Jenaka Forex

img5d304cdcca534.jpg


China ingin menjatuhkan USD dari tumpuannya
AS memegang kendali dalam perang dagang penuh dengan Cina. Namun demikian, keberuntungan ada di pihak China dalam hal mata uang nasional. Yuan Cina mendapat manfaat dari pertempuran tarif yang berkepanjangan. Dalam upaya untuk menghindari proteksionisme AS dalam perdagangan, beberapa negara membuat perjanjian dengan mitra dagang mereka untuk menggunakan mata uang nasional dalam pembayaran lintas batas. Dalam konteks ini, renminbi tampaknya memiliki prospek yang cerah. Pan Gongsheng, Wakil Gubernur di People's Bank of China, mengungkapkan optimisme tentang masa depan yuan dalam perdagangan global. "Sangat penting untuk secara aktif dan mantap mempromosikan internasionalisasi renminbi dan meningkatkan kepercayaan entitas luar negeri dalam memegang dan menggunakan mata uang," kata pejabat tinggi itu. Dengan kata lain, Beijing telah menetapkan tujuan ambisius kepemimpinan yuan pada skala global yang akan menekan dolar AS dari transaksi internasional. Namun demikian, keadaan sebenarnya sangat berbeda dari pernyataan keras para pembuat kebijakan.Saat ini, dolar AS tetap menjadi pemimpin yang tak terbantahkan dalam setiap penyelesaian internasional. Menurut statistik yang tidak memihak, pangsa yuan dalam transaksi keuangan global hampir tidak mencapai 2%. Satu-satunya tahun ketika yuan Tiongkok berhasil melampaui 2% adalah 2015. Pangsa renminbi mencapai rekor 2,79% ketika Dana Moneter Internasional memutuskan untuk memasukkan yuan dalam keranjang hak penarikan khusus bersama dengan mata uang utama lainnya seperti dolar AS, euro , pound sterling, dan yen. Jadi, masih terlalu dini untuk membicarakan waktu ketika negara-negara di seluruh dunia akan menyatakan harga faktur dalam yuan.
 
img5d43ec942a456.jpg


Nord Stream 2 menghadapi lebih banyak masalah
Meskipun terdapat rencana ambisius oleh eksportir gas terkemuka dunia tersebut, sebuah negara kecil tapi sangat strategis dapat menghalangi realisasi mereka. Namun, proyek Gazprom skala besar lainnya mengalami kesulitan tertentu karena Denmark telah menolak akses ke wilayahnya untuk membangun jalur pipa Nord Stream 2. Perusahaan gas Rusia ini tidak bisa berbuat apa-apa selain mengharapkan keajaiban yang dapat terjadi pada bulan Oktober. Seharusnya, pemerintah Belanda dapat memberikan izin pada bulan itu, tetapi masalahnya belum diselesaikan. Bahkan, ada banyak ketidakpastian di sekitar pelaksanaan proyek ini. Viktor Zubkov, Ketua Dewan Direksi Gazprom, mengatakan: "Saya pikir mereka akan memberikan persetujuan sekitar bulan Oktober, jadi kami akan dapat menyelesaikan proyek komersial yang sangat penting ini, yang didukung oleh Jerman". Dengan demikian, miliaran Euro telah dihabiskan, tetapi manajemen perusahaan ini tidak dapat 100% yakin bahwa proyek tersebut akan selesai. Sementara itu, Denmark telah menyetujui pembangunan jalur pipa lain sebagai bagian proyek Baltic Pipe yang bertujuan untuk mentransfer gas dari Norwegia ke Polandia. Selain itu, Badan Perlindungan Lingkungan Denmark (Danish Agency for Environmental Protection) telah mengesahkan pekerjaan persiapan pengembangan saluran pipa di daratan pantai timur negara itu. Saat ini mereka sedang mempersiapkan untuk mengeluarkan surat izin kota untuk meletakkan saluran pipa gas darat dan untuk pembangunan bagian lepas pantai pada saluran pipa gas di perairan Denmark. Ironisnya, Gazprom Rusia hanya bisa mengandalkan keadilan Eropa, hukum kasus, dan kesetaraan peserta dalam kegiatan ekonomi.
 
