Kenali Writer’s Block dan Cara mengatasinya

yakayabu

New member
Setiap penulis pasti pernah mengalami kondisi dimana memiliki banyak ide, namun sulit untuk dituangkan. Seandainya berhasil, seringkali di tengah penulisan mengalami kebuntuan ide, atau rasa malas untuk melanjutkan kembali.

Kondisi tersebut sering dikenal dengan istilah writer’s block, sebuah keadaan dimana kita sulit untuk menuangkan ide.

Kalau diteliti lebih lanjut, sebenarnya ada dua faktor penyebab writer’s block terjadi :

1. Faktor eksternal : Lingkungan tempat si penulis bekerja akan mempengaruhi mood si penulis itu sendiri. Contohnya lingkungan rumah yang berisik, dan banyak gangguan dari anggota keluarga (anak tetangga nangis, orang tua menyuruh sesuatu hal, dll.) Telepon genggam pun juga bisa membuat penulis mengalami writer’s block. Oh ya, habis diputusin pacar juga bisa mengganggu mood menulis lhoo, hehehe...

2. Faktor internal : Lebih kepada keadaan si penulis itu sendiri, misalkan si penulis kurang memiliki data dan informasi yang cukup tentang apa yang ia tulis. Rasa malas juga menjadi faktor utama kenapa penulis mengalami writer’s block.
Sebelum kita dapat mengatasi writer’s block, alangkah baiknya kita melakukan hal-hal berikut ini :
• Menyadari bahwa kita sedang terjebak dalam writer’s block
Banyak penulis yang enggan mengakui dirinya sedang dalam kondisi writer’s block, secara tidak langsung pikirannya akan berusaha melakukan resistensi terhadap kondisi ini.
Justru pada akhirnya hanya akan menambah rasa malas untuk menulis. Dengan kita sadar diri bahwa sedang terjebak dalam writer’s block, otak kita akan berusaha mencari solusi atas kondisi tidak nyaman tersebut. Toh lagipula semua penulis juga pasti mengalami hal ini, baik itu yang pemula atau yang sudah profesional.

• Mencari tahu faktor apa yang membuat kita mengalami writer’s block, apakah faktor eksternal atau faktor internal.
(Ketika step sadar diri sudah dilakukan, kita pasti akan berusaha mencari tahu apa yang membuat kita terjebak dalam writer’s block.)





Beberapa cara mengatasi writer’s block :

1. Carilah waktu yang paling pas
Setiap penulis memiliki keadaan yang berbeda dengan yang lainnya. Ada yang nyaman menulis di tengah malam, ada juga yang suka menulis menjelang pagi hari, atau bahkan menulis disiang hari. Semua itu tergantung momen yang tepat bagi si penulis.

2. Carilah referensi sebanyak-banyaknya
Dengan semakin banyak data yang kita miliki, tentu proses penulisan jauh lebih mudah dan cepat. Carilah bahan tulisan sebanyak mungkin untuk memudahkan penulisan kita.
3. Refreshing sejenak untuk mengisi energi baru.
Tidak ada salahnya kita rehat sementara untuk menyegarkan pikiran. Dengan pikiran yang fresh tentu tulisan yang dihasilkan jauh lebih baik lagi, ya kan...?

4. Mengembalikan mood dengan musik
Pilihlah lagu yang dapat membangkitkan semangat, setiap orang tentu berbeda-beda selera musiknya. Instrumen musik yang pelan dan lembut juga dapat mengembalikan mood dalam menulis.

5. Perbanyak membaca
Seandainya momen writer’s block sulit untuk dihilangkan alangkah baiknya mengganti waktu untuk menulis dengan membaca. Dengan begitu tetap produktif walaupun sedang tidak menulis. Lagipula dengan banyak membaca tentu kemampuan tulis-menulis kita semakin berkembang lagi kan..?


Itulah tadi 5 cara mengatasi writer’s block. Semoga tips nya bermanfaat ya... (^_^)
 
Back
Top