek yang mirip dengan memutus kecanduan kokain: mereka bakal mengalami craving atau sakaw.

Cinta sejati itu seperti apa?
Ilmuwan lalu menyasar penelitian hubungan cinta dan otak ini pada pasangan yang telah menikah selama 20 tahun tapi masih tetap lengket seperti orang baru jatuh cinta. Pada pasangan seperti ini, ada dua lagi bagian otak yang aktif selain VTA, yaitu ventral pallidum dan raphe nucleus.

Ventral pallidum diasosiasikan dengan keterikatan dan hormon yang mengurangi stres, sementara raphe nucleus memompa serotonin yang bikin tenang. Kedua area ini memproduksi perasaan “tidak ada hal yang salah” yang merupakan perasaan bahagia yang sederhana.
Lalu, perasaan setia itu sebenarnya apa?
Karena meneliti otak manusia itu punya banyak keterbatasan, para ilmuwan memanfaatkan prairie vole untuk menguak fungsi otak yang menimbulkan rasa keterikatan. Prairie vole (Microtus ochrogaster) adalah mamalia pengerat mirip tikus yang hidup di padang rumput Amerika Utara. Binatang ini setia sama pasangannya lho!

Peneliti mempelajari vole dan menemukan bahwa hormon kunci dari rasa keterikatan pada betina adalah oksitosin, yang juga diproduksi manusia pada saat melahirkan. Sedangkan pada jantan, hormonnya adalah vasopressin.

Ternyata, variasi genetis juga mempengaruhi sifat tidak setia lho. Variasi genetis ini ditemukan pada beberapa vole jantan yang tidak menganut monogami — dan ditemukan juga pada pria. Pria yang kadar hormon keterikatannya rendah, lebih sering mengalami masalah pernikahan.

Berdasarkan penelitian di atas, ilmuwan kini mengerti bagaimana menjaga agar cinta tetap bersemi. Caranya adalah dengan melakukan hal-hal yang bisa menstimulasi senyawa kimia tadi agar emosi yang diharapkan bisa muncul, bisa dengan pelukan, ciuman, memberi hadiah, dan sebagainya.
joanyhahn joanyhahn is offline
Home Level

Post: 2
 
Reputasi: 0

__________________
my
Loading...
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Cinta itu datangnya bukan dari hati

Oww begitu rupa ny ,baru tau saya
Abdullahrodhisaragih
Guest

Post: n/a
 
Reputasi:






Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: Cinta itu datangnya bukan dari hati

Tanpa komunikasi, hubungan tidak bisa berjalan. Jika kamu dan pasangan memiliki banyak topik untuk diperbincangkan, maka itu adalah hal yang baik. Apabila kamu ingin menjadi pasangan yang sukses, kalian punya topik menarik untuk dibicarakan yang membuat asyik berkomunikasi.
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 68.977
 
Reputasi: 1743

d-net:





Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: Cinta itu datangnya bukan dari hati

Maksud nya giman yah jelasin nya
hasanacong hasanacong is offline
City Level

Post: 124
 
Reputasi: 4






Reply With Quote     #5   Report Post  

Re: Cinta itu datangnya bukan dari hati

Cinta itu dari mata lalu turun kehati
jindo
jindo jindo is offline
National Level

Post: 821
 
Reputasi: 2



loading...



Reply With Quote     #6   Report Post  

Re: Cinta itu datangnya bukan dari hati

untuk zaman sekarang, orang menemukan cintanya lbh karena penampilan dan eksis di medsos dan tidak selalu berdasarkan hati. namun terkadang berakhir kecewa disebabkan kepalsuan
d-net
d-net d-net is offline
Mod

Post: 2.060
 
Reputasi: 45






Reply With Quote     #7   Report Post  

Re: Cinta itu datangnya bukan dari hati

sekarang yang dipelukan adalah uang
kentong kentong is offline
National Level

Post: 947
 
Reputasi: 2

Reply
 

(View-All Members who have read this thread : 8
hasanacong, jacquesharvey, jindo, joanyhahn, kentong, onlygrace
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Galau Karena Putus Cinta? Hati-Hati Penyakit Ini Mengintai Anda destiination Cinta & Romantis 2
cinta tumbuh dari otak , bukan hati. ga percaya ? cek aja.. Raniiagel Cinta & Romantis 5


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2019, Jelsoft Enterprises Ltd.