img5d4ada2d3ef33.jpg


Inggris habiskan £ 100 juta untuk kampanye iklan Brexit
Perdana Menteri Inggris yang baru, Boris Johnson, akan menghabiskan hingga £ 100 juta untuk kampanye iklan Brexit berskala besar. Sebelumnya, Boris Johnson menyatakan tidak berniat untuk bernegosiasi dengan Uni Eropa mengenai keputusannya atas Brexit yang tanpa kesepakatan.Dalam rangka membuat Inggris siap untuk Brexit tanpa kesepakatan, £ 100 juta akan dihabiskan untuk iklannya dalam tiga bulan ke depan. Namun, ini hanya sebagian kecil dari anggaran yang dialokasikan. Menurut rencana anggaran untuk tambahan dana Brexit non-kesepakatan, Inggris harus mengeluarkan biaya penerapannya dengan total £ 100 miliar dan hanya sepersepuluh dari jumlah ini akan digunakan untuk iklan. Awal tahun ini, Johnson mengumumkan keputusannya untuk meninggalkan UE pada tanggal 31 Oktober 2019.Dirinya bertekad untuk mengikuti rencananya bahkan jika tidak ada kesepakatan baru dengan Brussels yang tercapai.
 
img5d5baefb7c2e8.jpg


AS akan tingkatkan produksi minyak serpih pada September
Ekstrak minyak serpih di daerah penghasil minyak dan gas utama AS diperkirakan naik 85 ribu barel, meningkat menjadi 8,768 juta barel per hari, atau 1,1% pada bulan September, menurut laporan dari Administrasi Informasi Energi (EIA) AS .Peningkatan produksi yang paling signifikan diperkirakan di cekungan Permian, sebesar 75.000 barel, naik menjadi 4,423 juta barel per hari. Output dari cekungan Niobrara terdekat diperkirakan akan naik 12.000 barel, naik menjadi 758.000 barel per hari. Produksi di lembah serpih Bakken juga diperkirakan akan naik 3.000 barel, hingga 1.436 juta barel per hari. Output di Appalachia akan naik 4.000 barel, hingga 146.000 barel per hari.Analis dari EIA juga mengantisipasi penurunan produksi di lembah serpih Anadarko sebesar 3.000 barel, menjadi 579.000 barel per hari, dan di Ford Eagle sebesar 6.000 barel, menjadi 1,383 juta barel per hari. Menurut perkiraan EIA, produksi gas di cekungan ini dapat meningkat 729 juta kaki kubik, hingga 81,595 miliar kaki kubik per hari di bulan September. Bulan ini, produksi gas mencapai 80,866 miliar kaki kubik per hari.Perwakilan badan tersebut menarik perhatian pada faktor penting seperti jumlah sumur yang belum selesai di ladang-ladang di wilayah penghasil minyak dan gas terbesar AS. Jumlahnya berkurang 100, menjadi 8,108 ribu sumur pada Juli 2019. Sumur DUC dibor tetapi belum siap untuk produksi. Jumlah DUC akan memungkinkan produsen untuk meningkatkan produksi minyak terlepas dari harga dan kecepatan kegiatan pengeboran.
 
img5d5ff7b3019cd.jpg


UK braced for hard Brexit
Menurut Natasha Berto, perwakilan resmi Komisi Eropa, Inggris dapat menghadapi dampak yang cukup besar jika skenario Brexit tanpa kesepakatan dibuka. Berto memperingatkan bahwa konsekuensi terhadap Inggris mungkin lebih parah daripada terhadap blok mata uang tersebut.Perwakilan Komisi Eropa menjelaskan bahwa setelah Inggris keluar dari UE tanpa masa transisi dapat menjadi kejutan bagi ekonomi Inggris. Uni Eropa, pada gilirannya, mungkin juga menderita konsekuensi negatif, tetapi tidak begitu besar. Presiden Komisi Eropa, Jean Claude Juncker, sebelumnya menyatakan pemikiran yang sama. "Jika menyangkut Brexit keras, itu bukan kepentingan siapa pun, tetapi Inggris akan menjadi pecundang besar," katanya. Para pejabat Uni Eropa percaya bahwa Inggris akan menghadapi kesulitan terkait dengan pasokan barang-barang tertentu setelah Inggris meninggalkan Uni Eropa. Prosedur pemisahan akan diadakan pada tanggal 31 Oktober 2019. Kemungkinan akan terjadi tanpa kesepakatan, dan Brussels siap untuk itu. Natasha Berto menguraikan bahwa Komisi Eropa telah bersiap untuk Brexit keras.Berto juga mengatakan bahwa blok mata uang ini menganggap tidak perlu untuk mengambil tindakan tambahan sehubungan dengan keluarnya Inggris dari Uni Eropa.Sementara itu, Perdana Menteri Inggris yang baru terpilih, Boris Johnson, menyatakan harapannya bahwa Brussels akan mengubah sikapnya. Ia berpikir bahwa para pejabat Uni Eropa akan menunjukkan kesediaan untuk berkompromi pada Brexit. Tapi dia salah; sejauh ini belum ada kompromi. Boris Johnson menyatakan bahwa Inggris akan meninggalkan blok mata uang tersebut pada 31 Oktober, terlepas dari apakah mereka akan membuat kesepakatan atau tidak.Pada saat yang sama, perwakilan resmi UE telah berulang kali mengklaim bahwa mereka tidak berniat untuk melanjutkan negosiasi pada bagian utama dari kesepakatan yang mengacu pada perjanjian Brexit. Hal itu berisi klausul yang kontroversial tentang backstop. Rencana ini menyiratkan bahwa perbatasan yang memisahkan Republik Irlandia dan Irlandia Utara harus benar-benar dijaga jika Uni Eropa dan Inggris gagal mencapai kesepakatan mengenai kondisi perdagangan bersama (mutual trade). Rencana ini banyak dikritik oleh sejumlah pemimpin Inggris yang berpikir bahwa itu akan membuat Inggris bergantung pada Uni Eropa.
 
img5d690bbbd7ff6.jpg


Arab Saudi mengurangi ekspor minyak mentah sementara pasokan offset AS melemah

Menurut Joint Organization Data Initiative (JODI), Arab Saudi mengurangi ekspor minyak mentah di awal musim panas sebesar 3,2% menjadi 6,721 juta barel per hari. Secara tahunan, volume pasokan turun 7,2%, menurut para analis.Pada bulan Juni 2019, Arab Saudi meningkatkan produksi minyak sebesar 1,2% menjadi 9,82 juta barel per hari. Pada bulan Mei tahun ini, volume produksi mencapai 9,670 juta barel per hari menurut JODI. Secara tahunan, menyusut sebesar 6,7%.Di negara lain, volume pasokan minyak juga berubah. Dengan demikian, Irak mengurangi ekspor minyak mentah sebesar 3,2% pada bulan Juni dari bulan Mei. Pada saat yang sama, output meningkat sebesar 0,1% menjadi 4,601 juta barel per hari per bulan menurut prakiraan para ahli.Output minyak mentah di Nigeria meningkat menjadi 2,081 juta barel per hari di awal musim panas, sementara pada bulan Mei minyak mentah diekstraksi pada tingkat 1,926 juta barel per hari. Sementara itu, para ahli JODI mencatat bahwa negara tersebut mengekspor 2,052 juta barel per hari lebih banyak pada periode pelaporan. Pada bulan Juni tahun lalu, volume produksi mencapai 1,783 juta barel per hari sementara pasokan sebesar 1,771 juta barel per hari.Pada bulan Juni 2019, Amerika Serikat meningkatkan produksi minyak menjadi 12.614 juta barel per hari dibandingkan 12,163 juta barel per hari di bulan Mei. Menurut prakiraan awal JODI, angka ini tumbuh 18,2% per tahun. Negara ini mengekspor 3,415 juta barel per hari pada periode pelaporan, sementara pada bulan Mei volume pasokan mencapai 2,9 juta barel per hari.
 
img5d80e769cdd1c.jpg


Pemimpin Alibaba bukan lagi Jack Ma
Jack Ma secara resmi mengundurkan diri sebagai kepala perusahaan e-commerce China terbesar, Alibaba. Keputusannya untuk mengundurkan diri diketahui pada tahun 2018. Daniel Zhang, kepala eksekutif perusahaan, akan menjadi kepala Alibaba berikutnya. Menurut data awal, Jack Ma tidak akan pensiun sepenuhnya. Dirinyaa akan terus berpartisipasi dalam keputusan penting perusahaan. Mantan kepala tersebut juga akan tetap menjadi anggota Kemitraan Alibaba, sekelompok eksekutif senior perusahaan di dalam Grup Alibaba.Pimpinan baru, Daniel Zhang, telah bekerja di Alibaba sejak 2007. Dirinya telah menjabat sebagai direktur keuangan platform perdagangan Taobao dan menjadi kepala pada tahun 2008. Zhang telah menjadi direktur keuangan Alibaba Holding sejak 2013, dan CEO sejak 2015. Mengepalai Dewan Direksi, Daniel Zhang harus mengambil sejumlah tanggung jawab serius seperti mencari jalur pengembangan baru perusahaan. Bisnis e-commerce utama Alibaba kini tengah menghadapi kesulitan. Dalam banyak hal, ini terkait dengan penurunan penjualan ritel di China. Volume penjualan berkurang separuh dibandingkan tahun lalu. Menurut Daniel Zhang, memulihkan bisnis ritel perusahaan adalah prioritas utamanya.Jack Ma mengumumkan sebelum pergi bahwa "Alibaba tidak pernah tentang Jack Ma, tetapi Jack Ma akan selamanya menjadi milik Alibaba". Sebelumnya, mantan kepala perusahaan tersebut mengajar. Mungkin saja dirinya akan kembali melanjutkan pengalaman itu, ujar para analis.
 
img5d9603defb7fc.jpg


Indeks Samogon akan jadi barometer ekonomi Rusia
Para ahli di berbagai negara menciptakan metode informal untuk mengevaluasi keadaan dalam perekonomian manapun. Namun, ada banyak kebenaran di setiap lelucon. Mari kita ambil contoh indeks Big yang dirilis The Economis secara tahunan untuk mengukur paritas dya beli (PPP). Indeks Borscht dirancang sebagai matriks inflasi di Rusia. Alexey Zubets, guru besar dari Financial University di bawah Pemerintah Federasi Rusia, mengembangkan indikator sendiri yang tidak biasa. Indeks Samogon diciptakan sebagai hasil dari penelitian yang mengungkapkan hubungan langsung antara konsumsi alkohol buatan rumah yang kuat dan kondisi ekonomi penduduk. Bukankah itu ide yang cerdas? Selama ekonomi domestik terjebak dalam lebih banyak masalah, penduduk tidak mampu membeli minuman legal berkualitas dan mengalihkan fokus ke alkohol buatan sendiri atau alkohol palsu yang dijual di pasar gelap, Alexey Zubets menjelaskan. Dengan kata lain, meningkatnya konsumsi alkohol buatan rumah atau ilegal mencerminkan penurunan pendapatan pribadi, ekonom tersebut menyimpulkan. Dari sudut pandangnya, indikator ini akan menjadi awal dari krisis ekonomi di Rusia. Percaya atau tidak, alat yang tidak konvensional ini memberi sinyal kemenangan beruntun dalam perekonomian domestik saat ini. Tingkat produksi dan penjualan Samogon tetap rendah tahun ini. Saat ini, samogon disuling oleh hanya 4,5% dari orang-orang yang disurvei dari kota-kota dengan populasi lebih dari 250.000. Survei terpisah menunjukkan bahwa minuman tersebut sebagian besar diproduksi di Saransk, Astrakhan, Ulyanovsk, Lipetsk, dan Novorossiysk.
 
img5da59b20a7274.jpg


Bank sentral Rusia menganggap cryptocurrency sebagai piramida keuangan
Investor Bitcoin telah terpukul oleh kesimpulan para ahli dari salah satu bank sentral terkemuka dunia. Jatuhnya nilai Bitcoin baru-baru ini berasal dari Wakil Kepala Pertama Bank Sentral Rusia, Sergey Shvetsov, pandangan skeptis tentang cryptocurrency. Pejabat itu percaya bahwa cryptocurrency memiliki tanda-tanda "piramida keuangan teknologi tinggi". Karena tidak adanya kewajiban sama sekali, Bank Sentral Federasi Rusia merekomendasikan bahwa pedagang profesional dan, terutama, warga negara biasa menolak untuk berinvestasi dalam mata uang kripto. Pengumuman seperti itu dari regulator tidak mungkin tidak diperhatikan. Sebagai tanggapan, pasar cryptocurrency, dari Bitcoin dan Ethereum ke token yang tidak diketahui, menunjukkan penurunan yang signifikan. Efeknya ternyata sangat luar biasa sehingga sekarang sulit untuk memprediksi apa yang bisa mencegah slip lebih lanjut. “Cryptocurrency menggabungkan dua fitur. Di satu sisi, cryptocurrency digunakan sebagai alat pembayaran. Di sisi lain, itu adalah piramida keuangan teknologi tinggi. Secara alami, saya tidak merekomendasikan siapa pun untuk berinvestasi dalam sesuatu yang tidak memikul kewajiban apa pun. ”Menurut Shvetsov, permintaan cryptocurrency sebagai alat pembayaran berasal dari mereka yang ingin melewati batasan peraturan tertentu. "Tetapi fenomena ini bersifat sementara, semua regulator sepakat bahwa pembatasan tidak boleh dilewati seperti itu." - tambahnya. Oleh karena itu, satu-satunya kesimpulan yang dapat kita tarik adalah bahwa masa depan cryptocurrency tidak pasti. cryptocurrency digunakan sebagai alat pembayaran. Di sisi lain, itu adalah piramida keuangan teknologi tinggi. Secara alami, saya tidak merekomendasikan siapa pun untuk berinvestasi dalam sesuatu yang tidak memikul kewajiban apa pun. ”Menurut Shvetsov, permintaan cryptocurrency sebagai alat pembayaran berasal dari mereka yang ingin melewati batasan peraturan tertentu. "Tetapi fenomena ini bersifat sementara, semua regulator sepakat bahwa pembatasan tidak boleh dilewati seperti itu." - tambahnya. Oleh karena itu, satu-satunya kesimpulan yang dapat kita tarik adalah bahwa masa depan cryptocurrency tidak pasti. cryptocurrency digunakan sebagai alat pembayaran. Di sisi lain, itu adalah piramida keuangan teknologi tinggi. Secara alami, saya tidak merekomendasikan siapa pun untuk berinvestasi dalam sesuatu yang tidak memikul kewajiban apa pun. ”Menurut Shvetsov, permintaan cryptocurrency sebagai alat pembayaran berasal dari mereka yang ingin melewati batasan peraturan tertentu. "Tetapi fenomena ini bersifat sementara, semua regulator sepakat bahwa pembatasan tidak boleh dilewati seperti itu." - tambahnya. Oleh karena itu, satu-satunya kesimpulan yang dapat kita tarik adalah bahwa masa depan cryptocurrency tidak pasti. permintaan untuk cryptocurrency sebagai alat pembayaran berasal dari mereka yang ingin melewati batasan peraturan tertentu. "Tetapi fenomena ini bersifat sementara, semua regulator sepakat bahwa pembatasan tidak boleh dilewati seperti itu." - tambahnya. Oleh karena itu, satu-satunya kesimpulan yang dapat kita tarik adalah bahwa masa depan cryptocurrency tidak pasti. permintaan untuk cryptocurrency sebagai alat pembayaran berasal dari mereka yang ingin melewati batasan peraturan tertentu. "Tetapi fenomena ini bersifat sementara, semua regulator sepakat bahwa pembatasan tidak boleh dilewati seperti itu." - tambahnya. Oleh karena itu, satu-satunya kesimpulan yang dapat kita tarik adalah bahwa masa depan cryptocurrency tidak pasti.
 
img5dad54f2f3ec1.jpg


Bitcoin menarik para penipu dunia maya
Cryptocurrency No. 1 jelas membuktikan popularitasnya. Namun, ada sisi lain dari ketenaran di seluruh dunia ini: Bitcoin tetap menjadi magnet bagi penipu dunia maya. Menurut Kantor Polisi Eropa (Europol), aset digital terkemuka tidak hanya menarik penambang dan pelaku pasar tetapi juga penipu. Ethereum adalah cryptocurrency terpopuler kedua di antara para penipu dunia maya, diikuti oleh sejumlah altcoin, termasuk Zcash dan Moner yang paling banyak diperdagangkan. Sebagaimana ditunjukkan dalam laporan Penilaian Kejahatan Terorganisir Internet (IOCTA 2019) yang disiapkan oleh Europol, Monero telah menjadi yang paling altcoin sering digunakan di pasar DarkNet tahun ini. Yang menarik, DarkNet adalah jaringan tersembunyi yang koneksinya hanya dibuat antara rekan-rekan tepercaya, yang dikenal sebagai "teman". Jaringan ini menggunakan protokol dan port non-standar, dan data ditransmisikan terenkripsi. Europol menekankan bahwa token Monero banyak digunakan untuk penambangan tersembunyi. Namun, tahun ini situasinya telah berubah. Altcoin ini menjadi kurang menarik bagi penipu dunia maya, dan volume penambangan ilegal Monero telah menurun. Sedangkan untuk Bitcoin, analisis para ahli telah memberikan peluang untuk menilai volume transaksi bitcoin di DarkNet. Ternyata cukup besar. Menurut analis, volume transaksi bitcoin ilegal di DarkNet dapat melebihi $ 1 miliar pada akhir tahun ini. analisis telah memberikan peluang untuk menilai volume transaksi bitcoin di DarkNet. Ternyata cukup besar. Menurut analis, volume transaksi bitcoin ilegal di DarkNet dapat melebihi $ 1 miliar pada akhir tahun ini. analisis telah memberikan peluang untuk menilai volume transaksi bitcoin di DarkNet. Ternyata cukup besar. Menurut analis, volume transaksi bitcoin ilegal di DarkNet dapat melebihi $ 1 miliar pada akhir tahun ini.
 
img5db86733abb88.jpg


China Derita Perlambatan Ekonomi
Satu lagi sinyal yang mengkhawatirkan telah muncul dalam perekonomian global. China merilis data PDB yang lemah. Pada kuartal ketiga, PDB China naik sebesar 3% yang menunjukkan laju paling lambat sejak 1992, sementara pada kuartal sebelumnya, peningkatan yang jauh lebih cepat yaitu 6,2% telah tercatat. Situasi seperti itu dipicu sanksi yang dijatuhkan oleh AS.Meski demikian, China merayakan 70 tahun pemerintahan partai Komunis dengan parade militer yang menampilkan teknologi negara, termasuk senjata hipersonik dan drone modern. Selain itu, senjata artileri menembakkan penghormatan. China tidak mengeluarkan biaya untuk membual tentang prestasi militernya meskipun pertumbuhan ekonomi lamban"Ketegangan perdagangan dengan AS adalah faktor utama yang membebani sentimen bisnis dan kegiatan investasi, meskipun kebijakan stimulus domestik memberikan beberapa penyangga dari sisi bawah," kata Chaoping Zhu, ahli strategi pasar global untuk JP Morgan Asset Management. Bahkan, situasi dapat menjadi lebih buruk karena para ekonom menduga bahwa indikator ekonomi China akan menukik dalam waktu dekat. Titik terendah baru kemungkinan akan tercapai pada kuartal terakhir tahun ini. Beberapa spesialis yakin bahwa pada pertemuan berikutnya, para anggota Politbiro akan memangkas prakiraan resmi pertumbuhan PDB. “Inefisiensi alokatif dan berkurangnya hasil berarti bahwa kecuali sesuatu berubah, China ditakdirkan untuk pertumbuhan ekonomi yang lebih rendah secara abadi. Gagasan ini tercermin dalam prakiraan kami, dengan jalur menuju masa depan yang diharapkan akan menjadi angin yang berhembus, dengan peristiwa-peristiwa penting yang cenderung mengintensifkan prioritas pertumbuhan China, terlepas dari biaya jangka panjangnya,” Lipper Alpha Insight mengatakan kepada klien mereka .
 
img5dba7967c955e.jpg



China merencanakan penjualan obligasi euro pertama sejak 2004
Otoritas China berencana akan menjual obligasi euro. alasan untuk langkah ini menjadi penurunan biaya pinjaman dalam euro. Selain itu, obligasi dolar juga akan dijual. Peristiwa serupa tidak sering terjadi. Terakhir kali hal ini terjadi pada tahun 2004. Saat ini, tingkat pendapatan rata-rata obligasi dalam mata uang euro kurang dari 0,5%, yang mendekati rekor terendah 0,23% yang dicapai pada akhir Agustus. Itu merupakan peluang baik untuk memasuki pasar. Mengenai obligasi dolar, China kembali ke pasar dua tahun lalu setelah istirahat selama 13 tahun. Menurut para ahli, ekonomi China, yang tumbuh pada laju paling lambat dalam 30 tahun di kuartal ketiga, adalah alasan lain. Dalam upaya untuk mempengaruhi situasi, otoritas negara secara signifikan meningkatkan pengeluaran, termasuk menerbitkan obligasi otoritas lokal dan pembiayaan proyek-proyek pemerintah
 
img5dc424240f7b3.jpg


Inggris akan menghancurkan ribuan koin setelah penundaan Brexit
Brexit secara harafiah menghancurkan pound Inggris. Proses yang diperpanjang dari penarikan Inggris dari Uni Eropa berubah menjadi destruktif tidak hanya untuk ekonomi negara tetapi juga untuk uang Inggris. Pihak berwenang Inggris harus menghancurkan ribuan koin 50 sen yang dicetak untuk memperingati Brexit pada 31 Oktober. Rupanya, Inggris sangat yakin dengan rencana mereka untuk Brexit sehingga mereka bahkan menentukan tanggal pasti dari peristiwa penting ini. Namun, Brexit ditunda lagi, sehingga membuat koin peringatan lama tidak lagi relevan. Royal Mint akan menerbitkan jutaan koin ini tetapi menghentikan prosesnya segera, meskipun ratusan ribu koin sudah dicetak. Sekarang, semua koin harus dilebur. Pada saat yang sama, Departemen Keuangan mengumumkan bahwa Inggris masih akan menghasilkan koin untuk menandai penarikannya dari Uni Eropa tetapi kali berikutnya mereka akan lebih memperhatikan. Yang mengejutkan, terdapat beberapa aspek positif dari kesalahan ini, dan para kolektor mata uang sangat senang karenanya. Beberapa dari mereka sudah melihat ke depan untuk mendapatkan koin ini untuk koleksi mereka.
 
img5dd260f9548dc.jpg


Pasar hutang meningkat karena AS menghindari resesi
Sentimen di pasar utang telah meningkat karena pelaku pasar mengabaikan kekhawatiran tentang resesi dalam perekonomian AS. Investor percaya bahwa perekonomian berada pada pijakan yang sehat. Saat ini, jumlah obligasi dengan imbal hasil negatif telah dikontrak terutama di seluruh dunia. Sebelumnya, obligasi senilai rekor tinggi $17 triliun diperdagangkan dengan suku bunga negatif. Investor di pasar utang berada dalam mood yang tinggi di tengah kemajuan dalam perundingan perdagangan AS – China dan kemungkinan memudarnya Brexit tanpa kesepakatan. Di musim panas, investor khawatir atas spread terbesar antara 3-bulan dan 10-tahun Treasury AS sejak April 2007 yang menandakan resesi di AS.Di musim panas, para pelaku pasar panik karena perang dagang yang meningkat, melemahnya pertumbuhan ekonomi global, dan Brexit yang semakin membayangi. Sekarang mereka menyadari bahwa prospek global tidak begitu suram. Seorang analis dari Citigroup (Hong Kong) menyarankan investor untuk mengalihkan perhatian ke pasar ekuitas dan obligasi berimbal hasil tinggi dalam tiga - enam bulan ke depan. Satu-satunya penyebab kepercayaan investor yang melemah adalah PMI yang lemah dari lima ekonomi global terbesar dan data ketenagakerjaan dari AS. Jadi, lebih baik menunggu laporan ini sebelum membuat keputusan perdagangan.
 
img5dd673be9d43d.jpg


Ekspor minyak AS melebihi impor
Minyak Amerika telah berhasil memasuki pasar minyak global. Setelah larangan ekspor minyak mentah dari AS dicabut pada tahun 2015, minyak Amerika benar-benar membanjiri pasar. Saat ini, satu dari empat barel minyak yang diproduksi di AS digunakan untuk ekspor. Musim gugur ini adalah pertama kalinya Amerika Serikat mengekspor lebih banyak minyak daripada mengimpor sejak dimulainya catatan tahun 1949. Menurut para analis, perbedaan akan terus tumbuh. Diperkirakan bahwa total ekspor minyak mentah akan rata-rata 750.000 barel per hari pada tahun 2020 dibandingkan dengan impor bersih rata-rata 520.000 barel setiap hari pada tahun 2019. Naiknya produksi minyak AS ini muncul sebagai akibat dari kemajuan teknis dalam industri ini. Saat ini, teknologi produksi minyak terbaru telah secara signifikan meningkatkan kapasitas pengeboran dan mengurangi biayanya. Para ahli percaya bahwa dalam waktu kurang dari dua atau tiga tahun, AS dapat menyusul negara-negara pengekspor minyak terkemuka dan kemudian menjadi pemasok minyak utama dunia. Selain itu, jumlah pembeli minyak Amerika terus bertambah, dengan Uni Eropa menjadi importir minyak terbesar. UE menyumbang lebih dari setengah ekspor minyak AS.
 
img5de0b63c5553e.jpg


Area Euro mengalami pertumbuhan moderat yang berkepanjangan
Bahkan pertumbuhan ekonomi kecil adalah sambutan setelah stagnasi. Hal ini bukan kasus untuk zona Euro karena pertumbuhan PDB yang lemah menunjukkan masalah serius. Periode pertumbuhan ekonomi moderat berlangsung lebih lama dari yang telah diperkirakan. Selain itu, statistik untuk paruh kedua tahun ini tidak menunjukkan perubahan, menunjukkan bahwa perekonomian zona Euro masih kekurangan momentum. European Central Bank menggunakan hampir semua alat yang tersedia untuk merangsang pertumbuhan ekonomi, tetapi upaya ini sia-sia. "Di kawasan Euro, kita juga melihat kelemahan yang berlarut-larut... Data untuk paruh kedua tahun ini menunjukkan pertumbuhan yang berkelanjutan, moderat," gubernur bank sentral Irlandia, Gabriel Makhlouf, salah satu anggota baru Dewan Pengurus European Central Bank, menyatakan. Kurangnya kemajuan adalah penyebab serius bagi ECB untuk meninjau strategi kebijakan moneternya. Mr. Makhlouf yakin bahwa perlu mengambil pelajaran dari krisis keuangan global dan mengeksplorasi mekanisme baru untuk menyelesaikan situasi ini.Namun demikian, langkah-langkah yang disarankan mungkin tidak membuahkan hasil karena zona Euro harus mengatasi dampak perdagangan dan ketegangan geopolitik serta Brexit. Ini bisa memaksa ECB untuk memberikan lebih banyak stimulus untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi. “Ketegangan perdagangan yang saya sebutkan dan ketidakpastian ini berdampak pada sektor manufaktur, khususnya di Jerman. Namun, meskipun mengalami perlambatan ini, sektor jasa dan konstruksi terus mendukung pertumbuhan. Pasar tenaga kerja juga telah bertahan meskipun banyak yang tahu bahwa ketenagakerjaan dan upah sering merupakan indikator tertinggal,” Gabriel Makhlouf menyimpulkan.
 
img5dea6afa303b6.jpg


Sanksi AS tidak akan hentikan pembangunan pipa kilang minyak Rusia
Pembangunan Nord Stream 2 praktis selesai, namun, otoritas AS masih berusaha untuk membunuh proyek energi ini. Saat ini, Gedung Putih tengah mengembangkan undang-undang baru yang akan menjatuhkan sanksi terutama pada perusahaan yang berpartisipasi atau hanya berencana untuk berpartisipasi dalam pembangunan pipa. Perusahaan Swiss, Allseas, yang memasang pipa Nord Stream 2 juga ada dalam daftar. Dilaporkan, AS mengancam akan menjatuhkan sanksi pada mitra Eropa Gazprom. Pemerintahan Presiden AS bermaksud untuk memperkenalkan paket sanksi baru sebelum Natal Katolik. Tujuan utama Donald Trump adalah untuk menghentikan pipa Rusia, namun, tidak ada sanksi yang berhasil sejauh ini. Pada bulan November, Nord Stream 2 selesai lebih dari 80%. Menurut rencana, pipa ini akan diluncurkan pada pertengahan tahun depan. Kemungkinan besar sanksi baru juga akan gagal menghentikan proyek ini.
 
img5df372cf8f16f.jpg


China dirikan perusahaan pipa nasional
Cina memberikan perhatian khusus pada perkembangan inovatif. Pada Senin, 9 Desember, negara ini mengumumkan pendirian perusahaan pipa minyak dan gas nasional baru. Ini menjadi relevan karena reformasi di sektor energi. Keputusan terbaru otoritas China adalah langkah pertama menuju reorganisasi industri minyak dan gas. Sebelumnya, China berencana untuk menggabungkan jaringan pipa dari tiga raksasa energi milik negara, China National Petroleum Corp (CNPC), Sinopec Group, dan China National Offshore Oil Corp. Menurut perkiraan awal, tindakan tersebut akan membantu meningkatkan produksi minyak dan gas di dalam negeri, serta mengurangi jumlah batubara yang digunakan dalam rekayasa tenaga. Otoritas China memperkenalkan gagasan perusahaan pipa nasional pada 2014. Mereka percaya bahwa uni tersebut akan meningkatkan peluang pasokan gas di negara ini. Diharapkan juga perusahaan swasta kecil dan asing lainnya akan mendapatkan akses ke jaringan pipa umum. Menurut para ahli, PetroChina Co. akan paling terpengaruh oleh reformasi saat ini. Perusahaan ini adalah subdivisi dari CNPC, raksasa energi China, yang mengendalikan 70% dari jaringan pipa negara. Oleh karena itu, para ahli khawatir bahwa pendapatan PetroChina dapat anjlok sebagai akibat dari penggabungan ini.
 
img5dfb57b867424.jpg


Rusia melaporkan pertumbuhan PDB Q3 yang mengejutkan
Pengamat pasar internasional memiliki beragam sudut pandang tentang perekonomian Rusia. Beberapa dari mereka tidak memiliki pandangan yang optimis. Namun demikian, para pakar Fitch Ratings percaya pada prospek positif perekonomian Rusia.Lembaga pemeringkat terkemuka meningkatkan prospek di balik trend positif dalam berbagai metrik. Argumen krusial adalah tingkat PDB yang kuat untuk Q3. Perekonomian domestik tumbuh 1,7% secara tahunan di luar ekspektasi.Faktor lain yang meyakinkan adalah naiknya penjualan ritel. Selain itu, para ahli Fitch mencatat bahwa sektor manufaktur dan konstruksi telah meraih momentum. Lembaga pemeringkat tersebut berpendapat bahwa kedua sektor dapat mengandalkan subsidi tambahan dari pemerintah pada kuartal terakhir 2019.Sementara itu, para analis menurunkan prakiraan inflasi untuk Q4 2019 dan tahun berikutnya. Mereka memproyeksikan inflasi konsumen akan naik masing-masing menjadi 3,5% dan 3,8%. Fitch Ratings berpendapat bahwa inflasi di Rusia akan bertahan di sekitar level target 4% pada tahun 2021.
 
img5e0a0953921b5.jpg


Saham Tesla capai $ 420 per lembar
Elon Musk membuktikan kata-katanya dan saham Tesla menembus $ 420 per lembar pada akhir tahun ini. Delapan belas bulan lalu, akibat dari tweet kontroversialnya, Musk harus mundur dari pimpinan Tesla. Terlebih, saham perusahaan turun ke $ 170 per lembar dari $ 390. Sebelumnya, bahkan penggemar setia Musk secara objektif meragukan bahwa saham perusahaan ini akan mencapai $ 420 tepat waktu. Namun, statistik bursa membuktikan bahwa Musk benar. Saham pembuat mobil listrik ini melampaui $ 422 per lembar dan kapitalisasi pasarnya lebih dari $ 75 miliar. Perusahaan ini dapat mencapai target sebagai hasil dari kerja keras. Tesla menunjukkan hasil kuartalan yang luar biasa. Terlebih, kuartal ketiga 2019 ternyata mencatat keuntungan bersejarah. Sementara itu, peluncuran pabrik di China yang lebih cepat dari jadwal mendorong pertumbuhan nilai saham perusahaan. Pada bulan November, Musk mengumumkan bahwa Tesla juga berniat untuk membangun fasilitas lainnya di Jerman dan telah menyepakati kontrak pembebasan tanah. Secara keseluruhan, mobil listrik semakin terkenal, yang menunjukkan harapan positif bagi Tesla.
 
Back
Top